Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Pencerita. Pewawancara.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019 dan 2020. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Pereda Stres dan 4 Manfaat Berkebun bagi Bapak-Bapak

26 Agustus 2021   07:16 Diperbarui: 26 Agustus 2021   07:22 188 13 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pereda Stres dan 4 Manfaat Berkebun bagi Bapak-Bapak
Berkebun menjadi aktivitas menyenangkan dan memberikan kemanfaatan. Foto: pinedovefarm.com

Bagi kebanyakan bapak-bapak, berkebun alias bertanam rasanya tidak masuk dalam daftar panjang hobi mereka. Mungkin karena dianggap kurang asyik, kurang menantang, ataupun nggak seru.

Berbeda bila memelihara burung, memancing, touring, ataupun berolahraga semisal bulutangkis ataupun tenis meja. Saya yakin, akan ada banyak bapak-bapak yang meminati list hobi tersebut.

Faktanya, dari beberapa grup WhatsApp warga di perumahan yang saya ikut tergabung di dalamnya, memang tidak ada grup bapak-bapak yang senang berkebun. Adanya grup WA bapak-bapak penyuka memancing, pendaki alam, ngeband, dan olahraga.

Merawat tanaman selama ini memang identik sebagai hobinya ibu-ibu. Bukan bapak-bapak.

Padahal, aktivitas berkebun seperti membeli, menanam, dan merawat tanaman juga mengasyikkan. Bisa menghadirkan kegembiraan. Bahkan, punya beberapa kemanfaatan.

Dari penuturan beberapa kawan sesama bapak-bapak yang hobi berkebun plus pengalaman pribadi penulis, sedikitnya ada empat manfaat berkebun yang membuat hobi ini perlu dilakukan. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Apa saja?

Bisa menghilangkan stres

Situasi sulit rupanya bisa membuat orang bisa melakukan hal yang di luar kebiasaannya. Hal baru itu dianggap bisa menjadi pelarian dari situasi pelik sekaligus untuk menyegarkan pikiran.

Situasi itu yang dirasakan seorang kawan yang belum lama mendapatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dari kantor tempatnya bekerja. Dia mendadak 'menyulap' teras rumahnya layaknya kebun.

Sebagian kecil dari duit pesangon yang dia dapat dari kantor, dia belanjakan untuk membeli aneka tanaman hias. Tentunya plus pot dengan beragam bentuk dan warna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan