Mohon tunggu...
Gilang Setiawan
Gilang Setiawan Mohon Tunggu... Aku Elang

Elang Tidak Pernah Takut Terbang

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Situ Cileunca, The Cool Water Of Pangalengan

24 Juni 2020   18:58 Diperbarui: 24 Juni 2020   18:52 24 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Situ Cileunca, The Cool Water Of Pangalengan
Sumber gambar: Instagram @s.annwar


Pandemi memaksa kita untuk berdiam diri dirumah, tentu hal ini menjadi tidak biasa bagi kita yang hobi berwisata mengunjungi surga-surga ciptaan sang maha kuasa. Namun apalah daya demi keselamtan bersama maka berdiam diri di rumah menjadi pilihan terbaik. Untuk tetap bisa menikmati surga-surga ciptaan sang maha kuasa kita bisa menggantikannya dengan membaca artikel-artikel wisata yang rasanya tak kalah indah kita rasakan meskipun hanya digambarkan melalui tulisan dan bayangan.

Bandung, kota di Jawa Barat yang menyimpan berbagai surga-surga cantik. Kota yang satu ini menawarkan berbaga macam objek wisata yang instagrammable, mulai dari wisata kuliner, belanja, sejarah, hingga wisata surga alami berbagai pemandangan indah.

Berada di bagian tengah Jawa Barat, Bandung dikelilingi oleh pegunungan sehingga berbentuk sebuah cekungan, yang kemudian membuat Bandung berhawa sejuk khas pegunungan. Tak salah jika seorang budayawan asal Belanda pernah bilang, kalau Pasundan lahir saat Tuhan tersenyum, budayawan ini melontarkan kalimatnya karena melihat betapa indah dan sejuknya kota yang mendapat julukan Paris Van Java ini.

Untuk menuju Bandung sangatlah mudah banyak mode transfortasi yang bisa mengantarkan kita kesini, mulai dari pesawat bagi turis yang berasal dari luar pulau, atau kita bisa menggunakan kereta, bus, bahkan untuk kita yang berada di pulau Jawa kendaran pribadi mungkin akan menjadi pilihan, untuk berwisata ke wilayah Bandung.

Salah satu wisata yang kian ramai dibicarakan para netizen adalah wisata yang terletak di daerah Bandung selatan, tepatnya di Kecamatan Pangalengan, sebuah kecamatan berhawa dingin yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Garut bagian selatan. Pangalengan menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi kita yang suka dengan wisata gunung, hawa-hawa dingin, perkebunan, pertanian, dan peternakan. Pangalengan adalah surganya, di sini kita bisa menemukan hamparan hijau perkebunan teh, atau hamparan hijau perkebunan sayur milik warga.

Selain itu, Pangalengan juga menyimpan objek wisata danau buatan yang eksotis, sangat cocok untuk berfoto yang sifatnya Instagrammable. Tempat wisata ini bernama situ Cileunca, sebuah danau buatan peninggalan Belanda yang menjadi sumber pengairan bagi masyarakat Pangalengan dan sekitarnya. Danau ini terhampar membentang di bagian selatan Pangalengan, dengan air berwarna biru cerah, yang nampak cantik turut menghiasi ditengah hijaunya daratan Pangalengan.

Objek wisata situ Cileunca lebih nampak cantik ketika di pagi hari menjelang matahari terbit, uapan air yang nampak mengembang menambah suasana dinginnya pagi hari di Pangalengan, sehingga kemudian tak jarang banyak orang yang menjuluki danau ini sebagai the cool water of Pangalengan, karena benar-benar dinginnya air di danau ini. Dinginnya air danau Cileunca tak jarang terasa seperti es batu yang baru di cairkan yang kemudian bisa membuat hamparan uap tebal yang nampak seperti uap diatas es beku.

Selain upaan air, di pagi hari kamu bisa menikmati hamparan cahaya emas diatas birunya air Cileunca sebagai efek dari pantulan sunrise point dibalik sela-sela bukit yang mengelilingi danau Cileunca sehingga membuat kita seperti berada di alam mimpi. Keindahan-keindahan inilah yang kemudian sangat cocok untuk diabadikan untuk konten-konten yang sudah standar instagrammable.

Sumber gambar: Instagram @bandungevents
Sumber gambar: Instagram @bandungevents

Cileunca menyediakan tempat berkemah bernama Cileunaca Likeside Camping Ground, yang kemudian bisa menjadi tempat kita untuk berwisata lebih lama menikmati surganya danau Cileunca. Untuk tempat makan kita tidak perlu khawatir karena disekitar danau Cileunca tersedia berbagai macam kafe yang bisa kita kunjungi saat perut lapar, banyak kafe yang menyediakan makanan hangat yang bisa menghangatkan perut kita ditengah suasana dinginnya danau Cileunca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN