Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

6 Jenis Advertising yang Sering Digunakan Berdasarkan Media-Nya!

8 September 2022   12:20 Diperbarui: 8 September 2022   16:11 489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini siapa yang tak mengenal advertising atau periklanan? Kemanapun kita pergi, pasti kita akan melihat papan iklan yang sangat besar, seperti baliho, spanduk atau banner, dan juga iklan-iklan yang bermunculan di berbagai platform sosial media yang kita gunakan.

Advertising seolah sudah ada sejak dimulainya peradaban manusia dan seakan menjadi bagian dari kehidupan manusia. Apalagi saat ini, teknologi telah berkembang yang membuat kegiatan advertising semakin mudah dan juga efektif.

Advertising juga sangat beragam jenisnya tergantung dengan kebutuhan yang sesuai dengan brand atau perusahaan. Brand atau perusahaan bisa memilih jenis metode advertising mana yang paling tepat untuk menunjang kebutuhan mereka.

Sebelum mengetahui tentang jenis-jenis advertising, kamu terlebih dulu harus mengetahui apa itu advertising. Singkatnya, advertising adalah teknik atau metode untuk membawa produk maupun layanan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau brand ke dalam sebuah media atau platform yang mempunyai tujuan untuk diketahui keberadaannya oleh orang banyak.

Jenis-jenis Advertising

Sumber: behance.net
Sumber: behance.net

1. Iklan media cetak

Iklan media cetak adalah iklan yang memasarkan produknya dengan cara menggunakan media yang sudah dicetak ke dalam sebuah kertas seperti halnya koran, majalah, brosur, poster, direktori, dan selebaran.

Iklan ini bisa kita katakan sebagai jenis iklan generasi yang pertama, sebab saat itu semua orang masih membutuhkan koran untuk mereka baca setiap pagi untuk mengetahui berita terkini. Namun, saat ini penggunaan iklan pada media cetak mungkin tidak lagi banyak diminati oleh pebisnis.

Akan tetapi, eksistensinya masih tetap ada dan masih ada beberapa pebisnis yang menggunakannya untuk menjangkau orang-orang yang memilih media cetak daripada media digital.

2. Iklan televisi

Sesuai dengan namanya, tentu saja, iklan ini menggunakan televisi sebagai medianya. Periklanan melalui televisi juga sangat diminati oleh beberapa kalangan. Meskipun telah banyak media lain yang bermunculan, tapi iklan di televisi masih diminati oleh beberapa produk untuk mempromosikan bisnisnya.

Untuk bisa memasang iklan di dalam suatu saluran televisi, kamu harus menyiapkan budget yang lumayan besar dan juga harus menggunakan materi yang singkat namun menarik. Hal tersebut dikarenakan harga yang dikenakan untuk 1x iklan muncul di televisi sangatlah mahal. Durasi yang diberikan juga sedikit, hanya 30 detik sampai 1 menit.

3. Iklan audio

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun