Mohon tunggu...
Fatimah Arum Utari
Fatimah Arum Utari Mohon Tunggu...

Belajar. Menerima kritik dan saran.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Perjuangan Astronot Bertahan Hidup di Luar Angkasa

9 Oktober 2016   21:41 Diperbarui: 9 Oktober 2016   21:56 0 2 0 Mohon Tunggu...
Perjuangan Astronot Bertahan Hidup di Luar Angkasa
Sumber gambar: interviewly.com

Apapun melayang, itu yang kita pikirkan. Adalah Mustahil hidup di sana dengan mudah dan nyaman itu yang kita bayangkan. Jadi bagaimana cara astronot bertahan hidup dan enjoy the life dengan terus melayang berbulan-bulan, itu yang kita pertanyakan. Tidur, makan, mandi, bahkan buang air kecil/besar, gosok gigi, keramas dan sebagainya itu yang akan saya dijelaskan. Mari kita mulai!

  • Bagaimana mereka berjalan?

Tentu saja mereka tidak berjalan tetapi mereka seperti terbang alias melayang-layang. Bayangkanlah film kartun Tinkerbell yang kemanapun terbang dengan sayapnya. Itulah yang saya pikirkan ketika melihat video Space Station Tour di channel Youtube salah seorang astronot.

  • Bagaimana mereka tidur?

Saya tadinya membayangkan apakah mereka tidur dengan berdiri atau rebahan? Tapi ketika rebahan bisa saja kaki mereka terangkat dan kemudian tubuh mereka melayang-layang. Terpikir juga bahwa mereka tidur dengan cara diikat disebuah papan yang menempel  di badan pesawat. Jadi mana yang benar? Setelah saya cari tahu ternyata mereka tidur di ruangan khusus berukuran pas tubuh mereka dan terdapat sleeping bed yang menempel pada dinding pesawat serta beberapa barang didalam ruangan tersebut.

  • Bagaimana cara mereka membersihkan diri?

Mandi, keramas, dan gosok gigi. Bagaimana mereka mandi jika air tidak dapat jatuh ke bawah justru menjadi seperti gel-gel yang berterbangan. Begini, di  space station terdapat kamar mandi berbentuk kantung yang dapat menyedot air agar air tidak berterbangan. Lalu, bagaimana cara mereka mandi? Mereka mandi layaknya di bumi hanya saja yang berbeda, mereka menggunakan  sabun dan shampoo yang tidak menimbulkan busa dan dapat hilang tanpa dibilas air. Sedangkan cara menggosok gigi, para astronot diberikan pasta gigi khusus yang ketika sudah selesai menyikat gigi, pasta gigi itu tidak diludahkan namun ditelan.

  • Bagaimana cara mencuci pakaian?

Para Astronot tidak bisa mencuci pakaian mereka, sehingga mereka membawa baju ganti.

  • Bagaimana cara mereka buang air kecil/besar?

Bagaimana ya saya harus menjelaskan, intinya di space station ada suatu toilet yang merupakan alat canggih dilengkapi dengan alat penyedot kotoran dan kamera yang membantu para astronot untuk duduk pas di lubang toilet selebar 10cm. Toilet canggih ini juga alat yang bisa merubah urine jadi air layak minum.

  • Bagaimana cara mereka masak makanan?

Di space station semua makanan diolah menjadi makanan instan siap dimakan dan aja juga yang dengan dipanaskan. Jadi para astronot memiliki alat seperti microwave untuk memanaskan makanan mereka. Kemudian untuk air minumnya, adalah air hasil purifikasi urine.

  • Bagaimana cara mereka makan dan minum?

Semua makanan dan minuman dibungkus kemasan yang sudah didesain khusus. Kemasan untuk minuman sudah terdapat alat untuk menyedot minuman tersebut. Hanya saja cara makan mereka unik, karena makanan yang terkadang lepas dari sendok akan melayang-layang. Sering kali para astronot iseng dengan sengaja melepaskan makanannya dari sendok dan kemudian menangkapnya dengan mulut (bayangkan saja ikan yang sedang makan di air, seperti itulah kira-kira).

  • Bagaimana cara mereka bekerja?

Mereka bekerja dengan normal seperti layaknya orang dibumi. Mereka mengendalikan alat-alat yang ada di space station. Kalau kalian tanya bagaimana mengendalikannya, sudah pasti saya tidak tahu.

  • Bagaimana jika mereka sakit?

Di Space Station terdapat Tim Kesehatan yang sudah terlatih dalam memberikan pertolongan pertama ataupun pertolongan medis. Di bagian kesehatan ini pula, para astronot menstabilkan kondisi mereka ketika akan kembali ke bumi.

  • Bagaimana cara mereka pulang?

Ketika akan kembali ke bumi para astronot menggunakan kendaraan kapsul dan melewati tidak mudah dan membahayakan keselamatan. Ketika hampis sampai di bumi, parasut yang merupakan bagian dari kapsul mereka terbuka. Setelah sampai di bumi para astronot tidak boleh keluar langsung dari kapsul, mereka diminta untuk  menunggu pertolongan dari tim medis.

Begitulah kira-kira sedikit gambaran bagaimana cara Astronot hidup di luar angkasa yang sangat menarik karena berbeda dengan cara hidup kita di bumi. Apabila penjelasan saya masih kurang jelas dan kurang memberi gambaran, silahkan kunjungi channel youtube yang merupakan sumber tulisan saya. Kalau kalian sudah baca, ada yang langsung ingin jadi asrtonot? Kalau ada, menginspirasi sekali ya berarti tulisan saya ini hihihi.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x