Mohon tunggu...
Galuh Ade Saputri
Galuh Ade Saputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student of English Education Department '18

Semoga Bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggali Potensi "Usaha" di Tengah Pandemi Covid-19 Desa Sanggrahan

20 September 2021   22:28 Diperbarui: 21 September 2021   06:20 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lokasi pelaksanaan KKN mandiri/Dokpri

Assalamualaikum, Nihao.. Privyet.. apa kabar semuanya?? Saya harap semua dalam keadaan sehat yaa. Masa pandemi seperti sekarang ini memang mengharuskan kita untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan kita dengan baik. 

Nah.. sebelum saya bercerita tentang kegiatan KKN yang saya lakukan, perkenalkan nama saya Galuh Ade Saputri, saya tinggal di Sukoharjo. Saya adalah salah satu mahasiswa semester 7, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Raden Mas Said Surakarta. 

Dan sekarang saya sedang mengikuti program KKN-Transformatif yang diadakan oleh kampus. Tunggu..!! KKN-Transformatif..?? yaa, program KKN kali ini memang sedikit berbeda dengan KKN pada umumnya. Baik.. akan saya jelaskan dimana letak perbedaannya.

Program KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Dalam kegiatan ini, mahasiswa akan secara langsung melakukan aksi partisipatif dalam masyarakat, seperti mengidentifikasi masalah serta menyelesaikan masalah yang ada dalam wilayah tersebut. 

Begitu juga diharapkan dengan adanya program KKN ini akan membawa perubahan yang lebih baik dalam wilayah tersebut. Umumnya kegiatan ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa dalam satu wilayah tertentu. Namun kegiatan KKN kali ini dilakukan secara mandiri di lingkungan tempat tinggal masing-masing mahasiswa. 

Program KKN kali ini bernama KKN-T Kerso Darma (Kerja Sosial Daring dari Rumah). Kegiatan KKN-T Kerso Darma 2021 berlangsung pada tanggal 29 Juni-30 Juli 2021 dengan mengusung tema "Penguatan Ketahanan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama). 

Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bapak Akhmad Anwar Dani, S.Sos.I., M.Sos.I, saya melakukan kegiatan KKN di wilayah tempat tinggal saya. Tepatnya di Dusun Dukuh Rt 02/03, Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. 

Berdasarkan tema KKN tersebut, saya menetukan 4 bidang kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan KKN mandiri ini. Diantaranya adalah bidang Pendidikan, Kesehatan, Keagamaan, serta Ekonomi. 

Kegiatan di masing-masing bidang ini merupakan salah satu "usaha" yang saya lakukan dalam rangka ikut berkontribusi dan berpartisipasi secara langsung dalam penguatan ketahanan di lingkungan masyarakat.

Berikut saya jelaskan "usaha" seperti apa yang saya lakukan di masing-masing bidang:
1. Pendidikan
Pada bidang pendidikan tentunya masa pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak yang luar biasa pada sistem pendidikan di Indonesia. 

Sama halnya yang dirasakan oleh anak anak sekolah di desa Sanggrahan. Pelaksanaan kegiatan belajar berbasis daring mengharuskan anak-anak di desa Sanggrahan untuk bisa belajar lebih mandiri. Dan mereka juga harus mencari kenyamanan ketika belajar dirumah dalam situasi seperti ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun