Mohon tunggu...
Gedis Isnarizanah
Gedis Isnarizanah Mohon Tunggu... Lainnya - Blog Pribadi

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak dan Solusi dari Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan

29 Juli 2021   20:31 Diperbarui: 29 Juli 2021   20:57 41 1 0 Mohon Tunggu...

Tidak terasa sudah hampir 2 tahun covid-19 ada di Indonesia, diumumkan pertama kali dua kasus pasien positif pada 2 Maret 2020. Wabah ini menyerang hampir di seluruh belahan dunia salah satunya negara kita, Indonesia. Banyak sekali dampak yang diberikan dengan datangnya virus ini, dari mulai Kesehatan, ekonomi, bahkan Pendidikan, dan masih banyak lagi.

Dalam dunia Pendidikan covid-19 memberikan dampak yang sangat banyak, dari mulai ditutupnya sekolah mengakibatkan proses belajar anak terganggu, yang mengakibatkan anak harus belajar dirumah menggunakan program pembelajaran daring (dalam jaringan), sampai saat ini pembelajaran daring merupakan media utama bagi para pelajar, kesulitan tentu dialami oleh beberapa pihak, dari mulai guru, siswa, hingga orang tua.

Banyak siswa yang mengeluh bosan belajar dirumah, ingin belajar seperti biasa, bahkan hal ini dibuat konten oleh siswa-siswa dan menjadi tren di sosial media, menayangkan moment-moment yang terekam dulu Ketika belum ada pandemi, asyik sekali rasanya mengenang moment indah disekolah. Di balik siswa yang rindu ada juga orang tua yang pilu, harus membagi waktu kerja dan mendampingi anak belajar dirumah, belum lagi keluhan mengenai pemborosan kuota karena belajar dirumah.

Bukan hanya siswa orang tua pun banyak mengeluh dengan proses pembelajaran daring yang dilaksanakan dirumah, beberapa orang tua berkata, anak-anak sulit memahami pembelajaran karena susah bertanya langsung Ketika belajar dengan jarak jauh ini. Tak hanya siswa dan orang tua yang terdampak, guru-guru pun terkena dampak seperti banyak guru yang wawasan IT-Nya kurang alhasil guru belajar dari Nol, dengan mengikuti webinar-webinar bagaimana cara proses pembelajaran daring ini akan diberikan kepada siswa.

Dari beberapa dampak yang ada tentu saja bukan menjadi alasan bagi dunia Pendidikan untuk tidak melakukan pembelajaran, karena pendidikan merupakan fondasi dasar untuk para siswa, dimana nantinya siswa merupakan generasi muda penerus bangsa yang nantinya akan menjadi garda terdepan untuk negara Indonesia, selain itu pendidikan juga sangat berperan penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Dari dampak-dampak yang muncul akhirnya munculah solusi-solusi yang mampu memecahkan masalah yang ada, seperti aplikasi pembelajaran contohnya: zoom meeting, google form, google drive, google classroom, kahoot, google meeting, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara menggunakannya mari kita kupas beberapa media ajar:

1. google form

Google form ini memiliki banyak fitur-fitur untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajara jarak jauh (Daring), seperti pembuatan Absensi Kelas, pemberian Materi, pemberian Kuis dan soal harian, bahkan ulangan sekalipun google form dapat membantu dengan baik, bagaiman cara membuatnya:

          1. Bukalah google Drife kalian maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

  • Klik new
  • Klik Google Formulir

      2. Buka google Formulir lalu akan muncul tampilan

Setelah muncul guru dapat mengisi sesuai kebutuhan yang dibutuhkan, fitur fitur yang dibutuhkan sudah terdapat di kotak fitur yang berada di kanan gambar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x