Mohon tunggu...
Gilang Aji Saputra
Gilang Aji Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa KKN TEMATIK UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Video Pembelajaran sebagai Penguatan Pembelajaran Daring di UPTD SDN 3 Anjatan

1 Agustus 2021   23:30 Diperbarui: 1 Agustus 2021   23:39 70 1 0 Mohon Tunggu...

Hadirnya pandemi Covid-19 membuat hampir seluruh aspek kehidupan berubah. Seperti pendidikan, sosial, ekonomi, dan lain-lain. Dampak adanya pandemi Covid-19 ini membuat pemerintah mengambil tindakan cepat guna menanggulangi adanya Covid-19 ini. 

Mulai dari membuat surat keputusan pembelajaran jarak jauh, PSBB, PPKM darurat, sampai PPKM level 4. Tentu bukan hal mudah bagi seluruh masyarakat yang terdampak untuk melaksanakan kegiatan yang tidak biasa mereka lakukan. 

Namun, semuanya turut serta berpartisipasi demi menghadapi pandemi ini. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia yang membuka kegiatan KKN secara daring yang bertema “Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19”, Tema ini diambil menyesuaikan dengan kondisi saat ini. 

Hal ini merupakan bentuk partisipasi UPI dalam upaya pencegahan dan penanggulan Covid-19 yaitu dengan KKN Tematik berbasis daring. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa UPI yang mengontrak mata kuliah KKN dengan mengikuti buku pedoman KKN yang telah dibuat oleh pihak LPPM. 

Program dan kegiatan KKN Tematik ini didasarkan pada pemenuhan kebutuhan di lapangan pada saat pandemi dengan tetap mengutamakan konteks edukasinya.

Kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan di domisili masing-masing mahasiswa. Salah satu mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN Tematik ini ialah Gilang Aji Saputra yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin 2018. 

Gilang Aji Saputra melaksanakan kegiatan KKN Tematik di bidang pendidikan yaitu di UPTD SDN 3 Anjatan, dengan program penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan, membantu administrasi sekolah secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan, membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke youtube KKN UPI, membuat artikel untuk berita. 

Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial, menyusun dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Desa/Sekolah dengan LPPM UPI sesuai dengan template dan ketentuan yang ada pada pedoman, dan membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil program unggulan Kuliah Kerja Nyata Tematik, Kuliah Kerja Nyata Tematik melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM) dalam bentuk Book Chapter Pengabdian Kepada Masyarakat. Program yang dilaksanakan mengacu pada buku panduan dari pihak LPPM.

Adapun Sasaran Program Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x