Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... senang mempelajari hal-hal baru

Hidup mengalir seperti air. Bergerak dari hulu ke muara lalu masuk samudera nan luas!

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Menanti Terungkapnya Mafia Pacul Impor

11 November 2019   17:49 Diperbarui: 11 November 2019   17:56 68 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanti Terungkapnya Mafia Pacul Impor
Dok.Antara-dalam-https://nasional.republika.co.id

"Impor paculDi mana produk-produk anak bangsa, sampai pacul pun harus didatangkan dari luar negeri?"

Omel temanku saat menonton berita mengenai impor pacul.  Misteri pacul impor pernah dipermasalahkan di tahun 2016, dan kini dipersoalkan lagi di tahun 2019. Rupanya pacul alias cangkul yang selalu dipanggul petani ketika berangkat pagi dan pulang sore hari dari sawah atau ladang ini, telah diimpor sejak tahun 1997. Jika demikian, maka sudah 22 tahun kita ternyata  tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar petani ini. 

Ya, akhir-akhir ini kita memang doyan impor. Alasan klisenya, produksi dalam negeri tidak mencukupi permintaan itu sendiri. Karenanya, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, jalan pintas dan jalan tercepat adalah impor. Alasan yang dicari-cari karena dalam perencanaan pengadaan, selalu akan muncul forecast,  berapa kebutuhan di masa depan berdasarkan permintaan sekarang. 

Impor pacul kembali mencuat di awal November 2019. Tidak tanggung-tanggung, pada 8 November 2019 detikcom merilis bahwa total impor pacul periode Januari-September 2019 senilai US$ 101,69 ribu dengan total berat 268, 2 ton.

Selain berasal dari Jepang, Indonesia dibanjiri oleh pacul kiriman dari China.  Masih dalam sumber detikcom, menurut menteri perindustrian (Agus Gumiwang), salah satu alasan banyaknya impor pacul lantaran pengguna pacul Indonesia masih lebih memilih pacul asal negeri tirai bambu ini, kendatipun pacul buatan dalam negeri tidak kalah kualitasnya. Dari unsur harga, pacul impor juga lebih mahal 40-50% dibandingkan dengan made in Indonesia.

Fenomena kebanjiran pacul made in china, sold in Indonesia ini sampai membuat Presiden RI, Jokowi mengkritik tajam kementerian dan instansi terkait lainnya, kemudian dijelaskan oleh Kemendag, bahwa tidak ada ijin impor pacul siap pakai dari luar negeri. Artinya, Indonesia kini kebanjiran produk ilegal dari China tanpa ada upaya untuk memblokir kiriman produk ilegal tersebut. 

Jika demikian, maka kehadiran produk pacul made in China ini masih misterius. Siapakah yang berhasil mendatangkan produk itu ke Indonesia? Melalui jalur manakah pengiriman barang tersebut sehingga lolos begitu saja dan kini dijual bebas oleh pedagang-pedagang di Indonesia? Adakah kekuatan yang 'bermain' dibalik misteri kehadiran pacul ini? Berhasilkan para penertib produk impor untuk membongkar siapa dibalik ini semua? Rakyat kecil, terutama para produsen pacul Indonesia menanti terungkapnya otak keberadaan pacul misterius ini!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x