Mohon tunggu...
Liana S. Syam
Liana S. Syam Mohon Tunggu... Cinta untuk semua

Cinta sesuatu karena Allah. Tak penting rasa hormat dan imbalan dari manusia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bagaimana Pandangan Seorang Pemimpin Islam terhadap Hak-hak Perempuan?

28 Januari 2021   06:09 Diperbarui: 28 Januari 2021   16:44 198 3 0 Mohon Tunggu...

Perempuan adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang mulia, memiliki kedudukan yang sangat agung dalam Islam. Islam sangat menjaga harkat, martabat seorang perempuan.

Perempuan identik dengan lemah lembut. Bertutur kata yang baik terhadap perempuan paling disukai apalagi diperlakukan dengan penuh kasih sayang. 

Jangan pernah sekali-kali melakukan hal kasar ataupun berkata kasar, walau pernah melakukan suatu kesalahan. Karena perempuan sebagai manusia biasa penuh dengan kekurangan.

Perempuan sebagai pendamping hidup laki-laki dan menjadi tanggung jawabnya dalam mengarungi biduk rumah tangga. Muliakan lah mereka yang belum sempurna, yang masih perlu dibimbing dan dituntun terutama ke arah ajaran agama yang lurus untuk menggapai ridha Allah Ta'ala.

Sungguh kagum ada seorang pemimpin Islam yang mendunia tak lain adalah Khalifah Ahmadiyah memberikan pandangannya dan fokus memperhatikan kaum perempuan. Hadhrat Mirza Masroor Ahmad atba,  memberikan penjelasan yang sangat indah bagaimana nasihat-nasihat Rasulullah saw dalam menegakkan hak-hak kaum perempuan. 

Berlaku kasih sayang kepadanya dan untuk mendapatkan rahmat dan kasih-sayang dari Allah SWT Beliau SAW memberi sebuah contoh yang diriwayatkan oleh Hadhrat Abu Hurairah r.a. beliau SAW bersabda : 

"Senantiasa berlakulah baik dan lemah-lembut terhadap isteri-isteri kalian. Sesungguhnya perempuan diciptakan dari sebuah tulang rusuk. Tulang rusuk bagian atas bentuknya lebih bengkok. Jika kalian memaksa untuk meluruskannya, pastilah dia akan patah. Jika kalian biarkan, ia akan tetap bengkok sesuai keadaan aslinya. Jadi kalian berbuat baiklah dan berlaku lemah lembut lah terhadap perempuan-perempuan kalian!"

Maksudnya adalah, Allah SWT memberitahukan bahwa keadaan sifat dan tabiat perempuan bengkok seperti tulang rusuk, dan Allah SWT memberitahukan kaum laki-laki agar berhati-hati dalam berurusan dengan perempuan khususnya di dalam rumah tangga.

Jika kalian mengambil hikmah dan manfaat daripadanya dengan penuh kebijakan, pasti kalian akan mendapatkan banyak faedahnya. Sebaliknya jika kalian berlaku keras dan kasar terhadap perempuan seperti kalian ingin meluruskan tulang rusuk itu dengan paksa, pasti tidak akan berhasil, bahkan ia akan menjadi patah.

Dan sebagaimana fungsi tulang rusuk melindungi tubuh bagian dalam, seperti jantung, lever, ginjal dan paru-paru dsb, demikian juga halnya dengan perempuan kalian di rumah.

Jika ingin supaya isi rumah tangga kalian terlindung, tarbiyat anak-anak terbimbing dan dapat dilakukan dengan baik dan juga supaya pemeliharaan terhadap mereka dapat dilakukan dengan cara yang sebaik-baiknya, maka manfaatkanlah tenaga perempuan kalian dengan penuh bijaksana sambil memahami sifat alamiahnya yang unik itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x