Mohon tunggu...
Fitri Rahmayani
Fitri Rahmayani Mohon Tunggu... UIN-SU

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

New Normal: Solusi Indonesia Untuk Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi?

9 Agustus 2020   22:11 Diperbarui: 15 Agustus 2020   21:32 135 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
New Normal: Solusi Indonesia Untuk Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi?
IDN Times Jabar ( Sumber Gambar )

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini seluruh dunia tengah mengalami masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19. Kesulitan mendapatkan penghasilan karena adanya kebijakan pembatasan sosial, kesulitan untuk bisa berinteraksi secara normal, banyaknya tenaga kerja yang di PHK serta melemahnya perekonomian, sehingga membuat masyarakat benar-benar berada dalam suasana yang semakin mencekam akibat COVID-19. Selain itu, WHO menetapkan Wabah corona menjadi pandemi dengan kebijakan social distancing termasuk Work From Home (WFH) yang membatasi interaksi serta meliburkan berbagai kegiatan produksi dan belajar dan mempengaruhi semua sektor kehidupan ekonomi masyarakat mengalami keterpurukan.

Saat ini pemerintah Indonesia telah menerapkan sistem New Normal yang diharapkan  untuk dapat kembali menjalankan roda perekonomian nasional. Perlu diketahui, bahwa New Normal adalah upaya untuk membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi Covid-19. Sistem New Normal ini diharapkan dapat memperbaiki kondisi ekonomi yang melemah akibat pandemi COVID-19. Dengan adanya New Normal tampaknya menjadi angin segar bagi pulihnya kembali perekonomian Indonesia dan mejadi langkah awal dalam kembali membuka aktivitas seperti keadaan awal sebelum COVID-19 namun tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Selanjutnya, New Normal akan membuka potensi kelangsungan hidup masyarakat ke arah yang lebih baik terkhusus untuk masyarakat golongan menengah ke bawah yang terdampak paling besar akibat pandemi COVID-19.  Sebab, apabila situasi ini terus dibiarkan dan berlanjut, maka bisa menimbulkan kebangkrutan perekonomian nasional serta membahayakan bagi kelangsungan negara.

Pemerintah pusat melalui Kemenkes mengeluarkan; Kepmenkes No. HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan Dan Covid-19 Di Tempat Kerja Perkantoran Dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020 Tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 Di Tempat Kerja Sektor Jasa Dan Perdagangan (Area Publik) Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha hingga Surat Edaran HK.02.01/MENKES/334/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 bagi Aparat yang Melaksanakan Tugas Pengamanan dan Penertiban Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Keluarnya surat edaran tersebut telah membuka jalan bagi perusahaan-perusahaan untuk memulai menerapkan kerja di kantor lagi seperti biasa, sehingga WFH (Work From Home) sudah mulai di tinggalkan. Hal ini tentu diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian kembali. New Normal telah membawa perubahan situasi yang lebih baik dalam kondisi pandemi seperti ini, diantaranya:

  1.  Situasi New Normal juga telah membuka tempat kerja perkantoran, industri, tempat kerja sektor jasa dan perdagangan.

JD.Id ( Sumber Gambar )
JD.Id ( Sumber Gambar )

2.   Transportasi umum juga sudah mulai diterapkan seperti semula dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sehingga masyarakat akan merasa lebih aman.

tirto.id ( Sumber Gambar )
tirto.id ( Sumber Gambar )
Dengan dibukanya aktivitas perkantoran, industri, perdagangan tentu telah mendukung juga untuk masyarakat beraktivitas seperti biasa. Masyarakat juga sudah mulai menggunakan kembali transportasi umum seperti kereta, transjakarta, MRT, LRT, dan lain lainnya. Maka pendapatan negara juga ikut bertambah dengan bertambahnya masyarakat menggunakan transportasi umum, yang mana telah membantu membangkitkan perekonomian secara perlahan-lahan.

Memang pada awal diterapkannya PSBB rakyat kecil yang sering protes karena mereka kesusahaan mencara nafkah dengan diterapkannya PSBB, dan akhirnya pemerintah memberi bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Namun bantuan pemerintah tersebut jika dilihat dari sisi ekonomi sangat memberatkan pengeluaran belanja negara. Perekonomian negara di sisi lain juga tidak bisa terus menerus merosot dan mengalami kelumpuhan. Penerapan New Normal ini lah yang menjadi salah satu solusi negara dalam menghadapi Covid-19 dilansir dari suara.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN