Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

6 Makanan Khas Sunda yang Manis dan Dapat Dijadikan Cemilan Pilihan-Mu!

16 September 2022   11:05 Diperbarui: 16 September 2022   11:08 283 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa yang terbayang di kepala kamu saat mendengar nama makanan khas Sunda atau jajanan khas Jawa Barat? Cireng, seblak yang sangat pedas, cilok, combro, atau misro?

Tetapi, buat kamu yang kurang suka dengan makanan yang pedas atau lebih menyukai makanan dengan rasa yang manis, kamu juga harus mencoba makanan khas Sunda dari kue-kuenya yang sangat tradisional dan membuat kamu tidak akan lupa dengan cita rasa kuenya.

Kebanyakan, kue manis khas Jawa Barat ini berbahan dasar dengan campuran gula merah, sehingga membuat tekstur kue yang dihasilkan menjadi lebih legit. Kalau kamu belum mengetahui kue manis khas Jawa Barat, sebaiknya kamu mengetahui. Supaya, ketika kamu berwisata ke Jawa Barat, kamu bisa mencicipi kue serta makanan khas Sunda yang sangat lezat.

Kue Khas Jawa Barat

1. Surabi

Sumber: jualanmakanan.com
Sumber: jualanmakanan.com

Kue khas Jawa Barat ini pasti tidak asing bagi kamu. Surabi yang dimaksud adalah surabi Bandung tentunya. Surabi ini memiliki bentuk yang serupa dengan pancake, yaitu berbentuk cepet.

Cara memasaknya yaitu dengan dibakar diatas tungku hingga mengeluarkan aroma yang sangat wangi. Meskipun aslinya surabi Bandung menggunakan topping oncom di bagian atasnya, tapi sekarang surabi Bandung sudah banyak memiliki campuran topping kekinian, seperti keju, coklat, hingga buah-buahan.

2. Colenak

Sumber: asianfoodnetwork.com
Sumber: asianfoodnetwork.com

Colenak adalah singkatan dari "dicocol makin enak". Makanan khas Sunda ini telah ada sejak tahun 1930-an. Colenak adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari peuyeum atau biasa kita sebut tapi yang dibakar diatas arang sampai berwarna kecoklatan. Kemudian, disajikan dengan cara dipenyet dan diberi gula merah cair serta kelapa parut yang telah dimasak dengan gula merah.

Seiring dengan perkembangan zaman, kue ini juga sudah mengalami modernisasi. Kamu bisa menemukan colenak yang ditambahkan dengan meses atau keju di bagian atasnya.

3. Bandros

Sumber: mamang.id
Sumber: mamang.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan