Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Jurnalis.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019, 2020, dan 2021. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Karena Easy Way Prima, Milenial Kini Jadi Generasi Bahagia

24 Juli 2019   23:04 Diperbarui: 24 Juli 2019   23:18 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jaringan PRIMA telah bermitra dengan 80 bank dengan layanan yang didukung oleh lebih dari 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia/Foto: pribadi

Pertengahan 2018 lalu, studi The Health Foundation mengungkap hasil penelitian perihal kehidupan generasi milenial di Inggris. Hasilnya mengejutkan. Kaum milenial di Inggris yang berusia 20-30 tahunan, disebut generasi tidak bahagia dan kurang sehat bila dibandingkan orang-orang terdahulu. Penyebabnya, mereka mengalami banyak kesulitan. Mulai dari urusan rumah hingga pekerjaan.

Dikutip dari CNN Indonesia, penelitian ini menunjukkan banyak anak muda di Inggris tidak memiliki cukup dukungan menghadapi transisi menuju kehidupan yang lebih dewasa. Anak muda menghadapi kondisi lebih stres ketimbang generasi yang lebih tua. Seperti persaingan keras, biaya rumah mahal, biaya pendidikan meningkat, dan masalah identitas diri seiring berkembangnya media sosial.

Itu di Inggris. Bagaimana dengan generasi milenial di Indonesia?

Meski tidak sama persis, tetapi dalam beberapa aspek, persoalan yang dihadapi generasi milenial di Inggris, hampir sama dengan yang dialami kaum milenial di Indonesia.

Bahwa, sebagai kaum milenial, mereka mengalami tuntutan pemenuhan gaya hidup dan kewajiban finansial yang tinggi. Seperti urusan belanja keperluan untuk penampilan--dari gadget, fashion hingga sepatu. Lalu angsuran kendaraan hingga rumah, traveling, kuliner, hingga game online melalui fitur dan layanannya. Tuntutan dan kewajiban finansial tinggi itulah yang acapkali merampas kebahagiaan generasi milenial.

Situasi seperti itulah yang dulu kerap dialami oleh adik saya setiap bulan. Anak muda berusia 28 tahun yang sudah berkeluarga dan memiliki momongan. Sebagai pegawai di salah satu instansi besar yang kebetulan ditempatkan di kota di ujung Jawa Timur, dia cukup sering dibuat pusing dengan urusan finansial.

Sebenarnya, gaji bulanannya cukup besar. Namun, gaji besar itu harus dialokasikan untuk kebutuhan keluarga, membayar angsuran rumah dan kendaraan, juga dana untuk liburan. Belum lagi untuk ongkos transportasi ketika pulang ke Sidoarjo dari kota tempatnya bekerja, yang cukup tinggi.  

Namun, yang membuat dia seringkali stress adalah ketika datang waktu harus membayar angsuran rumah maupun kendaraan. Sebab, dia harus datang ke bank  yang lokasinya lumayan jauh dari tempat kerjanya ketika jam istirahat kerja. Itupun harus terlebih dulu izin ke atasannya. Khawatirnya, dia belum kembali ke kantor ketika jam istirahat usai semisal karena antrean nasabah lumayan panjang. 

Apalagi, pembayaran lewat bank tersebut tidak bisa ditunda. Sebab, bila melebihi deadline pembayaran, dia harus bersiap mendengarkan "pesan cinta" dari customer care yang memberitahukan agar dirinya segera membayar tagihan.

Termasuk ketika ingin mentransfer tunai ke istrinya maupun ibu di Sidoarjo. Ataupun ketika ingin membelikan putranya hadiah di toko online. Hingga mengatur rencana traveling. Semuanya butuh kesabaran ekstra karena prosesnya tidak mudah.

Dengan Jaringan Prima, Pemenuhan Kebutuhan Sehari-hari Jadi Lebih Mudah

Sebagai anak desa, adik saya memang sempat gagap teknologi untuk urusan perbankan. Meski untuk urusan gawai, dia cukup paham. Karenanya, urusan pembayaran maupun transfer, lebih sering dilakukannya secara konvensional dengan datang langsung ke bank. Katanya lebih aman.

Dia lantas memaksa diri untuk melek teknologi digital. Termasuk perbankan. Sekira beberapa bulan lalu, dia bercerita bahwa hidupnya kini berubah. Dia tidak lagi merasa menjadi orang paling susah. Sebab, urusan membayar rumah, cicilan kendaraan, hingga transfer tunai ke keluarga yang terpisah puluhan kilometer, kini bisa dilakukannya lebih mudah.

Bila dulu dirinya harus keluar kantor untuk datang ke kantor bank yang jaraknya lumayan jauh demi melakukan pembayaran tagihan cicilan rumah ataupun kendaraan, cerita itu tinggal kenangan.

Kini, ketika jam istirahat, selepas makan siang, dia bisa memanfaatkan bilik ATM BCA yang ada di dekat kantornya untuk memberesi urusan transfer dana antar bank. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan berjalan kaki. Tak perlu lagi izin kantor.

Kok bisa mudah melakukan semua urusan itu meski dia berada di ujung timur Jawa Timur yang tentu saja dari kota besar seperti Surabaya?

Jawabannya karena ada Jaringan PRIMA yang sangat memudahkan urusan bertransaksi. Baik transaksi melalui ATM, EDC, internet dan mobile banking, hingga digital payment, dapat dilakukan dengan cepat, di mana saja, dan kapan saja.

Jaringan PRIMA memudahkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari/Foto: www.jaringanprima.co.id
Jaringan PRIMA memudahkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari/Foto: www.jaringanprima.co.id
Dia sangat terbantu dengan fitur PRIMA ATM. Yakni jaringan ATM yang memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah mitra bank PRIMA ATM seperti dirinya untuk dapat melakukan transaksi Tarik Tunai, Cek Saldo dan Transfer Dana antar bank di seluruh mesin ATM berlogo PRIMA.

Karena PRIMA ATM terhubung dengan lebih dari 80 mitra bank di Indonesia, termasuk bank-bank yang dikenal luas oleh masyarakat seperti BCA, BNI, Mandiri, BRI, BTN hingga Bank Jatim, serta memiliki lebih dari 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, membuat kita, di manapun bisa dengan mudah dan nyaman melakukan transaksi ATM di seluruh Indonesia. 

Keunggulan lainnya dari PRIMA ATM, transaksi transfer dana antar bank diproses secara real time online (24 jam non-stop). Manfaat yang paling dirasakan oleh nasabah bank ATM PRIMA tentu saja efisiensi.

Mengenal PRIMA Payment Solution

Bahkan, bulan lalu, adik saya yang dulunya gaptek itu juga mulai terbiasa menggunakan fasilitas layanan mobile banking (M-Banking) yang lebih praktis dan hemat waktu.

Dia bisa merasakan manfaat besar dari PRIMA Payment Solution yang memberikan kemudahan pembayaran online untuk seluruh nasabah mitra bank Jaringan PRIMA melalui channel ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Teller, dan PPOB yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA.

PRIMA Payment Solution, jadi solusi pembayaran online untuk nasabah mitra bank Jaringan PRIMA/Foto: www.jaringanprima.co.id
PRIMA Payment Solution, jadi solusi pembayaran online untuk nasabah mitra bank Jaringan PRIMA/Foto: www.jaringanprima.co.id
Kelebihan dari PRIMA Payment Solution ini, transaksi yang kita lakukan bisa diproses secara real time online. Selain itu, PRIMA Payment Solution telah terhubung di lebih dari 88 mitra biller dengan latar belakang bisnis yang beragam. Diantaranya di bidang bisnis real estate, asuransi, transportasi, e-commerce hingga internet & paid TV. Pokoknya sangat lengkap.

Karenanya, dia kini tidak perlu ribet ketika harus membayar cicilan kendaraan, membeli barang lewat toko online ataupun mencari tiket transportasi bila mendadak ada acara di luar kota. Sesuai namanya, PRIMA Payment Solution benar-benar menjadi solusi pembayaran yang prima.

Mengenal Jaringan PRIMA

Sebenarnya, tanpa kita sadari, kita telah 'berkenalan' dengan Jaringan PRIMA sejak lama. Lha wong di hampir semua bilik ATM, terpampang tulisan "PRIMA". Begitu juga di kartu ATM yang kita miliki, di bagian belakangnya juga terdapat logo PRIMA dengan dua tanda panah yang berkejaran tanpa putus.  

Sebenarnya, apa sih Jaringan PRIMA itu?

Dari referensi yang saya baca, jaringan PRIMA adalah jaringan ATM yang beroperasi di Indonesia. Jaringan ATM PRIMA dimiliki oleh PT Rintis Sejahtera. PT Rintis Sejahtera yang beroperasi sejak 1991, merupakan penyedia layanan komunikasi satelit yang mengirimkan informasi digital di kawasan ini dan di seluruh dunia.

Dulu, jaringan ini dikenal sebagai ATM BCA dengan hanya mengoperasikan ATM dari BCA saja. Pada tahun 2005, Rintis melakukan perubahan logo ATM/Debit BCA yang selanjutnya berubah menjadi PRIMA/PRIMA Debit.

Sampai saat ini Jaringan PRIMA telah bermitra dengan 80 bank dengan layanan yang didukung oleh lebih dari 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia dan lebih dari 240.615 jaringan EDC di seluruh Indonesia.

Demi memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk melakukan transaksi keuangannya, Jaringan PRIMA memiliki beberapa fitur. Selain PRIMA ATM dan  PRIMA Payment Solution, juga ada PRIMA DEBIT yang memberikan kemudahan transaksi pembayaran elektronik yang aman, berkualitas dan efisien pada semua mesin EDC yang terdapat di seluruh Indonesia.

Juga ada PRIMA Internasional yang memberikan kemudahan bagi para nasabah mitra bank jaringan PRIMA saat berada di luar negeri untuk dapat melakukan transaksi Tarik Tunai dan Cek Saldo pada jaringan ATM yang berlogo MEPS (Malaysia), ATM Pool (Thailand), dan EXK (Korea Selatan). Serta PRIMA Top Up Uang Elektronik yang memberikan kemudahan transaksi isi ulang uang elektronik Flazz dengan menggunakan kartu debit mitra bank ATM PRIMA.

Dengan semua fitur yang dimiliki Jaringan PRIMA dengan segala kelebihannya, urusan pembayaran dan transfer dana yang sebelumnya ribet dan bikin stress, kini bisa dilakukan dengan mudah. Bila seperti itu, generasi milenial yang sukanya yang praktis dan simple, jelas sangat terbantu.

Dengan adanya Jaringan PRIMA, generasi milenial di Indonesia tidak lagi menjadi generasi tak bahagia seperti studi The Health Foundation. Sebaliknya, mereka menjadi generasi yang bahagia.

Termasuk saya yang kelahiran 80-an dan masih layak disebut milenial (mengacu gagasan Sosiolog Karl Mannheim bahwa generasi milenial merupakan mereka yang lahir pada rentang waktu 1980-1997), juga menjadi generasi bahagia dengan adanya Jaringan PRIMA.

Bagaimana tidak bahagia, lha wong urusan transfer duit, belanja di toko online pembayaran internet dan TV berbayar, hingga traveling bersama istri dan anak-anak, kini bisa dilakukan dengan cara mudah. Memang mudah pakai PRIMA. Matur nuwun Jaringan Prima. Salam.  

Referensi:

https://www.jaringanprima.co.id/id/layanan

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180623204300-277-308441/studi-sebut-milenial-sebagai-generasi-yang-tak-bahagia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun