Mohon tunggu...
Hafizh Nursalam
Hafizh Nursalam Mohon Tunggu... Menulis untuk mengisi waktu luang

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Jurusana Keteknikan Pertanian, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Beberapa (Rekomendasi) Aplikasi Persiapan TOEFL

21 Juli 2020   10:30 Diperbarui: 21 Juli 2020   12:51 34 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa (Rekomendasi) Aplikasi Persiapan TOEFL
Source: bestpartnereducation.com

Sebagai seorang mahasiswa yang kedepannya akan bekerja diberbagai bidang, TOEFL merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki seorang mahasiwa atau fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan yang menjanjinkan masa depan. 

TEOFL bukan lagi sebuah pilihan kompetensi yang harus dimiliki seorang pelamar, namuan sebuah keharusan bagi seorang pelamar untuk memilikinya. Sebab sudah banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang cukup kompeten apabilia harus bekerja sama secara internasional. 

Sebenarnya bukan hanya orang yang ingin melamar kerja saja yang membutuhkan hal ini, bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 pun harus memiliki nilai atau hasil TOEFL yang sesuai dengan ketentuan yang ada. 

TOEFL merupakan singaktan dari kalimat Test Of English as a Foreign Language, secara definisi TEOFL adalah ujian kemampuan atau keahlian bahasa Inggris. Ujian keahlian ini dilakukan oleh orang yang bukan bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. 

Ujian menunjukan seberapa bisa atau seberapa ahli kita dalam berbicara, menulis, membaca, dan memahami bahasa Inggris. Lembaga yang menaungi ujian TOEFL ini meruapak ETS (English Testing Service) yang berdomisili di Amerika Serikat.

Bisa dilihat pada judul artikel ini, pada artikel ini saya akan merekomendasikan teman-teman semua yang sedang melakukan persiapan untuk ujian TOEFL tapi tidak ingin mengeluarkan uang banyak. Ada beberapa aplikasi yang sedang saya gunakan demi membantu saya dalam persiapan ujian TEOFL. Sebelumnya saya sudah sempat melakukan dua kali tes TOEFL secara gratis dan kebetulan di dalam aplikasi tersebut ada yang menyediakan pembelajaran sekaligus pengujian TOEFL.

Aplikasi pertama yaitu TOEFL Test, aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh LTS (Learn To Succes). Sudah sekitar satu mingguan saya menggunakan aplikasi ini dan saya rasa aplikasi ini cukup membantu dalam melakukan pembelajaran dan pengujian kemampuan TOEFL saya. 

Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur dalam pengembangan bahasa Inggris, ada fitur vocabulary, grammar, listening, dan essays. Selain dari fitur di atas ada fitur yang memungkinkan kita untuk menjalankan tes TOEFL yaitu fitur take a test.

Aplikasi kedua adalah BBC Learning English, seperti nama dari aplikasi ini developer atau pengembang dari aplikasi ini adalah BBC. Berbedanya aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang lain, BBC Learning English menggunakan fitur-fitur seperti laman sebuah portal berita yang didalamnya berisi sebuah vidio pembelajaran bahasa Inggris, seperti Everyday English yang berisi konten kata yang sering digunakan dalam keseharian, Business English yang menyediakan konten kata-kata atau kalimat yang sering digunakan dalam berbisnis, grammar, pronunciation, vocabulary, learn with drama, learn with news, dan masih banyak lagi. 

Aplikasi terakhir yang sedang saya gunakan adalah English Scoreaplikasi ini adalah aplikasi bahasa Inggris yang hanya bisa digunakan dalam ujian TOEFL saja dengan penilaian standar Britsih Council. Penilaian yang digunakan yaitu IELTS, CEFR, dan juga Cambridge. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN