Mohon tunggu...
Grinaldy Rafael
Grinaldy Rafael Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Grinaldy Rafael

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kesalahan Dalam Performance Review? Apa Saja?

25 Juni 2021   12:02 Diperbarui: 25 Juni 2021   12:11 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

dalam menyusun atau menganalisa performance review, seringkali terjadi kesalahan atau masalah yang muncul, apa saja sih kesalahan atau masalah yang sering terjadi ketika performance review? Yuk kita simak penjelasan berikut!

Halo effect

Efek halo adalah kecenderungan penilaian dan penilaian untuk dipengaruhi oleh satu atau dua atribut positif dari individu, menghasilkan penilaian yang menguntungkan secara keseluruhan yang belum tentu didukung oleh pertimbangan yang cermat dari semua faktor yang relevan. Penilaian yang tidak menguntungkan secara keseluruhan yang dihasilkan dari pengaruh yang tidak semestinya dari satu atau dua faktor negatif kadang-kadang disebut efek tanduk.

Central tendency

Banyak orang memiliki bias psikologis terhadap penggunaan ekstrem dan menghindari kedua ujung skala penilaian dalam membuat penilaian mereka. Akibatnya, peringkat mereka dikelompokkan di tengah kisaran dan ada sedikit perbedaan antara kinerja yang luar biasa dan yang tidak dapat diterima.

Harshness/leniency

Peringkat yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dalam hal kinerja aktual karyawan akan menghasilkan distribusi penilaian yang tidak akurat atau miring. Terlepas dari kesan menyesatkan yang diberikan, hal ini dapat menimbulkan masalah ketika peringkat kelompok yang berbeda dibandingkan.

Similarity/dissimilarity

Kita cenderung memiliki kecenderungan yang baik terhadap orang-orang yang seperti kita. Ini berarti bahwa beberapa kesamaan dalam latar belakang, sikap atau pengalaman manajer dan karyawan (sangat tidak berhubungan dengan kinerja pekerjaan) dapat menghasilkan penilaian yang lebih positif daripada yang seharusnya. Demikian pula, perbedaan antara manajer dan karyawan dapat menghasilkan peringkat negatif yang tidak dapat dibenarkan.

First impression/recency

Ada kecenderungan untuk menilai orang berdasarkan insiden atau kinerja baru-baru ini yang mungkin tidak khas dari keseluruhan periode peninjauan, atau berdasarkan satu faktor atau kesan---misalnya, apa yang dikenakan karyawan untuk wawancara.

Contrast

Manajer kadang-kadang dapat memberikan penilaian tinggi atau rendah yang tidak dapat dibenarkan kepada karyawan, berbeda dengan penilaian yang sangat rendah atau tinggi yang diberikan kepada karyawan sebelumnya yang dinilai. Ini terjadi ketika karyawan dibandingkan satu sama lain dan tidak dengan persyaratan kinerja pekerjaan mereka.

Bias/prejudice

Masalah dengan bias dan prasangka terbagi dalam dua kategori: satu adalah diskriminasi sadar atau tidak sadar yang dipicu oleh usia, ras, jenis kelamin, asal budaya, penampilan, status perkawinan, posisi sosial atau kebiasaan pribadi; dan yang lainnya mencakup penilaian pribadi tentang seorang karyawan yang tidak ada hubungannya dengan kinerja pekerjaan.

Logical error

Kesalahan logika terjadi ketika karakteristik atau faktor yang tampaknya terkait secara logis diberi peringkat yang sama, meskipun sebenarnya tidak terkait. Stereotip adalah jenis kesalahan logis. Hal ini terjadi ketika diasumsikan bahwa karakteristik tertentu dari seorang karyawan akan mengarah pada karakteristik lain: misalnya, karyawan tersebut adalah seorang wanita; wanita sensitif; oleh karena itu, karyawan ini sensitif. Efek serupa adalah teori kepribadian implisit, di mana pandangan kita tentang bagaimana karakteristik yang berbeda berjalan bersama membawa kita untuk membuat asumsi berdasarkan satu faktor (misalnya asumsi umum tetapi dipertanyakan bahwa orang yang pandai berbicara secara emosional stabil) tanpa memeriksa semua karakteristik lain dari kepribadian individu.

Insufficient information

Ini bukan semata-mata masalah kesalahan psikometrik, tetapi informasi yang tidak memadai, tidak memadai, tidak benar, atau tidak representatif dapat menjadi masalah tersendiri untuk tinjauan kinerja. Ini dapat menyebabkan jenis kesalahan lain, seperti efek halo dan tendensi sentral.

Attributional error

Beberapa penelitian kurang memperhatikan potensi kesalahan dalam merancang dan menggunakan skala penilaian, misalnya, dan lebih banyak lagi dengan cara manajer mencoba menjelaskan kinerja yang baik dan buruk. Fletcher (1993b) mengajak kita untuk mencoba latihan kecil ini sebagai cara untuk memahami sifat kesalahan atribusi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun