Mohon tunggu...
Finansial

Perencanaan Keuangan, Hal Penting yang Sering Terlupakan oleh Banyak Orang

6 Juli 2018   15:18 Diperbarui: 6 Juli 2018   15:24 586 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perencanaan Keuangan, Hal Penting yang Sering Terlupakan oleh Banyak Orang
Pixabay

Sebagian kalangan millenials masih kesulitan dalam mengatur keuangan sesuai skala prioritas. Permasalahan utamanya adalah gaya hidup yang konsumtif, ditambah lagi trend nongkrong di restoran baru ataupun coffee shop. Berikut adalah tips yang dapat membantu Anda untuk semakin cepat mempersiapkan perencanaan keuangan Anda.

Quick Bites

  Financial Planning (Perencanaan Keuangan) merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana.

 Perencanaan keuangan dilakukan untuk mempersiapkan dan mencapai masa depan yang diinginkan.

Perencanaan Keuangan menurut Financial Planning Standard Boards Indonesia (FPSB) merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan keuangan seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana. Namun hal ini sering kali diacuhkan oleh para millennials sehingga merekamempunyai konsumsi yang berlebihan dan tidak mempunyai simpanan untuk masa depan.

Apa yang Perlu dilakukan Untuk Merencanakan Keuangan Anda

1. Penentuan Prioritas

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengurutkan tujuan yang ingin dicapai berdasarkan kepentingan atau prioritas  yang ada. Tabungan, investasi, dan asuransi merupakan hal wajib yang harus terdapat dalam perencanaan keuangan jangka panjang.  

Oleh karena itu, prioritas menabung dan berinvestasi harus ditempatkan di level yang sama dengan kebutuhan pribadi.

2. Cara Mengatur Keuangan

Setelah memprioritaskan tujuan-tujuan tersebut, Anda perlu mencari tahu lebih banyak lagi bagaimana cara Anda menyisihkan uang agar tujuan Anda di masa depan tersebut dapat terpenuhi. 

I. Proteksi

Penting untuk melindungi diri dan keuangan Anda dengan memiliki portofolio asuransi yang memadai. Sebagian orang membeli asuransi untuk menghemat pajak dan dijadikan sebagai investasi. Namun, penting untuk tidak mencampurkan asuransi dan investasi Anda. Rencana perlindungan yang harus dimiliki adalah perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan dan kecelakaan.

Perlu juga diperhatikan seberapa besar jumlah asuransi yang anda perlukan dan seberapa lama jangka waktu asuransi tersebut sehingga tidak membayar sesuatu yang tidak diperlukan.

II. Tabungan dan Investasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN