Mohon tunggu...
Gita Silvi
Gita Silvi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Menerapkan Self-Love

18 Januari 2022   12:13 Diperbarui: 18 Januari 2022   12:31 146 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Akhir-akhir ini, istilah self-love sedang hangat dibicarakan di media sosial, istilah ini sangat populer sejak kesadaran tentang pentingnya Kesehatan mental dan menjadi topik yang sekarang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Tetapi, apa pentingnya self-love itu sendiri dan bagaimana cara menerapkannya?

Self-love adalah mencintai diri sendiri, self-love bukan berarti memenuhi diri dengan segala keinginan. Self-love mengharuskan kita untuk memperlakukan dan menerima apa yang ada diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Self-love juga merupakan aspek penting dari Kesehatan metal. Dengan mencintai dan menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri, maka akan mudah dan berfikir positif bagi seseorang untuk mengelola emosi yang muncul termasuk saat sedang kecewa, sedih, marah, karena hal tersebut merupakan bentuk dari penerimaan diri.

Menurut Deborah Khoshaba Psy.D, self-love adalah suatau apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis, yang tumbuh dari Tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dn spiritual Tindakan yang membuat kita dewasa. (Psydhology Today, 2012). Dengan cara jujur dengan diri sendiri mengenai kekurangan kita serta kekuatan yan kita miliki juga menjadi diri sendiri. Sama saja halnya dengan kita mencintai oran lain hanya saja ini dengan diri sendiri.

Kenapa Self-Love Sangat Penting?

Self-love yaitu sebuah pondasi yang memungkinkan seseorang bsrsikap tegas, bangga terhadap apa yang dicapai, mengejar mimpi, dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Maka dari itu, penting buat setiap orang untuk mampu mengelola self-love dengan baik. Mencintai diri sendiri tidak hanya akan memberikan ketenangan dalam hidup, tetapi juga memiliki manfaat sangat baik bagi Kesehatan fisik maupun mental, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Hidup Sehat

Saat kita mencintai diri sendiri, tentunya ingin melakukan dan memberikan yang terbaik, termasuk dengan menjaga Kesehatan tubuh. Bisa dikatakan, kita akan lebih termotivasi menerapkan polahidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, dan sebagainya.

2. Mengurangi Resiko Gangguan Mental

Individu yang tidak dapat menerima diri sendiri yang apa adanya sangat rentan terserang stres. Jika dibiarkan terus meberus, maka akan mengganggu kondisi psikologis, mulai dari gangguan kecemasan, tidak Bahagia, bahakan gangguan makan.

3. Kepuasan Hidup

Ketika self-love diterapkan, maka kita akan dapat menerima diri sendiri sepenuhnya, termasuk kondisi yang sedang dialami, baik suka ataupun duka, dan dapat bertanggung jawab terhadap semua Tindakan. Maka hal ini akan memberikan kepuasan dalam hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan