Mohon tunggu...
hafid fikri
hafid fikri Mohon Tunggu... Insinyur - Student

Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Manfaat Instagram sebagai Media Percepatan dan Media Pemasaran

7 Desember 2019   12:52 Diperbarui: 7 Desember 2019   13:14 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pada era digitalisasi, media sosial saat ini telah menjadi trend dalam komunikasi pemasaran. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Ada beberapa media sosial yang sedang booming saat ini antara lain Whatsapp, Instragam, Twitter, Line, Facebook, Youtube, dan lain-lain. Seseorang pasti memiliki berbagai motivasi dalam menggunakan media sosial. 

Sekedar untuk berkomunikasi dengan orang lain, untuk mencari tahu perkembangan sesuatu, untuk berbagi informasi maupun untuk mengikuti salah satu yang menjadi trend saat ini yaitu menggunakan media sosial sebagai bentuk eksistensi diri. 

Bagi orang-orang yang ingin diakui eksistensinya oleh masyarakat luas melalui media sosial biasanya akan menggunakan media sosial yang bersifat terbuka seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, Line, atau Twitter (eprints.ums.ac.id).

Media Sosial juga merupakan sebuah tempat interaksi individu maupun kelompok guna untuk melakukan aktifitas berbagi ilmu, bersosialisasi, bertukar informasi, dan pada intinya berbaur dan bergabung dengan orang lain. Kata Sosial Media mungkin menjadi sangat populer ketika Facebook, Twitter, dan juga Instagram mulai dikenal oleh banyak kelompok pengguna Internet(netizen), karna di dunia media social inilah seseorang bias berbagi ide-ide, memberikan pendapat, beradu gagasan, dan juga memberikan konten-konten yg kreatif guna menarik simpati dalam komunikasi virtual, dan bias juga menghadirkan cara berkomunikasi yang bisa di katakana masih sangat baru dengan menggunakan/memanfaatkan teknolog yang ada.

Hal ini yang kemudian menjadikan kata Sosial Media dan Internet menjadi tidak terpisahkan dan tidak asing bagi pendengaran kita, maka dari itu tak heran jika setiap orang mendengar kata edia social orang langsung yang terpikirkan adalah instagram, facebook, twitter, blogging, youtube, dan juga aplikasi-aplikasi yang sudah ada guna sebagai alat penghubung/iteraksi setiap individu di dalam dunia maya (intenet).

Dengan adanya teknologi informasi setiap individu tidak harus dengan langsung bertatap muka kepada siapa pun. Sat ini manusia kini sudah mulai beralih melakukan percakapan tulisan dari pada yang sebelumnya melakukan percakapan secara lisan. 

Kini internet juga sangat berperan dalam digtalisasi penggunaan teknologi sebagai sarana pengiriman pesan, selain dari internet, handphone juga dapat mengirim pesan secara lisan maupun tulisan. Internet sebagai salah satu alternativ masyarakat modern sebagai sumber informasi paling popular dan utama, karna tidak dapat di pungkiri juga informasi yang jaringannya tersebar hingga ke seluruh bagian bumi satu-satunya ialah internet, internet juga memudahkan manusia untuk memenuhi segala kebutuhan mengenai informasi-informasi terupdaate secara dengan mudah. 

Saat ini manusia lebih sering berkomunikasi melalui internet dari pada berkomuniasi langsung secara tatap muka, karena tidak dapat di pugkiri hal tersebut memudahkan setiap individu dapat berinteraksi dan bekomunikasi yang tanpa batas, dengan kemudahan tersebut jutaan bahkan miliaran manusia dari seluruh belahan dunia dapat berinteraksi menggunakan internet sehingga terbentuknya situs jejaring social yang baik. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang ada yaitu umumnya adalah individu atau organisasi yang dijalin dengan satu atau lebih seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan,dll.

Dalam perkembangan dunia teknologi yang sudah semakin sangat inovatif dan selalu mengalami peningkatan, tanpa di sadari oleh banyak kalangan bahwa teknologi yang ada saat ini  telah memberikan dampak baik secara langsung kepada masyarakat umum terutama bagi generasi muda, karna generasi muda(milenial) ini lahir di saat banyak teknologi juga mulai bermunculan. 

Oleh karna itu banyak generasi muda yang dapat mengakses dengan mudah melalui smartphone (telepon pintar) kapan saja dan dimana saja oleh pemiliknya. Platform-platform di dalam media sosial sangat banyak ragamnya. Kemunculan aplikasi-aplikasi seperti instagram, facebook, youtube dsb, menjadi terobosan awal di dunia media sosial dengan pengguna yang begitu banyak, bahkan mencapai ratusan bahkan miliaran user-user yang telah tergabung di dalamnya. disusul oleh platform -- platform media sosial yang lain seperti twitter, path, dan snapchat.

Dengan berkembangnya smartphone semakin banyak bermunculan media sosial seperti whatsapp, Instagram, youtube, facebook, twitter, dan line. Instagram meruapakan media sosial yang sering di gunakan di Indonesia setelah twitter dan whastapp. Instagram merupakan sosial media yang mengalami pertumbuhan pengguna yang begitu pesat selain whatsapp. Di Indonesia pengguna instagram sebesar 7% dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia.

Selain sebagai media interaksi internet, instagram juga dapat di gunakan sebagai media bisnis ataupun media shopping terkhusus bagi kaum wanita.  Di Indonesia sendiri media social mulai di minati ketika instagram mulai di perkenalkan di dunia nyata, ketika media social "instagram" muncul dan mulai di perkenalkan kepada public, banyak orang mulai berlomba-lomba untuk menampilkan sosok foto-foto dirinya masing-masing untuk dikenal orang lain. Instagram juga merupakan aplikasi yang memfokuskan diri pada perteman berbagi pengalaman guna berbagi foto ke jejaring sosial melalui perangkat mobile. 

Hingga saat ini Instagram sudah memiliki 100 juta pengguna aktif setiap bulannya, dengan jumlah, dengan jumlah yang begitu banyak tersebut instagram juga telah menerima 40 juta foto dishare setiap harinya. Fokus instagram yaitu pada pengalaman berbagi foto maupun video kepada teman dengan menghadirkan begitu banyak pilihan filter menjadikan Instagram sangat populer. Tampilan yang menarik, banyak fitur nan sederhana dan juga pilihan-pilihan yang beragam menjadikan aplikasi ini menjadi sangat di minati oleh banyak kalangan pengguna internet(netizen).

Sebagai media yang paling di minati dengan jumlah yang terus meningkat. Sekarang Instagram telah di unduh di playstore lebih dari 1 milyar lebih unduhan. Dengan ini  instagram dapat dijadikan peluang sebagai media pemasaran bagi para pembisnis. Dalam zaman globalisasi dan serba modern pemasaran yang efektif dapat menjadikan keunggulan bersaing dalam ketatnya persaingan bisnis lokal maupun nasional. Teknik pemasaran menggunakan media sosial membuatnya tidak ada batasan dari segi geografis selagi masih terjangkau dengan internet.

Instagram meruapakan aplikasi yang paling banyak digunakan sebagai media pemasaran, dikerenakan Instagram berfokus pada penggunaan gambar dan video selain itu, cara penggunaan yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar dan dengan adanya fitur hastag yang mempermudah pencarian maka, Instagram dapat menjadi solusi yang jitu sebagai media pemasaran kuliner. 

Dengan creat content yang mudah, admin dapat mengunggah konten yang telah banyak di persiapkan. instagram mempunyai berbagai unsur pendukung lainnya seperti profil, followers, push notification, tag lokasi yang dapat dihubungkan dengan jejaring sosial lainnya,. Instagram telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di dunia, dengan setiap orang memiliki berbagai kepentingan masing-masing seperti mengikuti tren, untuk sosialisai, dan juga melakukan aktivitas promosi bisnis.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, dengan melakukan promosi yang besar maka bisnis ini akan menjadi lancar. Bisnis kuliner sudah sangat banyak di Semarang. Bisnis ini terbilang cukup menjanjikan dan mampu menjaring banyak tenaga kerja seperti: koki, tukang cuci piring, supplier, dan jasa trasnportasi. Penjualan yang hanya mengandalkan dari mulut ke mulut yang biasanya dilakukan tidak bisa menjaring konsumen terlalu luas, karena cakupan nya lokal dan kerabat saja

Promosi kuliner dengan menggunakan media sosial Instagram merupakan hal yang menarik, karena yang biasanya toko kuliner melakukan promosi dengan melakukan sebaran brosur dan melakukan diskon-diskon makanan dengan biaya yang tinggi kini dapat dilakukan dengan mengunggah foto atau video yang dapat menarik pembeli untuk datang ke toko tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak dan menguras banyak waktu, karena dengan koneksi Internet semua dapat terjadi dalam waktu yang begitu cepat. 

Dengan adanya media sosial Instagram yang basisnya foto dan video seharusnya dengan menggunakan foto dan video yang menarik dapat menajring pelanggan lebig banyak lagi. Apalagi di tambah dengan sifat media sosial intagram yang realtime, menenkankan pada visual, fitur yang Fariative dan efisien. Supaya pertumbuhan jumlah pengunjung toko kuliner dapat terus meningkat tiap tahunnya, tentu membutuhkan strategi marketing dan kegiatan promosi yang efektif. Penggunaan media sosial Instagram dapat dijadikan salah satu solusi untuk mencapai tujuan utama dari kegiatan promosi kuliner. Instagaram sebagai media pemasaran begitu membutuhkan dukungan dari influencer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun