Mohon tunggu...
Gunawan BP
Gunawan BP Mohon Tunggu...

Bukan siapa-siapa. Hanya seorang pemuda yang berasal dari Desa Bumi Pajo, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, NTB. Mencoba belajar dan berbagi melalui untaian kata dan kalimat.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Teruslah Mencoba

30 Agustus 2017   01:16 Diperbarui: 30 Agustus 2017   01:21 599 0 0 Mohon Tunggu...

Saya percaya, bahwa agar bisa melakukan sesuatu, apalagi sesuatu yang dimaksud masih baru adalah tentu dengan cara mencobanya. Persoalan berhasil atau tidak, itu urusan lain. Intinya, coba saja dulu. Bila gagal, maka coba lagi. Apabila masih gagal pada percobaan tersebut, maka terus dan teruslah mencoba. Oleh karena kita sudah sering mencobanya, maka peluang untuk bisa atau berhasil akan semakin dekat. Artinya, ketika kita gagal melakukan sesuatu pertama kalinya, maka kita sudah berhasil menyingkirkan satu hambatan di depan kita. Itulah gunanya kita mencoba.

Tidak ada orang yang langsung bisa menghafal perkalian dengan lancar dan super cepat, tanpa ia terus belajar dan mencoba. Hanya ini satu-satunya cara yang harus dilakukan. Kalau tidak percaya, silakan dicoba dan dipraktikan secara terus-menerus. Semakin sering Anda mencobanya, maka Anda akan semakin lancar dan bisa.

Tidak usah jauh-jauh melihat contohnya. Cobalah untuk bertanya kepada orang tua Anda, bagaimana Anda belajar berjalan pada waktu kecil dulu. Pasti orang tua Anda akan berkata, bahwa Anda sering jatuh ketika Anda mencoba berdiri dan berjalan. Kemudian Anda bangun dan mencoba, mencoba, dan terus mencobanya lagi, hingga akhirnya Anda pun bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sama halnya bila kita ingin mengetahui bagaimana rasanya gula. Mustahil kita bisa dan berani mengatakan, bahwa gula itu rasanya manis, manakala kita belum pernah mencoba mencicipinya. Tidak mungkin kita bisa mengatakan bahwa kopi itu rasanya pahit tanpa kita terlebih dahulu mencoba mencicipinya. Dari sini, jelas bahwa salah satu tujuan kita mencoba sesuatu adalah untuk mengetahui sesuatu yang dimaksud.

Tidak perlu kita takut mencoba melakukan sesuatu. Sebab, kalau kita merasakan ketakutan, maka kita tidak akan pernah mengetahuinya. Dan bila percobaan pertama kita belum berhasil, maka lakukan percobaan secara terus-menerus sampai kita berhasil. Insya Allah dengan sering kita mencoba dan belajar, maka keberhasilan dan kesuksesan akan semakin dekat dengan kita. Jadi, teruslah mencoba dan mencoba. Good luck!

 Wallahu a'lam.

Oleh: Gunawan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x