Mohon tunggu...
Gemi Pujiati
Gemi Pujiati Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya seorang guru di SMPN 1 Bangsal Kbupaten Mojokerto Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

5 Tips Sederhana untuk Mengatasi Stres di Tempat Kerja

17 November 2023   20:29 Diperbarui: 17 November 2023   21:10 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar freepix

Stres di tempat kerja bisa sangat mengganggu dan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengatasi stres dengan cara yang tepat. Berikut adalah 5 tips sederhana yang bisa membantu Anda mengatasi stres di tempat kerja:

1. Lakukan Peregangan dan Olahraga Ringan

Peregangan dan olahraga ringan bisa membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda bisa melakukan peregangan dan olahraga ringan di tempat kerja, seperti berjalan-jalan di sekitar kantor atau melakukan gerakan peregangan sederhana di kursi Anda. Hal ini bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi.

2. Atur Waktu dengan Baik

Atur waktu Anda dengan baik untuk menghindari stres yang berlebihan. Buatlah daftar tugas yang harus dilakukan dan prioritaskan tugas-tugas yang paling penting. Jangan biarkan pekerjaan menumpuk dan jangan terlalu banyak menunda-nunda pekerjaan. Dengan mengatur waktu dengan baik, Anda bisa mengurangi stres dan meningkatkan efisiensi kerja.

3. Lakukan Kegiatan yang Menenangkan

Lakukan kegiatan yang menenangkan seperti meditasi atau yoga. Kegiatan ini bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Anda bisa melakukan kegiatan ini di tempat kerja atau di rumah setelah bekerja. Hal ini bisa membantu Anda merasa lebih rileks dan tenang.

4. Berbicara dengan Teman atau Rekan Kerja

Bicaralah dengan teman atau rekan kerja Anda tentang masalah yang Anda hadapi. Mereka mungkin bisa memberikan saran atau dukungan yang Anda butuhkan. Berbicara dengan orang lain juga bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

5. Istirahat yang Cukup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun