Mohon tunggu...
Forsaria Prastika
Forsaria Prastika Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Sastra Inggris, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengemas Bentou dengan Bentuk Lucu bersama PKK Harjawinangun, Tegal

9 Februari 2020   16:22 Diperbarui: 9 Februari 2020   16:26 68 0 0 Mohon Tunggu...

Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal -- Minggu (19/01) Mahasiswa TIM I KKN Undip Tahun 2020 memberikan pelatihan pengemasan produk makanan berbentuk bentou pada anggota PKK yang ada di desa Harjawinangun, salah satu desa di Kecamatan Balapulang. Ibu-ibu yang mengikuti pembuatan makanan bentou ini terlihat antusias dalam membentuk berbagai jenis karakter dalam nasi kotak yang telah disediakan.

Di era modern saat ini, bisnis katering yang dilakukan beberapa warga di desa Harjawinangun ini menjadi alternatif pekerjaan yang dapat menjadi sumber pemasukan yang cukup menggiurkan. Di desa Harjawinangun terdapat beberapa ibu-ibu rumah tangga yang memilih bisnis katering sebagai pekerjaan sambilan, dan di kelompok PKK desa terdapat setidaknya 3 orang yang memiliki bisnis usaha katering. 

Salah satu pemilik usaha tersebut adalah Ulfa, pemilik katering cap Harjawinangun. Beliau dengan dibantu adiknya biasa menerima pesanan snack dan makanan saat diadakan berbagai acara yang diselenggarakan di desa Harjawinangun. Menurut beliau, dengan diadakannya pelatihan membuat bentou ini, dapat membuat anak-anaknya senang dengan kemasan makanan yang disajikannya, diharapkan pula dapat diterapkan bila beliau mendapat pesanan makanan besar.

Bisnis katering yang dijalankan di desa Harjawinangun sayangnya masih berupa bisnis rumahan dan jangkauan pesanannya hanya berada di sekitar desa Harjawinangun saja. Bila dikembangkan, maka bisnis ini bisa saja menjadi profesi utama dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar. 

Salah satu penghembangan usaha katering ini adalah dengan pengemasan produk dengan bentuk Bentou yang menarik. Selain menambah keterampilan bagi ibu-ibu rumah tangga setempat, diharapkan beberapa anggota PKK yang memiliki bisnis katering dapat menerapkan pengemasan produk makanannya dalam bentuk bentou.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN