Mohon tunggu...
Fita Khoiroh
Fita Khoiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

lahir di Kabupaten Jombang pada tanggal 17 September 1997. saat ini, saya masih Menempuh kuliah strata 1 di Universitas Trunojoyo Madura, Program studi Ekonomi Pembangunan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kelompok KKN 29 UTM Gelar Lomba Olimpiade Matematika, Tartil, dan Seminar Parenting

21 Juli 2019   20:23 Diperbarui: 22 Juli 2019   12:33 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kelompok KKN 29 UTM Gelar Lomba Olimpiade Matematika, Tartil, dan Seminar Parenting
foto pelaksanaan lomba tartil

Agenda pada hari minggu, tanggal 21 juli 2019, kelompok KKN mengadakan tiga acara sekaligus. Acara tersebut merupakan bagian dari program kerja gabungan dari tiga desa yang ada di kecamatan Modung. Desa yang termasuk diantaranya yaitu, desa Patereman, desa Serabi barat dan desa Karanganyar. Program kerja gabungan diantaranya yaitu, lomba tartil, lomba olimpiade tingkat SD/MI dan seminar parenting untuk para ibu-ibu PKK yang ada di tiga desa kecamatan Modung. Kepanitian dibagi dari setiap kelompok KKN mendelegasikan perwakilan untuk menjadi panitia pada ketiga acara tersebut. Program kerja gabungan ini merupakan program kerja wajib yang diusulkan oleh dosen pembimbing lapangan. Berikut ini uraian kegiatan pelaksanaan program kerja gabungan :

1. Program kegiatan lomba tartil

foto Peserta lomba tartil 
foto Peserta lomba tartil 

foto penyerahan hadiah lomba tartil 
foto penyerahan hadiah lomba tartil 

Kegiatan lomba tartil yang diadakan oleh kelompok KKN UTM dari tiga desa tersebut bertemakan'' Senandung Cinta dengan Ayat-Ayat Suci Al Qur'an''. Lomba tartil  diadakan di kantor kecamatan Modung yang berada di dusun kedundung desa Patereman. Pelaksanaannya dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai. Technical meeting (TM) dimulai pukul 07.00 WIB sedangkan pelaksanaan lomba dimulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan technical meeting(TM) dimulai dengan pengambilan nomor peserta yang akan mengikuti lomba tartil. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 26 orang yang berasal dari sekolah-sekolah( Sekolah Dasar maupun MI) yang ada di tiga desa yakni desa Patereman,desa Serabi Barat,dan desa Karanganyar. Lomba tartil tersebut dinilai oleh tiga juri yang berasal dari anggota KKN UTM yakni gabungan dari kelompok 11,16,dan 29. Penilaian dari lomba tartil diantaranya adalah tajwid,makhrojul huruf,adab,nada atau irama. Kegiatan lomba tartil sangat mendapatkan respon yang sangat baik dan antusias dari masing-masing peserta lomba yang berasal dari tiga desa tersebut, mereka sangat bersemangat untuk mengikuti lomba tartil tersebut. Kegiatan lomba tartil ini memberikan dampak positif bagi perilaku anak-anak, tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahamannya dalam membaca al qur'an. Kegiatan lomba tartil tersebut berlangsung sekitar pukul 11.00 WIB dengan diberikannya juara 1,juara 2,juara 3,juara harapan 1,juara harapan 2,dan juara harapan 3 kepada anak-anak yang mengikuti lomba tartil. Kegiatan lomba tartil tersebut juga dihadiri oleh dosen pembimbing lapang. Juara 1 dan juara 2 adalah SDN Patereman 2, juara harapan 1 adalah SDN Patereman 1, juara harapan 2 dan 3 adalah MI

2. Program kegiatan lomba matematika

foto peserta olimpiade matematika desa patereman 
foto peserta olimpiade matematika desa patereman 

foto proses pengerjaan soal olimpiade matematika 
foto proses pengerjaan soal olimpiade matematika 

foto bersama dengan para pemenang lomba olimpiade dan tartil 
foto bersama dengan para pemenang lomba olimpiade dan tartil 

Lomba matematika diadakan di SDN Patereman 1 yang terletak di Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Lomba matematika dimulai pada pukul 08.00. Peserta yang mengikuti lomba matematika berasal dari sekolah-sekolah baik dari SD/MI yang ada tiga desa yaitu desa Serabi Barat,desa Patereman,dan desa Karanganyar. Jumlah peserta yang mengikuti lomba matematika dari tiga desa adalah sebanyak 30 siswa dimana setiap desa mendelegasikan 10 siswa untuk diikutkan lomba matematika. Lomba matematika tersebut juga didampingi oleh guru-guru yang ada berasal dari SDN Patereman 1 selaku Tuan rumah dalam penyelenggaraan lomba matematika. Lomba matematika tersebut juga diawasi dan didampingi oleh anggota kelompok KKN yang ada di tiga desa sehingga dalam pelaksanaan lomba matematika dapat terlaksana secara kondusif. Kegiatan Lomba matematika itu juga mendapatkan respon yang baik dan semangat dari anak-anak yang mengikuti lomba matematika walaupun mereka bersaing dalam lomba matematika namun mereka juga saling akrab dan menyemangati satu sama lain. Lomba matematika tersebut berlangsung sampai dengan pukul 10.00 WIB dengan diberikannya penghargaan pada siswa yang mendapatkan juara 1,juara 2,juara 3,juara harapan 1,juara harapan 2, dan juara harapan 3. Juara 1 diraih oleh SDN Patereman 2, juara 2 diraih oleh SDN Patereman 2, dan juara 3 diraih oleh SDN Patereman 1, juara harapan 1 diraih oleh MI Miftahul Ulum.

3. Kegiatan Seminar Parenting

foto pelaksanaan seminar parenting 
foto pelaksanaan seminar parenting 

foto para peserta seminar parenting 
foto para peserta seminar parenting 

foto bersama para peserta seminar parenting  
foto bersama para peserta seminar parenting  

Kegiatan seminar parenting diadakan di Kecamatan Modung. Pelaksanaan seminar paerenting dimulai pada pukul 13.00 WIB, peserta pada seminar parenting tersebut diikuti oleh Ibu-ibu PKK,sekretaris desa, anggota KKN UTM yang berasal dari tiga desa. Kegiatan seminar parenting ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dengan  pengarahan baik dan tepat terkait dengan pol;a asuh anak pada masyarakat pesisir. Kegiatan seminar parenting ini mendapat respon yang positif dari masyarakat yang ada di Desa Patereman. Dengan adanya seminar parenting ini mampu memberikan tambahan pengetahuan untuk menerapkan pola asuh yang baik bagi anak sehingga anak dapat berperilaku dan berkembang menjadi anak yang berperilaku sesuai dengan aturan dan tidak menyimpang dari apa yang diajarkan oleh orang tuanya. Kegiatan seminar parenting ini terdapat pemateri yang memberikan materi tentang bagaimana menerapkan pola asuh yang baik bagi anak. pemateri tersebut berasal dari dosen psikologi Universitas Trunojoyo Madura, dengan didampingi dosen pembimbing lapang. Kegiatan seminar parenting tersebut selesai pada pukul 15.00 WIB.

Keseluruhan dari program kerja gabungan yang diadakan oleh tiga kelompok KKN berjalan dengan lancar. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan, dosen pendidikan dan dosen psikologi Universitas Trunojoyo Madura. kesuksesan acara ini tidak lepas dari kerjasama kelompok KKN dan dukungan para peserta lomba serta peserta seminar. Adanya lomba olimpiade dan lomba tartil bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pencapaian yang diraih oleh kelompok KKN 29 UTM selama membimbing pembelajaran dan membimbing tartil. Sehingga, hal ini dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan dari kerja keras kelompok KKN 29 UTM sebagai wujud pengabdian kelompok KKN 29 UTM pada masyarakat khususnya masyarakat desa Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan.

foto kelompok KKN 29 UTM Selaku panitia pelaksana  
foto kelompok KKN 29 UTM Selaku panitia pelaksana