Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Data BPJS Kesehatan Bocor, Tindakan Johnny G Plate Bukan seperti Mantan

26 Mei 2021   11:43 Diperbarui: 26 Mei 2021   12:11 324 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Data BPJS Kesehatan Bocor, Tindakan Johnny G Plate Bukan seperti Mantan
Ilustrasi (Sumber: Avepoint.com)

"Data BPJS Kesehatan bocor". Netijen pun sontak membincangkannya hingga memviral. Tentu saja, warganet memandang informasi tersebut dengan kacamata negatif. Tidak cukup sampai di situ, tindakan Kemkominfo yang dipimpin Johnny G Plate pun mengundang cemooh netijen.

Kabar tentang kebocoran data 279 juta peserta BPJS Kesehatan ini mencuat pada 20 Mei 2021. Data BPJS Kesehatan yang bocor tersebut mencakup nomor induk kependudukan, kartu tanda penduduk, nomor telepon, email, nama, alamat, hingga gaji terungkap telah  diperjualbelikan lewat situs raidforums.com yang dikelola oleh akun reseller bernama Kotz.

Pada hari itu juga, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengumumkan telah memblokir Raid Forum dan akun pengelolanya. Gegara tindakan Kemkominfo yang menurut netijen hanya bisa main blokir inilah, Menkominfo Johnny G Plate dianggap sekelas "mantan".

Menkominfo Johnny G Plate bukan "Mantan"

Menurut Who.is, domain raidforums.com didaftarkan pada 19 Naret 2015. Situs forum marketplace dan berbagi ini baru di-update pada 5 Februari 2021 dan kadaluarsa pada 4 Maret 2019.

Dalam keterangannya raidforums.com mengatakan, "raidforums is a database sharing and marketplace forum. we have exclusive database breaches and leaks plus an active marketplace." Dari keterangan tersebut, bisa dikatakan bila situs pembocor data BPJS Kesehatan ini mirip dengan Wikileaks.org yang membocorkan sejumlah transaksi informasi rahasia. 

Dari similarweb.com diketahui bila pada 21 April 2021 raidforums.com dikunjungi sebanyak 1.4 juta visitor. Sebuah jumlah kunjungan yang terbilang tinggi. Dari sililarweb.com juga diketahui ada sejumlah situs serupa raidforums.com. Di antaranya, cracking.to, nulled.to, eleaks.to, dan cracking.org. 

Foto Layar trafik raidforums.com (Sumber: Dok. Pri)
Foto Layar trafik raidforums.com (Sumber: Dok. Pri)

Dibandingkan situs-situ sejenisnya, trafik raidforums bukan situs kaleng-kaleng.. Situs penjual bocoran data BPJS Kesehatan ini memiliki trafik jauh di atas rata-rata trafik situs sejenisnya. Tetapi, apapun itu, mengingat jumlah visitornya yang hingga mencapai jutaan per hari, maka tindakan pemblokiran oleh Kemkominfo sangatlah tepat.

Foto layar perbandingan trafik raidforums.com (Sumber Dok.Pri)
Foto layar perbandingan trafik raidforums.com (Sumber Dok.Pri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN