Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Menulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasianival 2019. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Didi Kempot, Orang Baik, dan "Ladang Amal" yang Membantu Banyak Orang

9 Mei 2020   13:17 Diperbarui: 9 Mei 2020   13:27 164 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Didi Kempot, Orang Baik, dan "Ladang Amal" yang Membantu Banyak Orang
Banyaknya orang yang kehilangan dengan kepergiannya, mudah bagi kita menyebut bahwa Didi Kempot adalah orang baik. Semasa hidupnya, Didi Kempot juga telah memiliki ladang amal yang memberikan kemanfaatan bagi banyak orang/Foto: Kompas.com

Bila saya melemparkan pertanyaan perihal apa ciri-ciri orang baik itu?

Saya yakin, sampean (Anda) pasti akan punya jawaban berbeda-beda. Karena memang, setiap orang pastinya punya parameter orang baik sehingga akan berbeda-beda satu sama lain.

Tapi yang pasti, ada 'syarat wajib' bila ingin disebut orang baik. Saya mengutip petuah terkenal dari dai sejuta umat, KH Zainuddin MZ yang namanya tetap dikenang meski sudah lama wafat.

Dulu, ketika masih bocah, saya rutin mendengar kajian dai kondang tersebut dari radio transistor seusai Subuh ataupun menjelang Maghrib.

Salah satu petuah yang masih saya ingat, orang baik itu adalah ketika dia tidak ada, orang akan merindukan kehadirannya. Orang akan rindu nasihatnya, ceritanya, bahkan tawanya.

Sebaliknya, orang jahat itu, ketika dia ada, justru banyak orang akan susah. Banyak orang merasa tidak senang bila orang tersebut ada di tengah-tengah mereka.

Nah, merujuk pada petuah pak ustadz Zainuddin itu, kiranya mudah bila menyebut maestro pelantun lagu-lagu Jawa, Didi Kempot yang meninggal Selasa (5/5/2020) termasuk orang baik. Sebab, ada banyak orang yang sayang pada Pakde Didi.

Didi Kempot dan Pesan Gus Dur
Begitu mendengar Didi Kempot meninggal, 'wajah' media sosial, utamanya Instagram dan Facebook, langsung dipenuhi duka cita, perasaan kehilangan, dan penghormatan untuk penyanyi yang bersahaja dan bisa akrab dengan semua kalangan ini.

Bangsa ini merasakan kehilangan. Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita di akun IG nya. Begitu juga beberapa menteri seperti Erick Thohir dan Wishnutama. Termasuk Komut Pertamina, Basuki T Purnama.

Tidak ketinggalan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa, Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah. Lalu, pelawak legend, Indro Warkop, semuanya menyampaikan duka cinta dan rasa kehilangan.

Termasuk ungkapan duka cita dari kalangan penyanyi yang memajang foto kebersamaan mereka dengan Didi Kempot. Seperti Armand Maulana, David Bayu Naif, juga Judika yang mengaku sedianya akan manggung bareng Didi Kempot untuk project duet Banyu Langit di stasiun TV bareng aplikasi belanja online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x