Mohon tunggu...
Moehammad Gustavie
Moehammad Gustavie Mohon Tunggu...

that's a simple man of quality, creativity, surgent. My blog : http://gustav-econimics.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Saatnya Berwirausaha

3 Februari 2012   10:10 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:06 377 0 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saatnya Berwirausaha
1328263763854059042

Menjadi seorang pekerja atau karyawan, boleh dibilang enak tak enak. Enaknya, dapat penghasilan rutin setiap bulan. Tidak enaknya, harus bekerja untuk orang lain, tidak untuk diri sendiri. Pun begitu, bekerja adalah sebuah tantangan, begitu juga bagi mereka yang berwirausaha, atau yang bekerja untuk dirinya sendiri.

Saya sendiri masih berstatus sebagai pekerja. Namun, ada niatan dalam hati untuk suatu hari nanti bisa memiliki usaha sendiri. Singkatnya, bekerja untuk diri sendiri dan syukur-syukur bisa juga membantu memberi pekerjaan kepada orang lain.

Banyak buku yang saya baca terkait dengan dunia wirausaha. Dari buku-buku itu juga saya belajar sekaligus membekali diri untuk bisa berwirausaha suatu saat nanti. Dan dari catatan kecil saya, ada sejumlah masukan yang mungkin bisa berguna bagi teman-teman yang ingin membuka usaha sendiri. Berikut ringkasannya:

Berpikir kreatif

Seorang pebisnis tentulah harus kreatif dan inovatif. Di tengah ketatnya persaingan dunia usaha, kreatifitas adalah kunci sukses untuk bisa bertahan dalam dunia bisnis. Seperti kata bijak, bakat saja tidak cukup, IQ juga tidak. Semua baru menjadi potensi, dan setiap potensi perlu menemukan pintunya sendiri-sendiri.

Sederhana itu kekuatan

Banyak contoh usaha yang berawal dari kesederhanaan bisa tumbuh dan berkembang besar. Misalnya bisnis makanan singkong atau juga bisnis gorengan, jasa cuci mobil, dan lain sebagainya. Satu hal yang saya pahami dari poin ini, kadangkala kesuksesan itu bermula dari mengerjakan atau mengolah hal-hal yang sederhana, yang sudah kita kenali dan kita akrabi sejak kecil.

13282637871451721833
13282637871451721833

Manfaatkan teknologi

Teknologi akan menjadi bagian penting dari kegiatan usaha kita, terutama untuk urusan promosi. Internet misalnya, di negeri kita ini sedang populer situs jejaring sosial, contohnya sudah pasti Facebook atau Twitter, kedua situs tersebut bisa kita manfaatkan untuk menyebarkan informasi seputar usaha kita. Dan hasilnya, dalam hitungan detik pesan yang kita sampaikan itu dapat diterima oleh banyak orang. Jadi, kuasai teknologi dengan sebaik-baiknya, dan manfaatkan untuk kepentingan usaha kita.

Percaya diri

Ada ungkapan dalam masyarakat kita, orang dari daerah ini jago dagang, atau orang dari etnis itu pandai bisnis. Singkat saja, jangan percaya pada mitos-mitos macam itu. Semua orang punya bakat, peluang, dan kemampuan yang sama untuk berwirausaha. Hanya saja, jalannya yang berbeda. Biar begitu, jika kita mau percaya diri dan mau membekali diri dengan ilmu pengetahuan, kita pasti bisa. Banyak bergaul juga dengan orang-orang atau pengusaha yang sukses dan pekerja keras.

Selalu berdoa

Semua usaha, semua cara sudah kita lakukan. Kerja keras dan peluh keringat sudah kita rasakan. Bagaimana pun juga, manusia hanya bisa berusaha. Pada akhirnya, Tuhan jualah yang menentukan. Sebagai manusia yang beragama, doa adalah penting. Begitu juga dalam hal bisnis, doa menjadi bagian penting dari keberhasilan.

Gambar : http://blogspot.com, http://vavai.com

Blog saya : http://gustav-econimics.blogspot.com/

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x