Mohon tunggu...
niti negoro57
niti negoro57 Mohon Tunggu... Wiraswasta - Guru Ndeso

Seneng ngulik sesuatu yang asing

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Mengembangkan Potensi Pariwisata di Desa yang Memiliki Potensi yang Memadai

22 April 2024   16:33 Diperbarui: 22 April 2024   16:35 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Destinasi Wisata DI Desa (Sumber : masterplandesa.com)

Pariwisata di Indonesia tak melulu seputar pantai-pantai eksotis atau kota-kota besar yang ramai. Di balik keindahan alam dan kemegahan perkotaan, terdapat desa-desa yang memiliki potensi pariwisata yang belum tergali sepenuhnya. Desa-desa ini, dengan segala keunikan dan daya tariknya, menawarkan pengalaman yang autentik bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi sisi Indonesia yang lebih dalam. 

Baca juga : Liburan keluarga murah meriah

Di balik hiruk pikuk kota dan gemerlapnya destinasi wisata populer, terdapat sebuah dunia yang masih belum terjamah sepenuhnya: desa-desa Indonesia yang kaya akan budaya, alam, dan tradisi. Desa-desa ini, dengan segala potensi pariwisata yang terpendam, merupakan sumber kekayaan yang belum tersentuh sepenuhnya. Dalam artikel ini, saya berusaha akan membahas betapa pentingnya menggali harta tersembunyi ini melalui pengembangan potensi pariwisata di desa-desa yang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa.

Baca juga : Menerjang lupa dan sepenggal cerita di Hari Kartini

Mengapa Desa Layak Dikembangkan sebagai Destinasi Pariwisata


Desa-desa yang memiliki potensi pariwisata seringkali menyimpan kekayaan alam, budaya, dan tradisi yang khas. Mereka mungkin memiliki situs sejarah yang menarik, pemandangan alam yang memesona, atau kegiatan budaya yang unik. Selain itu, kunjungan ke desa-desa ini juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal, memahami gaya hidup mereka, dan memperdalam pemahaman tentang budaya dan tradisi Indonesia.

Langkah-langkah apa saja untuk Mengembangkan Potensi Pariwisata di Desa?

Untuk mengembangkan potensi pariwisata di desa, langkah-langkah strategis perlu diambil. Pertama, pemetaan potensi desa harus dilakukan dengan seksama, termasuk identifikasi objek wisata, fasilitas yang tersedia, serta kebutuhan infrastruktur dasar. Selanjutnya, pengembangan produk dan paket wisata yang menarik perlu dilakukan, dengan memperhatikan keunikan dan kebutuhan pasar.

Selain itu, pelatihan dan pendampingan bagi masyarakat lokal dalam bidang layanan dan pengelolaan pariwisata juga sangat penting. Mereka perlu diberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menyambut wisatawan dengan baik, menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, serta mempromosikan budaya lokal dengan bangga.

Manfaat Pengembangan Pariwisata di Desa

Pengembangan pariwisata di desa bukan hanya memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal, tetapi juga memiliki dampak positif dalam hal pelestarian lingkungan dan budaya. Dengan adanya pendapatan tambahan dari sektor pariwisata, masyarakat desa dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan mengurangi tingkat migrasi ke perkotaan. Selain itu, kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan melestarikan budaya lokal juga semakin meningkat.

Tantangan dan Upaya Mengatasinya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun