Mohon tunggu...
Greenie Gamora
Greenie Gamora Mohon Tunggu... Freelance -

Perkenalkan, Nama saya Greenie Gamora.. Kata Greenie : dari kata Green, saya penyuka warna = Hijau.. 2 Huruf terakhir dari kata greenIE, di-ambil dari 2 huruf nama belakang saya.. Kata Gamora : dari nama wanita tangguh dan lembut di Film Guardian Galaxi, kebetulan juga wanita ini berwarna hijau dan berambut merah, saya juga penyuka warna Merah..

Selanjutnya

Tutup

Financial

Mari Menabung Seribu Sehari, Setahun?

25 Juli 2018   13:48 Diperbarui: 25 Juli 2018   15:04 929
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahun ini terhitung sekitar 2 tahun 9 bulan yak, bener nggak sich? 

Saya mulai menjadi karyawan baru diperusahaan baru di bulan Oktober 2015, sebagai karyawan baru pasti dibulan pertama kedua sangat berat karena menanggung bulan pertama sambil menunggu gajian pertama, dan menanggung di bulan kedua dengan mengantikan pengeluaran dibulan pertama dan dibulan seterusnya.

Jujur saja, saya dengan Ijazah Diploma-III, dengan upah gaji yang sekarang 2018 terhitung UMR, standart UMR Jakarta sekitar 3,6 Juta, benar nggak sich??? 

Ditahun 2015 UMR Jakarta berapa??

Dengan gaji segitu jujur untuk keluar bantu kebutuhan dirumah saya masih belum cukup tapi saya tidak ada tanggungan apa-apa, saya tidak menanggung biaya asuransi, biaya kebutuhan rumah, hanya pengeluaran pribadi saja, terlebih lagi saya tidak punya kendara pribadi, setiap hari saya mengandalkan Grab atau Gojek dan dengan menggunakan promo untuk lebih berhemat dan saya bersyukur, saya berpikir untuk menabung setahun bisa terkumpul 10 juta. How??

Dulu cara saya menabung bisa dibilang kurang kuat komitmennya.. Sebulan sejuta, justru malah buat saya menjadi menyepelekan, akh.. sudah nabung sebulan sejuta, kalau saya shopping gope toh masih ada gope ditabungan, begitu pikir saya, dan akhirnya tabungan NOL. hehe..


Saya mulai googling, baca-baca artikel dan ketemu artikel dimana nabung sehari = seribu. Setelah saya baca, saya coba buat rangkap plan tabungan saya dengan cara sehari seribu dan diminggu berikutnya berkelipatan, saya pikir cara nabung ini tidak berat juga malah berbalik melegakan buat saya.

contoh saja :

PLAN 2018
PLAN 2018
Ditahun 2016 : Setahun mencapai Rp 9.960.000,-

Ditahun 2017 : Setahun mencapai Rp 9.646.000,-

Ditahun 2018 : Setahun mencapai Rp 9.698.000,-

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun