Mohon tunggu...
Firlly Diah Respatie
Firlly Diah Respatie Mohon Tunggu...

Blogger, communication specialist, public relations, cats lover

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Wiskul Jalur Pantura

5 Juli 2014   04:28 Diperbarui: 18 Juni 2015   07:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bagi anda yang berencana mudik pada libur lebaran nanti, khususnya yang melalui jalur pantura, jangan lupa untuk menikmati kuliner di sepanjang jalur pantura yang sangat menggoda ini .... CIREBON

  1. SEGA JAMBLANG Mang Dul; Sega Jamblang Mang Dul buka sejak subuh, biasanya menjelang makan siang sudah habis. Lokasinya ada di Seberang Grage Mall daerah lampu merah Gunung Sari, di deretan ruko, tak jauh dari ATM BCA. Nasi jamblang adalah nasi dalam porsi kecil seperti nasi kucing. Bedangnya nasinya dibungkus daun jamblang atau daun jati. Lauknya yang mjd trade mark sega jamblang adalah sambal goreng, sate kentang, semur tahu kulit, ikan asing jambal roti, dadar telor kampong, perkedel kopong dan terik daging/ati. Rasanya mah enak, kampong banget. Buat yg ga cocok, ga pa, setidaknya menambah khasanah pengetahuan kuliner nusantara ya ...
  2. EMPAL GENTONG Mang Dharma; Empal gentong itu mirip gule daging. Bedanya, yang disuguhkan bukan hanya daging tapi juga jeroan, yang semuanya dimasak di dalam kuali atau gentong Tanah liat. Disajikannya biasanya dengan potongan lontong. rasa pedesnya diperoleh dari bubuk cabe kering yang pedesnya sadis ! Lokasi empal gentong mang dharma, dari lampu merah grage mall, bila anda dating dari arah timur (jakarta), maka anda belok ke kiri, ikuti hingga nyaris ujung belok ke kanan, persis di lengkung jalan menuju tikungan terpampang deh, empal gentong mang dharma. Atau biar lebih gampang, pergilah ke stasiun kejaksan Cirebon, di dalam halaman parkirnya ada empal gentong mang dharma.
  3. BUBUR SOP Mang Kapi; Bubur Sop Mang Kapi ini termsyur sejak jaman baheula. jam dagangnya pun tak biasa. Mang kapi jualan sejak malam hingga jam 03;00 pagi ! Lokasinya tak jauh dari Grage Mall, susuri terus jalannya ke arah rel apotik salamander. Sebelum jembatan, di sebelah kiri jalan ada warung mang kapi yang berdagang di emperan halaman took. Bubur sop mang kapi unik karena disajikan dengan kuah yang diberi tauco, nah loh ! Berani coba ?
  4. MIE KOCLOK Hotel Slamet; Mie koclok jualannya malam hari. Adanya di halaman Hotel Slamet yang berada di seberang jalan yang menuju Stasiun Kejaksan Cirebon. Mie koclok disajikan dengan tauge dan irisin tipis telur rebus, kuahnya putih kental mirip sate padang, tapi rasanya jauh lebih light ! Enak deh !

BREBES

  1. TELOR ASIN Alun - alun, Memasuki kota brebes, persis setelah jembatan yang menuju alun-alun kota brebes ke arah tegal, maka sepanjang jalannya, kanan kirinya banyak yang berjualan telur asin dan bawang merah. Saat ini banyak telur asin yang dimasak dengan cara beragam, ada yang direbus bahkan diasap. Tapi telur asin rebus tetap pilihan yang paling pas. Atau kalau anda suka memasak, harus coba beli telur asin yang mentah. Tiba di rumah, cobalah dimasak pepes, rasanya dasyat, Nyaaaaaah ... !!! Must try ! Tanya resep ? Nti ya saya share ....

TEGAL

  1. SATE KAMBING Wendys, Nah ... ini dia ... Bukan ke Tegal namanya kalo ga nyate. Prinsipnya nyate kambing di warung sate manapun di Tegal, rasanya in shaa Allah bias dipertanggungjawabkan. Sate wendys adanya di Pasar Sore. warungnya kecil, bukanya bada ashar, biasanya jam 20;00 sudah habis. Cobain juga sop kambing dan gulenya ya biar lengkap. Minumnya, tentu the poci gula batu, mantep banget dah ! Kalau anda tiba Tegal larut malam, mampirlah ke sate Sari Mindo di daerah debong. Jadi, dari lampu merah Mc.D (perempatan maya) bila anda dari Jakarta, beloklah ke kanan arah purwokerto. Ikuti jalan hingga bertemu rel kereta api, langsung belok lagi ke kanan. Tak jauh dari belokan sekitar 50 meter, setelah warung buah ada warung sate sarimindo yang buka hingga pukul 02;00 dini hari !
  2. RUJAK TEPLAK Mitra; Rujak teplak itu seperti pecel. Jadi isinya sayuran. Ada bayam, kangkung, kecipir, tauge, pare, timun, jantung pisang, daun losdro, kembang turi, dan sayur lain yang jarang anda temui deh di Jakarta. Biasanya ada ekstra tahu acinya. Bumbunya, bumbu teplak yaitu olahan singkong yang dicampur dengan bumbu cabai. Jangan under estimate dulu, rasanya nendang banget tauuukk ... !!! Gila deh ... !!! Yang ga suka pedes, ada bumbu kelapa rebus yang bias netralisir rasa pedes kok. Penasaran kaaaaann ... ?
  3. SAUTO TAUCO Pasar Senggol. Sauto beda dengan soto. Sauto adalah soto yang menggunakan bumbu tauco. Boleh pilih sauto ayam, babad, atau campur keduanya. Boleh disajikan dengan nasi atau lontong. Mangkoknya kecil imut2. Sambalnya sambal kecap plus rawit. temen makannya tahu goring tepung ma sate kambing di warung yang sama. Minumnya, tetep ... kudu teh poci gula batu. Soto Senggol adanya di belakang pos polisi yang ada di alun-alun masjid agung Tegal. Di sana ada bbrp warung soto. Warung yang paling besar persis di sudut belakang pos polisi itulah jawaranya. Kepo kaaaannn ... ?
  4. DENGKIL BAKAR Alun-alun. Dengkil itu kikil, tapi di sini yang dijual bukan hanya kikil. Ada juga pipi, kepala, lidah, otak, kuping, sate, yang semuanya dibakar, terus disiram ulekan cabe, bawang dan potongan tomat kasar yang diguyur kecap manis khas tegal. Rasanya, bikin sakau deh. Warung ini, adanya di alun2 PJKA, bukan alun2 masjid agung loh. Supaya mudah, masuk pasar alun2 melalui sudut gardu listrik tak jauh dari warung padang pagi sore apa siang malam gitu. Persis di mulut gang, ada yang jual jajan pasar komplit, layak dicoba sbg dessert !
  5. KUPAT GLABED Pak Makhali. Kupat Glabed itu potongan lontong yang disiram kuah kental mirip kuah sate padang tapi rasanya lebih light lagi dari kuah mie koclok. Di kuahnya ada lembaran2 mie sedikit dan potongan tempe kecil2. Makannya, ditemani sate bukur, alias sate kerang bumbu kelapa. Rasa pedes diperoleh dari ulekan cabe rawit yang sudah direbus. Rasanya, simple tapi ngangenin ! Makanan kampung yang sederhana tapi layak tayang banget di lidah ! Kupat Glabed pak Makhali adanya di alun PJKA tegal. Dari yang dagang dengkil, jalan aja lurus sampe mentok. Warungnya ada di sisi bagian belakang. Warung Pak Makhali buka hingga pukul 02:00 pagi !
  6. SEGA LENGKO Pi'an & Bu Tuti; Nah, ini dia warung lengko yang suka bikin sebel banyak orang. Pasalnya, makanannya memang enak, tapi harganya, untuk ukuran orang tegal agak ga bersahabat. Makanya, yg nongkrong di sana biasanya juragan2 aja. Warung pian adanya di depan stasiun besar Tegal. Pergi aja ke stasiun besar tegal, lalu Tanya deh sama sembarang orang lewat di sana. In shaa Allah semua orang tahu dan bakal tunjukin. Nasi lengko itu sendiri cuma nasi yang diberi irisan tempe atau tahu, irisan ketimun,toge, terus disiram bumbu kacang dan kucrutin kecap deh. Di atasnya ditaburin potongan daun kucai ma kerupuk mie. Udah. tapi tahu kenapa, rasanya enak aja. Hahahaha ... Dan supaya ga sakit hati amat, pergi aja ke warung bu tuti, anaknya warung pi'an. ga jauh dari lokasi warung pian kok. Adanya di jl. tentara pelajar, persis di depan SMP Negeri 1 Tegal. Cobain ya !
  7. IKAN PIHI PENYET Bu Ipah. Presiden aja makan di sini loh ! Ikan pihi itu ikan khas yang maen2nya cuma seputaran pantai tegal aja. Ikannya gurih banget. Dipotong melintang besar2, terus dipenyet di atas cobek yang ada sambel terasinya. Ditemenin sayur asem ma lalap toge mentah. Gilingan deh, ga ada yg kapok makan di sini. Cobain juga cumi item, dan ikan kuah asem nya ya. Warung bu Ipah adanya di jalan Halmahera. ada di jalur mudik kota tegal, menuju arah semarang. Don't miss it deh, rugi banget kalo ga nyobain !
  8. TAHU ACI Murni, Tahu aci Murni adanya di jal. Diponegoro, seberang Toko Buku Makmur. Tahu goreng kuning biasa sih, bentuknya segitiga, tapi di atasnya ada aci atau semacam cireng gitu. Makannya dicocol sambal kecap, itu paling jos !
  9. KLEPON Gajah Mada, sudah pernah makan klepon kan ? Coba deh, bandingin dengan kelpon Gajah Mada tegal. Itu klepon, klepon paling enak sedunia ... !!! Hahahaha .. adanya di jl. Gajah Mada, jalur nasional arus mudik, ga jauh dari lampu merah Hotel Susana lama, adanya persis di seberang Bank Bukopin bareng dengan agen bus Ezri. Klepon gajah mada dijual sejak bada ashar, biasanya jam 19;00 udah entong alias se'ep alias abis ...
  10. TEMPEL Klenteng, temple itu makanan tradisional. termasuk jajanan khas tegal yang sudah langka. Sptnya yg di klenteng ini jadi penjual satu2nya yag tersisa. Kelnteng Tegal adanya di salah satu gang di jalan veteran. susuri saja jalan di depan kelnteng. Di sebelahnya ada rumah jadul, si penjual buka lapak di terasnya. Biasanya si ibu jualan sekitar jam 14:00 hingga bada ashar.
  11. WARUNG MIRAOS, warung miraos ini warung dasyat. Buka 24 jam, ga peduli musim ujan, musim panas, puasa, ga puasa, lebaran ga lebaran. Pergi deh ke Bank Mandiri lama, atau ke arah Gili Tugel. Sebelum lampu merah, di sebelah kiri jalan bakal liat deh ni warung jejeran ma tambal ban. Warung miraos jual semua makanan khas tegal. Sauto, lengko, sega ponggol, mendoan, pisang penyet, tapi yang harus dicoba adalah nasi sop kampung tegalan. Seger banget ! Sayur sop bening kampung plus so'on diguyur di atas nasi panas. Makannya, tetep dengan sambel kecap ! Tegal gitu loh ! :P

PEMALANG

  1. SOTO GOMBYANG Rel Kereta, Warung soto ini adanya di dalam kota. Tapi lebih mudah diskses dari jalur outer ringroad. Bila anda dari arah Jakarta memasuki jalur outer ringroad kota pemalang, persis di lampu merah kuburan, nanti di sebelah kanan jalan ada jalan masuk, belok saja situ. Ikuti hingga ketemu rel kereta. Begitu lewat rel langsung parker. Warungnya ada di sebelah akan jalan, seberang atm BRI. Kalau jalan tersebut diteruskan, akan tembus alun2 kota pemalang.

PEKALONGAN

  1. NASI KEBULI Asli Jl. Surabaya. Sumpyah deh, ini nasi kebuli juara banget rasanya. ada nasi kebuli, nasi tomat, sop sumsum, enak banget dan murah. Seporsi cuma Rp. 18.000,- an ! Adanya di jl . Surabaya, googling aja deh, agak susah juga jelasinnya, sbb di pekalongan khususnya kawasan ini banyak jalur searahnya ! Maaf ya ! Tapi kudu mampir, sumpah deh, kawasan kampung arab, warungnya jadul banget ! Keren abis !

Catatan :

  1. Di Tegal beli oleh2 ; kue latopia rasa kacang ijo, coklat, gula aren, keju, dll. Beli juga the tubruk. Semua the beken itu bauatan tegal, dari the thong jie, 2 tang, poci, slawi, gopek, sosro, dll. Kudu beli juga kecap ca kambing, kecap sari dele, dll. Paksain itu beli ikan asin kuro, itu ikan asin rasanya asin manis asem. Harganya mahal, tapi dioseng cabe ijo + pete, bikin kelar deh semua urusan, lupa utang !
  2. Di Pekalongan mampir pasar sentono pas keluar pekalongan arah semarang. Luangkan waktu sekitar 2- 3 jam. Modal Rp. 500 rb, bias dapat batik seabrek2 !
  3. Di Cirebon beli asinan shinta, ikan asin jambal roti, emping, manga gedong ma sirop tjampolai rasa pisang susu ya ! Mampir aja di seberang pasar pagi, di sana pusat oleh2nya !

Semoga ya ... mudiknya jadi menyenangkan karena panduan wiskul ini ... !!!

VIDEO PILIHAN