Tekno

Simpan Apapun Bisa, SanDisk Punya Solusi

13 April 2018   20:39 Diperbarui: 13 April 2018   20:46 753 0 0
Simpan Apapun Bisa, SanDisk Punya Solusi
SanDisk Flashdisk (dok.pribadi)

Perkembangan era teknologi yang tidak terbendung tidak hanya akan menimbulkan efek yang baik bagi pengguna. Di sisi lain, perlu untuk diperhatikan bahwa perkembangan tersebut juga dibayangi oleh semakin banyaknya celah yang dapat digunakan untuk melakukan hal yang dapat merugikan bagi orang lain. Ya, kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata. 

Kejahatan di dunia maya atau lebih dikenal dengan istilah cyber crime telah menjadi perhatian seluruh dunia akhir-akhir ini. Seperti contoh kejadian beberapa waktu yang lalu ke tika terjadi kasus hack pada salah satu situs telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, demikian juga kasus hackterhadap salah satu situs agen perjalanan yang mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah atau bahkan kebocoran data yang di alami oleh media sosial Facebook yang menggemparkan seluruh dunia. Dan mengakibatkan terjadi ketegangan beberapa negara yang menjadi korban kebocoran data tersebut. Ini merupakan bukti bahwa kejahatan yang terjadi di dunia maya merupakan sesuatu yang harus di waspadai dan tidak bisa dianggap remeh.

Masih ingat dengan virus internet wannacry? Virus ini mampu menginfeksi ratusan ribu komputer di seluruh dunia, sehingga data dalam komputer menjadi terkunci dan tidak dapat dibuka. Bayangkan saja jika itu terjadi menimpa diri anda, komputer yang terinveksi virus wannacrydan menghancurkan seluruh data penting yang ada di komputer anda. Tidak masalah ketika data penting yang kita miliki telah diback upsebelumnya, jika belum?

Awalnya saya tidak terlalu ambil pusing tentang penyimpanan data, cara menyimpan data yang aman dan lain sebagainya. Setelah beberapa kejadian buruk yang terjadi itu lah yang membuat saya sadar akan pentingnya back updata untuk mengamankan semua data penting yang saya punya. Banyak media yang saya gunakan untuk data penting yang berkaitan dengan pekerjaan maupun data pribadi, seperti surat elektronik, tempat penyimpanan online (google drive,dll) dan juga dalam memori eksternal seperti flashdisk.

Tidak hanya untuk memback updata saja, flashdisk biasanya saya gunakan untuk beberapa hal yang menunjang kegiatan saya sehari-hari seperti untuk menyimpan dokumen kantor, foto dan video, softwareaplikasi dan games dan lain-lain. Hampir semua data yang saya miliki berbasis digital, dan jika terdapat dalam bentuk hardware tidak jarang saya digitalisasikandengan metode scan dan sejenisnya sebagai persiapan jika suatu saat terjadi hal yang tidak terduga. Lantas mengapa harus flashdisk? Oke, saya jelasin secara singkat manfaatnya.

Pertama, penemuan flashdiskmerupakan sesuatu yang harus kita patut syukuri karena merupakan sebuah penemuan yang fantastis. Benda kecil yang mampu menyimpan ribuan bahkan ribuan bahkan jutaan data yang tidak sanggup disimpan dalam ingatan manusia, dan dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Kedua, penyimpanan data dalam jumlah besar menghemat banyak spaceatau tempat. Inilah alasan yang membuat flashdisk terlihat sebagai penemuan yang sangat luar biasa. Bayangkan saja jika semua data digital yang saya miliki wujudnya dalam wujud tercetak, mungkin saya akan membutuhan lemari yang besar yang ukurannya mungkin tidak sebesar ruang kamar tidur saya sebagai tempat dokumen, buku elektronik dan data lainnya. 

Mungkin saya akan membutuhkan ratusan bahkan ribuan keping kaset untuk ratusan bahkan ribuan musik, video musik, atau film kesukaan saya yang tersimpan dalam data flashdisk yang saya punya. Itulah alasan utama mengapa kita patut bersyukur atas perkembangan memory digital seperti flash disk, hard disk dan lain sebagainya yang membantu kita dalam penyimpanan data yang kita miliki.

Dan terakhir adalah dari segi biaya, pembiayaan yang kita butuhkan sangatlah sedikit. Perbandingannya sangat lah jauh dengan metode penyimpanan konvensional (tercetak).

Nah, dari uraian di atas semoga sudah semakin membuka sedikit dari paradigma kita tentang betapa penting dan betapa baiknya menjaga keselamatan data kita dengan metode back up data.

Sekarang masuk  ke dalam pembahan tentang flash disk itu sendiri. Sandisk flashdisk merupakan salah satu merek flashdisk yang tidak asing lagi bagi para aktivis teknologi digital. Merek ini juga merupakan flashdisk yang saya gunakan hingga saat ini. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh sikecil ajaib yang satu ini. Contoh CRUZER BLADE USB FLASH DRIVE yang saya gunakan hingga saat ini. 

Dari segi desain, flashdisk ini memiliki desain futuristik dan unik serta mudah untuk di masukkan dalam kantong maupun tas. Desain dan fariasi warna antara merah dan hitamnya mampu menciptakan kesan elegan bagi yang memakainya. Kapasitas hingga 128 GB cukup untuk menyimpan berbagai jenis data. Penggunaannya juga tidak terlalu ribet, mulai dari menancapkan ke port USB, menyimpan, memindahkan dan berbagi data ke perangkat lainnya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Dan sekarang ada lagi inovasi terbaru Sandisk yang paling mutahir, yakni ULTRA DUAL DRIVE USB. Selama ini jika ingin memindahkan data dari handphone atau sebaliknya, sedikit menyusahkan ketika harus menggunakan kabel USB untuk mengkoneksikan keduanya. Salah satu hal yang menjengkelkan adalah ketika kabel tidak dapat dibaca oleh komputer, ketika sedang terhubung ruang gerak untuk menggunakan handphone sangatlah terbatas dan lain sebagainya. Lantas kenapa harus susah payah ketika ada cara melakukannya dengan mudah?

Produk ini mungkin baik untuk yang hobi traveling sambil dokumentasi foto maupun video. Karena akan membantu dalam menyimpan data yang lebih banyak tanpa membebani ruang penyimpanan di handphone. Ini juga bisa menjadi salah satu solusi bagi para karyawan maupun pekerja. Masalah yang dihadapi oleh para karyawan zaman now adalah ketika banyak data yang dishare melalui media sosial dan tidak dapat lagi ditampung oleh memory card handphone namun tidak dapat di hapus begitu saja karena termasuk dari bagian pekerjaan. Ini juga bisa menjadi salah satu solusi.

Intinya adalah Sandisk tidak hanya berfungsi sebagai perusahaan yang memproduksi flashdisksaja, tetapi Sandisk Solusi Penyimpanan untuk membantu kita dalam menyimpan dan mengamankan data digital yang kita punya, dan juga menyediakan segala fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jadi kepengen beli produk yang satu ini. Soalnya baru tahu ada yang beginian. Hehehe.....

(Sumber  review SanDisk : Sandisk.com)