Mohon tunggu...
Go Mobile ID
Go Mobile ID Mohon Tunggu... Konsultan - Single gateway into the world of mobile.

Full-cycle digital-agency specialized in mobile marketing. Our services: media buying, ASO, social media, and campaign optimization. gomobileagency.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Bagaimana Cara Menghasilkan 115.000 UGC di Likee?

12 Agustus 2020   01:55 Diperbarui: 12 Agustus 2020   01:59 824
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

11 juta tayangan video challenge dari mainan <> dengan jumlah unggahan mencapai 43.000 video di Likee. Project yang dijalankan oleh Go Mobile Agency---reseller resmi Likee di Russia.

Screechers Wild adalah mobil mainan populer yang dapat bertransformasi di udara.

Strategi pemasaran

Screechers Wild secara aktif mengelola komunikasi dengan penonton TV dan digital. Misalnya, perusahaan tersebut membuat komunitas penggemar YouTube. Kami bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan kesadaran dan mempertahankan minat target audiens.

Perfect Match

Setelah membuat kreasi untuk komunitas Youtube, Screechers Wild memiliki beberapa tugas di antaranya:

* Meningkatkan kesadaran brand

* Memperluas jejaring komunitas

* Menemukan promosi baru dan saluran komunikasi yang tepat

Lalu Screechers Wild mulai berpikir untuk menemukan platform baru dan menarik perhatian social network seperti Likee.

Likee adalah platform kreasi video pendek global. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh di dunia. Setiap bulan sebanyak 115 juta orang berkunjung ke aplikasi ini. Platform ini berasal dari Singapore-berdasar pada BIGO Technology Pte yang sebelumnya bekerja sama dengan imo, Bigo Live, dan BIGO Ads.

Gen Z adalah kunci utama dari target audiens Likee. Tidak banyaknya konten brand dan banyak orang muda membuat suasana yang positif di dalam platform. Pengguna banyak berkomunikasi dengan satu sama lain seperti dengan influencers, berpartisipasi di challenge dan secara aktif memperbarui profile mereka.

Audiens Likee menjadi sasaran yang tepat untuk mempromosikan Screechers Wild. Merek tidak direpresentasikan di platform, jadi Likee dipilih sebagai salah satu media promosi.

Pertama kali di Likee

Agensi kami membuat tantangan iklan pertama kali di Likee untuk Screechers Wild. Fakta bahwa ini menjadi kesempatan yang pertama, memberikan kesempatan untuk memaksimalkan hasil dan pengaruh. Di sisi lain, ini membutuhkan keterlibatakn maksimal dari seluruh tim, karena prosesnya harus dari awal.

Langkah 1. Ide

Tugas kami yaitu membentuk kesadaran brand, membuat sebuah komunitas aktif dari fans Screecher di platform yang sama sekali baru dan secara ideal mempengaruhi angka pertumbuhan penjualan.

Format tagar dalam tantangan termasuk kewajiban memakai tagar dalam setiap video, termasuk support media dalam bentuk:

* Banner fullscreen;

* Banner ads di sisi yang menarik;

* Branding interaktif di dalam aplikasi

* Tagar di atas halaman;

* Ruang tambahan untuk semua video dengan tagar di dalam platform.

Di dalam waktu 6 hari semua pengguna yang membuka aplikasi di waktu yang diatur dapat mengetahui adanya challenge dari Screechers. Semua orang yang menggulir Instagram akan melihat rekomendasi dari feed dalam bentuk video/foto promosi.

Format ini juga menggunakan jingle klien yang membuat promosi lebih dinamis dan mudah diingat untuk keviralan konten.

Screechers Wild adalah mainan sehingga format komunikasi yang disamakan dengan saat bermain. Kami mengajak influencer untuk merekam video duets dengan blogger. Duet ini diadakan untuk menemukan pemenang the Wildest Screecher.

Tujuan kami adalah meningkatkan keikutsertaan anak-anak sebanyak-banyaknya. Kami beranggapan bahwa motivasi awal kami adalah membagikan hadiah dan berpartisipasi dengan blogger favorit. Namun, audiens di platform ini sudah sangat semangat sehingga alat promosi tidak lagi dibutuhkan. Secara sadar dan aktif pengguna merekam video dan menggunakan tagar supaya menjadi yang teratas dan paling popular di Likee.

Ambisi utama tantangan ini adalah untuk meningkatkan penjualan. Untuk meraih target, kami membuat tantangan ini harus menggunakan mainan Screecher. Anak yang mau berpartisipasi harus membeli mainan Screecher terlebih dahulu.

Maka aturan untuk berpartisipasi tantangan dibuat demikian:

* merekam video duet dengan blogger;

* memperlihatkan transformasi Screecher di video;

* menggunakan jingle dan tagar official

Langkah 2. Bloggers

Kita menghadapi fakta bahwa penggemar Likee kebanyakan anak perempuan. Untuk menarik perhatian anak laki-laki, kami memilih blogger pria karismatik. Kami focus pada aktivitas audiens, komentar dari anak laki-laki, dan konten yang menarik untuk mereka.

Kami mengundang salah satu blogger ke kantor untuk membuat video script yang akan dikirim ke blogger lain sebagai contoh.

Selama campaign berjalan, banyak blogger lainnya menyukai dan berpartisipasi dalam tantangan. Hal ini mendorong semakin banyak orang yang berpartisipasi dalam tantangan ini.

Setiap blogger harus memilih salah satu pemenang dari duet video. Namun, karena banyaknya video yang masuk, sehingga Go Mobile menyeleksinya terlebih dahulu dan lalu blogger akan menyeleksinya.

Langkah 3. Memproses hasil

Selama tantangan tagar, kami menerima lebih dari 115.000 video dari partisipan. Namun, ada sangat banyak video yang masuk, sehingga kami menyeleksi sekitar 1305 video yang dapat mewakili hasil kampanye hingga akurasi 97%.

Hal yang diseleksi tim;

* gender;

* usia;

* penggunaan jinggle;

* penggunaan mainan;

* blogger yang dipilih untuk berduet.

Hasil

Dalam waktu 6 hari, video dengan tagar tersebut mengenerasi 11 juta tayangan. Pengguna merekam hingga 115,000 video dengan jingle official dan mendapatkan 317.000 like.

Analisis:

* mainan digunakan di 36% video;

* 25% pengguna memenuhi kriteria tantangan;

* lebih banyak anak perempuan yang berpartisipasi (65%);

* lebih banyak anak laki-laki yang menggunakan mainan (59%).

Kesimpulan

Saat kita melaunching kampanye dengan channel promosi yang baru, kita sadar bahwa diperlukan 200% usaha untuk memenuhi ekspektasi dan hasil yang sesuai dan berkualitas. Dan kita tidak membuat prediksi yang di luar jangkauan karena:

* tidak ada data historis yang cukup;

* tidak ada pengalaman sebelumnya;

* selalu ada celah yang dapat menggagalkan usaha.

Namun, ternyata hasil campaign Screechers Wild jauh melampaui ekspektasi.

Presentase hasil yang di atas ekspektasi:

* Jumlah tayang pengambilalihan merek---102%

* Jumlah klik pengambilan merek---125%

* Jumlah tampilan tantangan tagar---210%

* Jumlah penayangan video blogger---302%

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun