Gaya Hidup

Dampak Perkembangan Teknologi bagi Msyarakat

9 Desember 2016   02:05 Diperbarui: 9 Desember 2016   02:17 1737 0 0

Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Masyarakat

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi yang ada. Teknologi mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan tingkat kecanggihannya pun semakin tinggi. Tidak heran mengapa saat ini sangat banyak teknologi-teknologi yang canggih bermunculan. Teknologi sering dikaitkan dengan internet. Internet merupakan bagian dari teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi diciptakan bertujuan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, baik pada saat manusia bekerja, berkomunikasi, bahkan untuk mengatasi berbagai permasalahan dan persoalan yang ada di masyarakat. Teknologi tidak hanya membantu dan mempermudah manusia dalam melakukan sesuatu tetapi juga menawarkan cara-cara baru dalam melakukan hal-hal tersebut, sehingga dapat mempengaruhi budaya yang telah ada di masyarakat. Teknologi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia tetapi tidak jarang teknologi pun memberikan dampak negatif khususnya terhadap kehidupan sosialisasi di masyarakat.

Perkembangan teknologi saat ini telah mempengaruhi perilaku sosial seseorang. Masyarakat telah sangat bergantung pada teknologi. Perkembangan teknologi tersebut salah satunya adalah teknologi komunikasi yang semakin canggih membuat seseorang tidak harus bertemu secara langsung untuk berbicara sebentar atau memberitahukan sesuatu dengan cepat. Lebih mudah untuk menghubungi atau berkomunikasi dengan keluarga, teman, kerabat, ataupun orang lain. Perkembangan teknologi komunikasi ini memang sangat membantu, namun di sisi lain perkembangan teknologi ini juga dapat merugikan.

Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi yang ada, semakin banyak pula dampak yang diakibatkan dari perkembangan teknologi tersebut. Perkembangan teknologi tersebut menghasilkan berbagai macam hal yang kita gunakan saat ini seperti gadget, smartphone, bahkan aplikasi-aplikasi yang telah banyak digunakan saat ini. Perkembangan teknologi tersebut ada yang berdampak positif namun ada pula yang berdampak negatif.

Dampak positif dari perkembangan teknologi tersebut adalah dengan adanya smartphone dan gadget. Kita dapat dengan mudah bekomunikasi dengan keluarga, kerabat, teman, dan orang lain hanya dengan melalui smartphone dan gadget. Kita juga dapat dengan lebih mudah mengakses internet, sehingga pengguna internet pun semakin bertambah. Menurut data terbaru dari We Are Social, pengguna internet aktif di seluruh dunia kini mencapai angka 3,7 miliar. Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet bertumbuh hingga 7,6 persen. Pertumbuhan pengguna internet ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan pengguna media sosial dan smartphone. Menurut laporan yang sama, pengguna media sosial aktif kini mencapai 2,2 miliar, sedangkan pengguna smartphone mencapai 3,7 miliar. Hal yang menarik adalah pertumbuhan yang paling signifikan ditunjukkan oleh pengguna yang mengakses media sosial melalui smartphone. Berbicara mengenai sosial media sekarang ini, bukanlah sesuatu yang asing lagi dikalangan masyarakat. Pengguna sosial media pun dari berbagai kalangan dan usia, mulai dari pelajar sekolah hingga orang dewasa. Sosial media yang saat ini sangat banyak penggunanya, seperti Twitter, Line, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain-lain pada umumnya digunakan sebagai media komunikasi. Namun, saat ini sosial media tidak digunakan sebagai media komunikasi saja tetapi digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis atau yang dikenal dengan bisnis online. Sebagai media komunikasi, sosial media berperan sebagai media penyebaran informasi, memudahkan dan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia sehingga dapat memperluas jaringan pertemanan, dapat pula mempertemukan kembali kerabat atau keluarga yang sudah lama tidak bertemu melalui dunia maya dan lain sebagainya. Dampak positif lain dari perkembangan teknologi antara lain memudahkan kita dalam melakukan dan mengerjakan tugas atau pekerjaan sehingga dapat mengefesiensi waktu dan tenaga yang kita miliki untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan kita.

Selain memiliki banyak dampak positif, perkembangan teknologi juga memiliki dampak negatif. Dampak negatif dari perkembangan teknologi antara lain dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari dimana setiap hari kita tidak akan terlepas dari gadget dan smartphone yang selalu kita gunakan hampir setiap saat, sehingga kita cenderung tidak peduli dengan apa yang ada di sekitar kita. Bahkan saat ini banyak orang tua yang lebih fokus dan mementingkan gadget dan smartphone dibandingkan anak mereka sendiri sehingga komunikasi dalam keluarga tersebut menjadi terhambat. Selain itu, pengguna gadget dan smartphone pun memiliki dampak bagi kesehatan akibat dari radiasi yang ditimbulkan dari gadget dan smartphone dimana dapat menimbulkan penyakit seperti kanker. Pengguna sosial media pun memiliki dampak negatif dimana kita lebih sulit untuk bersosialisasi dengan orang sekitar karena lebih sering menggunakan sosial media untuk berkomunikasi, lebih mementingkan diri sendiri dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar, terhambatnya tugas atau pekerjaan karena lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain sosial media, penipuan dalam bisnis online, kejahatan dunia maya dan dampak negatif lainnya.

Teknologi terus menerus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Perkembangan teknologi menjadikan teknologi semakin canggih. Perkembangan teknologi masing-masing memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari perkembangan teknologi ini sangat membantu dan memudahkan kehidupan manusia namun di sisi lain dampak negatif yang ditimbulkan dapat sangat merugikan. Tetapi dampak negatif tersebut dapat diatasi dengan menggunakan berbagai macam bentuk perkembangan teknologi yang ada dengan sebaik-baiknya.