Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Temukan Tips jadi Youtuber di Why? Content Creator

9 Agustus 2021   09:45 Diperbarui: 9 Agustus 2021   10:43 248 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Temukan Tips jadi Youtuber di Why? Content Creator
Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo

Di dunia yang serba praktis seperti saat ini, ada banyak sekali wadah untuk menuangkan kreativitas. Salah satunya dengan memanfaatkan YouTube. Siapa sih yang tidak tahu YouTube? Baik para pengguna smartphone maupun yang aktif berselancar di dunia maya pasti sudah akrab dengan situs web berbagi video bernama YouTube. Banyak yang bisa kita ditemukan di YouTube. Mulai dari video hiburan, berita, konten pendidikan, bahkan di masa pandemi ini jadi banyak yang jago memasak hanya dengan menonton YouTube.

Selain menjadi ruang untuk unjuk diri sebagai kreator konten, kini banyak orang yang melirik YouTube sebagai media penghasil uang. Jadi, tidak heran jika banyak sekali yang ingin tahu tips, trik, dan cara untuk bisa menghasilkan video berkualitas untuk dibagikan ke seluruh dunia melalui YouTube.

Tapi sebelum memulai menjadi kreator konten video di YouTube, kita harus tahu dulu istilah-istilah yang berhubungan erat dengan YouTube!

  • YouTuber: istilah ini pastinya sudah tidak asing lagi. Yup, YouTuber adalah sebutan bagi para pembuat konten video yang membagikan videonya di YouTube.  
  • Channel YouTube: dahulu kita hanya tahu channel sebagai pembeda saluran stasiun penyiaran di televisi atau radio, tapi sekarang, halaman web berisi kumpulan video karya seorang kreator konten juga disebut channel. Bagi seorang YouTuber, nama channel dapat disamakan dengan kartu nama. Walau tidak ada pembatasan dalam pemberian sebuah nama, nama yang unik cenderung lebih mudah diingat sehingga akan lebih baik jika nama channel juga dibuat tidak pasaran dan meninggalkan kesan yang dalam.
  • Subscriber: dalam bahasa Indonesia, subscriber bisa diartikan sebagai "pelanggan". Kalau menjadi pelanggan, tentunya akan selalu mendapatkan produknya dan tidak boleh ketinggalan informasi, ya. Begitu juga dalam dunia per-YouTube-an, subscriber merujuk pada individu yang berlangganan dan menerima informasi secara teratur. Ditambah lagi jika subscriber menyalakan alarm, maka setiap kali pemilik channel mengunggah video baru, subscriber akan langsung mendapatkan notifikasi agar bisa menjadi yang pertama menyaksikannya. Seperti jumlah pelanggan yang bisa menentukan kepopuleran dan jumlah cetak sebuah koran atau majalah, jumlah subscriber sebuah channel di YouTube juga memegang peran penting untuk menentukan nilai dan kepopuleran channel tersebut.
  • 'Like' dan 'Dislike': ini merupakan fungsi yang dibuat agar penikmat konten video di YouTube dapat mengekspresikan kesukaan atau ketidaksukaan mereka terhadap konten tertentu. Karena itu, persiapkan konsep video sebaik-baiknya agar jumlah like-nya bertambah!
  • YouTube Play Button: ini dia yang jadi incaran para YouTuber! Sebagai bentuk apresiasi, YouTube menghadiahkan YouTube Play Button sebagai tanda selamat pada kreator yang berhasil mendapatkan banyak subscriber. Silver untuk YouTuber dengan 100 ribu subscriber, Gold untuk YouTuber dengan 1 juta subscriber, dan Diamond spesial untuk YouTuber yang berhasil menggaet 10 juta subscriber.

Itulah beberapa istilah yang wajib diketahui sebelum bergabung menjadi YouTuber. Tapi, untuk bisa menghasilkan video berkualitas dan bisa menarik minat penikmat YouTube, tentunya harus punya ide yang menarik dan tahu tips serta triknya. 

Ingin jadi YouTuber tapi belum tahu dari mana bisa mendapatkan ide untuk dijadikan video? Atau sudah punya banyak ide tapi bingung apa saja yang harus dipersiapkan? Tidak perlu khawatir, karena ada banyak buku serta referensi yang bisa dibaca untuk meningkatkan skill sebagai kreator konten. 

Terkhusus untuk anak-anak yang ingin jadi Youtuber, komik pendidikan yang diterbitkan Elex Media Komputindo berjudul Why? Content Creator -- Kreator Konten cocok untuk membantu mereka mendirikan channel-nya sendiri. Buku ini menyajikan banyak info menarik seputar dunia content creator dan ada banyak tips untuk menjadi YouTuber. 


Lewat cerita keseharian dua tokoh utama bernama Omji dan Komji yang tinggal di sebuah pulau nan indah, kita akan diajak untuk mempersiapkan diri menjadi YouTuber dari nol. Mulai dari inspirasi ide videonya, peralatan dasar apa saja yang dibutuhkan, alat-alat pendukung proses syuting apa yang dipakai agar dapat menghasilkan video berkualitas, bahkan dijelaskan juga cara mengelola channel dan cara meraih keuntungan dari video yang kita unggah. Karena disajikan dalam bentuk komik, pastinya tidak akan membosankan dan mudah dipahami. 

Nah, sudah siap 'kan menjadi YouTuber? Kamu bisa baca tips yang lebih lengkap di buku Why? Content Creator -- Kreator Konten berikut ini.

Segera dapatkan Why? Content Creator -- Kreator Konten dengan harga lebih hemat hanya di Gramedia.com! Karena kamu adalah #SahabatTanpaBatas kami, kamu juga bisa dapatkan bukunya lebih cepat lewat layanan Gramedia Pesan Antar. Coba chat sekarang di Whatsapp pada nomor 081370708828 untuk pesan bukunya!

Kamu juga bisa baca e-book di Gramedia Digital, lho! Lebih asyik lagi kalau pakai Premium Package agar kamu bebas baca ratusan ribu e-book, majalah, dan koran digital lainnya. Dapatkan semua Premium Package di ebooks.gramedia.com ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan