Mohon tunggu...
Fransisca DindaSilviant
Fransisca DindaSilviant Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UPI - Mahasiswi UPI

KKN Tematik UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengembangan Literasi dengan Media Pembelajaran Guna Menambah Wawasan Anak Bangsa

21 September 2021   09:35 Diperbarui: 21 September 2021   09:39 51 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengembangan Literasi dengan Media Pembelajaran Guna Menambah Wawasan Anak Bangsa
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sumbawa - Pada masa pandemi ini, banyak sekali penanggulangan pencegahan terhadap covid-19 telah dikerahkan oleh pemerintah dan masyarakat. Sama halnya dengan bidang Pendidikan, dimana proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) harus dilakukan secara online.

Kegiatan Belajar yang dilakukan selama kurang lebih 1 tahun yang lalu, kebanyakan sistem online disaat kawasan tersebut mengalami peningkatan covid-19 yang cukup tinggi. Selain belajar online, ada juga belajar dengan sistem on/off dimana dalam satu kelas akan dibagi 2 siswa-siswanya dan akan melakukan belajar secara shift-shift an selama kurang lebih 1 jam. 

Universitas Pendidikan Indonesia mengarahkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kepada mahasiswa secara online kepada instansi Pendidikan mulai dari TK/PAUD, SD/MI dan SMP/MTS dan masyarakat dengan tema "Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka--Pusat Prestasi Nasional. Program-program yang tersedia seperti program wajib yang isinya Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi dan Literasi Sains. Ada juga program pilihannya yakni Literasi Digital, Literasi Finansial serta Literasi Budaya dan Kewargaan.

Maka dari itu, KKN ini dilaksanakan di SDN Karang Dima yang berlokasi di Labuhan Badas, KARANG DIMA, Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dengan kode pos 84351.  Dengan sasaran Guru dan siswa kelas IV A dan IV B. 

Tujuan dari pengembangan literasi ini ialah mahasiswa memanfaatkan media pembelajaran seperti video, presentasi, gambar, hingga poster guna meningkatkan rasa penasaran sehingga menjadi pancingan anak siswa agar lebih rajin membaca dan menulis. Dimana hal tersebut dapat menambah wawasan siswa dalam mengembangkan literasi.

Penulis:
Fransisca Dinda Silviant, Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran  Universitas Pendidikan Indonesia
Dr. Cica Yulia, S.Pd M.Si Dosen Pembimbing Kelompok 1 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan