Mohon tunggu...
Fredric Chia
Fredric Chia Mohon Tunggu... Editor - Fredric Chia adalah praktisi Feng Shui, pembaca tarot, dan penulis budaya Tionghoa yang tinggal di Kalimantan. Dia melayani konsultasi Feng Shui dan Tarot online untuk orang yang penasaran secara spiritual. Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Fredric telah membantu ratusan wanita dalam mengatasi ketakutan mereka dalam mengikuti impian mereka melalui konsultasi spiritual, berkat, dan layanan curhat.

Halo, saya Fredric! Saya seorang Praktisi Feng Shui, Tarot Reader, dan Chinese Cultural Writer yang saat ini menjelajahi dunia untuk menyebarkan kasih dan kebenaran! Saya menemukan apa yang telah saya lewatkan dalam hidup, apa yang bisa saya lakukan lebih baik, dan saya Senang berbagi rahasia saya dengan Anda.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tanah Perjanjian Barack Obama, Memoar yang Sangat Berkesan tapi Tidak Lengkap (Resensi Buku)

13 Mei 2021   20:10 Diperbarui: 13 Mei 2021   21:58 504
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

A Promised Land merupakan karya memoar dari mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga yang merupakan suami dari Michelle Obama, Buku ini merupakan Lanjutan dari Buku Becoming oleh Michelle Obama (Baca disini Resensi Buku "Becoming", Pelajaran Michelle Obama Tetap Dalam Naskahnya). Namun, setelah menyelesaikan buku itu, saya merasa seperti saya benar-benar merasakan ada hal yang ingin saya bagikan.

Ini adalah volume pertama dari rangkaian dua volume memoar Presiden Obama, jadi menurut saya, saya pikir itu akan menjadi volume pertama akan menjadi istilah satu, volume kedua akan mengikuti istilah dua, tapi sebenarnya bukan itu masalahnya. Buku dari volume pertama ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dari masa kecil Obama dan berakhir sekitar dua tahun setelah masa jabatan presiden pertamanya. Dia juga mengatakan tepatnya di awal buku yang ingin dia berikan konteks untuk semua yang terjadi. Konteks berarti banyak detail, tapi itu menjelaskan mengapa buku ini begitu besar dan banyak halamannya sekiutar 700 halaman lebih atau satu bab (chapter) bisa mencapai 50 halaman lebih.

Bagian pertama dari buku ini berfokus pada tahun-tahun awalnya di mana dia dibesarkan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya di masa kecilnya, dan semacam keputusan yang akhirnya membawanya untuk pengorganisasian komunitas, sekolah hukum, Senat Illinois, Senat AS, dan akhirnya mencalonkan diri untuk menjadi Presiden Amerika Sertikat. Jadi ada sebagian besar buku ini yang memberi Anda banyak informasi latar belakang, yang saya temukan tapi sangat membantu dan menarik.

Michelle dan Barack Obama pada pesta pelantikan pada Januari 2009 | Foto : Gary Hershorn / Reuters / Corbis
Michelle dan Barack Obama pada pesta pelantikan pada Januari 2009 | Foto : Gary Hershorn / Reuters / Corbis
Saya belum membaca buku lain tentang Obama. Jika Anda sudah membaca buku lain tentang obama mungkin buku ini terasa sedikit berulang bagi Anda, dan sebenarnya itu tidak perlu, tetapi saya sangat menghargai semuanya detail dan konteks tambahan yang diberikannya darimana dia berasal dan pola pikirnya. Begitu dia benar-benar terpilih sebagai Presiden, sisa bukunya mencakup banyak hal yang berbeda dengan sangat detail. Dia meliput resesi ekonomi yang hebat, Undang-Undang perawatan terjangkau, perubahan iklim, Libya dan Arab Spring.

Menariknya, memoar ini diakhiri dengan penggerebekan di kompleks tempat tinggal Osama Bin Laden dan menurut saya ini sangat menarik karena sangat intens. Kisahnya hampir seperti film thriller. Meskipun saya tahu apa yang akan terjadi karena saya ingat kapan itu terjadi, itu lebih dari itu bagaikan nuansa novel tradisional. Saya suka karena ini menjadi sebuah ending yang membagongkan. Selain itu, saya sangat suka hal semua detail yang dia berikan di latar belakang dan proses memimpin sampai itu. Semua keputusan yang dibuat, semua orang yang terlibat. Ini bisa dibilang salah satu dari hal paling berkesan yang terjadi selama masa kepresidenannya sehingga untuk mengakhiri buku ini, meskipun itu belum tentu hal yang positif, tapi itu pilihan yang menarik, tetapi saya menyukainya.

Foto : Dok. Fredric Chia
Foto : Dok. Fredric Chia


Hal lain yang saya suka dari buku ini adalah penulisannya. Saya pikir itu sangat mudah didekati dan itu mengalir dengan sangat baik. Obama telah menulis dua buku lain, disebutkan di sini buku yang dia simpan merupakan sebuah jurnal, jadi dia pasti memiliki keterampilan dan kemampuan untuk semacam itu. diuraikan semuanya dan menjelaskan semuanya kepada Anda dan bagikan semua hal kecil yang menyenangkan. Saya juga sangat menyukai anekdot kecil yang dia bagikan tentang kehidupan sehari-hari di Gedung Putih, staf yang bekerja di sana, momen yang lucu, ketika dia termasuk istrinya, Michelle, dan putrinya, Malia dan Sasha, dan semacamnya memberikan pemikiran mereka tentang hal-hal yang berbeda, bagaimana mereka bereaksi terhadap hal-hal sepanjang waktu yang setidaknya dia bahas dalam buku ini.

Pendukung Obama merayakan setelah menyaksikan hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat 2008 di Times Square | Foto : Michael Nagle / Getty Images
Pendukung Obama merayakan setelah menyaksikan hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat 2008 di Times Square | Foto : Michael Nagle / Getty Images
Hal lain yang saya suka adalah dia mengakui kesalahan beserta timnya yang dibuat di jalur kampanye, dan itulah mengapa mereka membuatnya pada saat itu, mengapa mereka membuat keputusan itu dan sebenarnya mengapa itu tidak berhasil dan menganalisisnya dan semacam keluar dari sisi lain mengatakan:

“Kau tahu, inilah yang kami lakukan pada saat itu tetapi jika saya memiliki kesempatan untuk melakukannya lagi, saya mungkin akan melakukannya dengan cara ini”. - Barack Obama

Saya pikir, saya hanya hargai tingkat pemikiran yang mengarah ke sesuatu meskipun itu merupakan jejak kampanye dan dia akhirnya memenangkan kursi kepresidenan jadi itu jelas tidak terlalu penting pada akhirnya, tapi aku masih menghargai kenyataan bahwa dia memikirkannya. Hal favorit saya di sepanjang buku ini adalah deskripsinya tentang interaksi dengan dunia kepemimpinan, kepribadian mereka. Setiap kali dia bertemu dengan pemimpin dunia lain, dia akan menghadiri KTT G20 atau konferensi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun