Mohon tunggu...
Gofur Sartika
Gofur Sartika Mohon Tunggu... Editor - Bolehkah saya berbagi cerita?

Lahir, tumbuh, dan berkarya di kaki Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Minggu Pagi Antigalau: Jalan, Yuk!

30 Mei 2021   05:00 Diperbarui: 30 Mei 2021   06:54 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rute fafovit: jelajah dusun tetangga.

Ada suatu masa di mana saya mengalami rasa sedih yang cukup lama. Beban di dalam pikiran terus-menerus mengganggu sehingga saya seringkali mengalami perasaan kurang menyenangkan yang dikenal dengan bahasa keren: galau. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan istilah "galau" sebagai suatu kekacauan pada pikiran. Sebuah kondisi yang membahayakan jika dibiarkan berlarut-larut, bukan?

Saya pun bertekad untuk mengakhiri kegalauan. Hingga suatu hari, saya membaca sebuah artikel bahwa salah satu cara untuk mengobati gejolak dalam hati dan pikiran adalah dengan melakukan olahraga. Hal ini menarik perhatian saya. Sudah sangat kuat keinginan untuk menyudahi kegalauan. Sudah terlalu lelah untuk bertanya, "Mengapa begini?" atau "Kok bisa seperti itu?"

Saya kemudian mencari berbagai referensi jenis olahraga yang sekiranya menarik dan mudah dilakukan. Maklum, saya sudah cukup lama vakum berolahraga. Setelah membaca berbagai referensi, akhirnya saya memilih untuk olahraga jalan kaki. 

Loh, masa sih jalan kaki termasuk olahraga? Bukankah ini aktivitas yang sudah rutin kita lakukan setiap hari? Memang, tidak semua jenis jalan kaki termasuk olahraga. Ada anggapan bahwa jalan kaki merupakan suplemen atau pelengkap olahraga rutin lainnya yang telah kita lakukan seperti joging, yoga, fitnes, dan lainnya. Untuk bisa dikategorikan sebagai olahraga, dianjurkan bahwa minimal kita berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya.

Mengapa akhirnya saya memilih jalan kaki sebagai rutinitas fisik saya? Jenis olahraga ini sangat simpel. Sebagai orang yang sudah lama vakum dari olahraga, saya ingin memulai kembali dengan aktivitas fisik yang ringan. Jalan kaki cukup mudah untuk dilakukan, seperti halnya joging, karena bisa dimulai di sekitar tempat tinggal. 

"Modal" yang diperlukan juga tidak terlalu banyak karena alat utama yang digunakan adalah kaki, dan sebotol air minum sebagai bekal perjalanan. Selain itu, cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika kita rutin olahraga jalan kaki, di antaranya:

Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dapat meningkatkan denyut jantung, sehingga berdampak pada sirkulasi darah di dalam tubuh yang semakin lancar. 

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga dapat berkurang jika kita rutin melakukan olahraga jalan kaki. Hal ini tentunya akan memengaruhi kestabilan tekanan darah  dan kinerja jantung yang mengalirkannya ke seluruh tubuh. Melalui olahraga ini, jantung akan lebih sehat dan kuat. 

Meski demikian, bagi beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit jantung disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Tujuannya adalah mengetahui durasi yang aman bagi jantung dan fisiknya untuk melakukan olahraga jalan kaki. 

Menurunkan Berat Badan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun