Mohon tunggu...
UGAII PIHAUTOO
UGAII PIHAUTOO Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Salah satu hobi saya antara dari beberapa hobi ialah Membaca dan menulis serta berdiskusi dengan teman - teman dan orang sekitar diamana saya tinggal,dan berjumpa.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Terinspirasi oleh Guru

25 Desember 2023   10:26 Diperbarui: 25 Desember 2023   18:01 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar dari media. 


Masa lalu adalah kenangan terbaik yang membawamu dalam kemenangan."

Seorang pria tua bertemu dengan seorang pria muda yang bertanya kepadanya: "Apakah anda mengingat saya?"
Dan lelaki tua itu berkata ..
"Tentu tidak.pemuda

Kemudian pemuda itu mengatakan kepadanya bahwa dia adalah muridnya dulu.

Apa pekerjaanmu saat ini?"

Pria muda itu menjawab: "Saya seorang guru"

"Bagus. Seperti saya?",.

"Sebenarnya, saya menjadi seorang guru karena anda mengilhami saya untuk menjadi seperti anda".

OOO ya...

Apa yang menginspirasi-mu untuk menjadi seorang guru?

"Pas suatu hari,teman saya, yang juga seorang siswa, ke sekolah dengan membawa sebuah arloji yang baru dan indah. Saya ingin memilikinya. Lalu saya memutuskan untuk mencurinya.

"Pada jam istirahat, dia lupa dan meninggalkan arloji itu di atas meja waktu ke kamar mandi. Saya pun mengambilnya. Setelah itu, teman saya sadar kalau arloji nya itu hilang dicuri seseorang. Dia pun mengadukan pencurian itu kepada guru kami. Dan guru itu adalah anda.

Jadi, anda berbicara kepada kami di dalam kelas.

"Arloji teman kalian dicuri oleh salah satu diantara kalian di dalam kelas ini. Jadi siapa pun yang mencurinya, tolong kembalikan!".

Saya tidak mau mengembalikannya karena malu dan takut dikeluarkan dari sekolah. Kemudian, anda menutup pintu dan menyuruh kami semua berdiri. Lalu anda mulai memeriksa saku dan tas sekolah kami satu per satu untuk mencari arloji itu. Tapi, anda menyuruh kami untuk menutup mata, karena anda hanya akan mencarinya jika semua siswa memiliki mata yang tertutup.

"Jadi, kami melakukannya dan anda mulai memeriksa dari saku ke saku .

Ketika tangan anda sampai di saku celana saya, anda menemukan arloji itu dan mengambilnya. Tetapi anda terus mencari di saku semua siswa yang ada di dalam ruangan itu dan ketika selesai, anda berkata:

"Bukalah mata kalian karena saya sudah menemukan arlojinya".

Sekalipun seekor Harimau jangan menamparnya di waja "Artinya Sejahat apapun dia jangan memalukanya di depan publik/umum.

"Anda tidak mengatakan apa-apa pada saya dan juga tidak pernah mengatakan siapa pelaku yang sudah mencuri arloji itu. Hari itu, anda menyelamatkan martabat saya. Itu adalah hari yang paling memalukan dalam hidup saya.

Tapi itu juga hari dimana harga diriku diselamatkan dan disadarkan untuk tidak menjadi pencuri, atau orang jahat. Anda tidak pernah mengatakan apapun kepada saya dan anda juga tidak memarahi saya atau tertarik untuk memberi saya pelajaran moral. Dan saya berterima kasih kepada anda. Saya mengerti bahwa inilah yang harus dilakukan oleh seorang pendidik sejati.

"Apakah anda masi ingat kejadian itu?"

Dan si guru, pria tua itu menjawab:

"Saya ingat situasinya, arloji salah satu murid saya dicuri,laku saya mencarinya disetiap saku dan tas anak murid saya, tetapi saya tidak mengingatmu sama sekali karena saya punya murid setiap tahu selalu saja berjumpa dan berpisa sama mereka.

"Beberapa pelajaran terbaik yang pernah kita pelajari berasal dari kesalahan dan kegagalan kita. Kesalahan masa lalu adalah kebijaksanaan dan kesuksesan masa depan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun