Mohon tunggu...
Fakhrul Rijal
Fakhrul Rijal Mohon Tunggu... -

Jarang pakai sendal, lebih suka nyeker… Jarang tidur, lebih suka begadang… Tidak pernah memberi ucapan Selamat Ulang Tahun.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Abon Kepiting Balikpapan

19 Februari 2010   08:40 Diperbarui: 26 Juni 2015   17:51 1283 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kepiting yang menjadi kekayaan laut Kota Balikpapan - Kalimantan Timur, tidak hanya bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan. Kepiting pun ternyata bisa menjadi Abon yang sedap disantap. Kini, Abon Kepiting sudah termasuk oleh-oleh khas Balikpapan, yang 'wajib' dibeli bagi penggemar makanan.

[caption id="" align="alignleft" width="400" caption="Abon Kepiting "][/caption] Kepiting yang menjadi kekayaan laut Kota Balikpapan - Kalimantan Timur, tidak hanya bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan. Kepiting pun ternyata bisa menjadi Abon yang sedap disantap. Kini, Abon Kepiting sudah termasuk oleh-oleh khas Balikpapan, yang 'wajib' dibeli bagi penggemar makanan. Anda melancong ke Balikpapan dan perlu oleh-oleh untuk kerabat atau teman, kini, bisa memberikan hal yang berbeda. Penganan berbahan baku daging Kepiting ini memang masih baru. Cara membuat Abon Kepiting tidak terlalu sulit. Pertama, Kepiting yang baru ditangkap, direbus hingga masak. Setelah itu, daging Kepiting dipisahkan dari cangkang dan capitnya. Selanjutnya daging Kepiting dihancurkan dan dimasak dengan adonan bumbu-bumbu, di antaranya bawang putih, bawang merah, santan serta rempah-rempah. Lalu daging Kepiting itu digoreng. Abon Kepiting mengandung protein tinggi dengan rasa enak dan gurih, kini pun telah dipasarkan ke sejumlah kota besar di Indonesia. Tidak jarang sejumlah turis asing membeli Abon Kepiting sebagai buah tangan ke untuk diberikan kepada keluarga dinegerinya.

Anda melancong ke Balikpapan dan perlu oleh-oleh untuk kerabat atau teman, kini, bisa memberikan hal yang berbeda. Penganan berbahan baku daging Kepiting ini memang masih baru.

Cara membuat Abon Kepiting tidak terlalu sulit. Pertama, Kepiting yang baru ditangkap, direbus hingga masak. Setelah itu, daging Kepiting dipisahkan dari cangkang dan capitnya. Selanjutnya daging Kepiting dihancurkan dan dimasak dengan adonan bumbu-bumbu, di antaranya bawang putih, bawang merah, santan serta rempah-rempah. Lalu daging Kepiting itu digoreng.

Abon Kepiting mengandung protein tinggi dengan rasa enak dan gurih, kini pun telah dipasarkan ke sejumlah kota besar di Indonesia. Tidak jarang sejumlah turis asing membeli Abon Kepiting sebagai buah tangan ke untuk diberikan kepada keluarga dinegerinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan