Mohon tunggu...
Filly Marta
Filly Marta Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa tadris matematika

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tantangan Revolusi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

12 November 2019   22:21 Diperbarui: 12 November 2019   22:22 0 1 0 Mohon Tunggu...

Identitas Penulis: Filly Marta Saktya Wardhaning Mulya.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Alamat:Jl. Mayor Sujadi Timur 46 Tulungagung Telp.(0355)321513,

 Fax.(0355)321656.

Abstrak

Tak bisa dipungkiri lagi, Revolusi Industri 4.0 telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek di kehidupan manusia. Salah satunya adalah dalam sistem pendidikan. 

Namun apakah benar sistem pendidikan di Indonesia sudah berkembang sesuai dengan Era Revolusi Industri 4.0 ini? Atau kah sistem pendidikan di Indonesia masih tetap berjalan di tempat dengan tetap menggunakan sistem pendidikan yang sudah ketinggalan jaman? Artikel ini bertujuan untuk memaparkan tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten serta dapat bersaing dan berkonstribusi secara global. 

Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Di Indonesia, kesiapan menghadapi tantangan pendidikan era revolusi industri 4.0 yang terus melaju pesat adalah segera meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumberdaya manusia di Indonesia melalui pendidikan dengan melahirkan operator dan analis handal bidang manajemen pendidikan sebagai pendorong kemajuan pendidikan berbasis teknologi. Agar revolusi pendidikan di Indonesia dapat sejalan dengan revolusi industri 4.0 maka kurikulum yang digunakan harus mengacu pada pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, internet of things, big data dan komputer, serta kewirausahaan dan magang. Ini semua perlu agar dapat menghasilkan lulusan yang terampil di bidang literasi, literasi teknologi, dan literasi manusia. Beberapa solusi lain yang bisa dilakukan untuk menghadapi era revolusi 4.0 ini antara lain, kesesuaian kurikulum dan kebijakan dalam pendidikan, kesiapan sumber daya manusia dalam memanfaatkan Information Communication Technologies, mengoptimalkan kemampuan peserta didik, dan mengembangkan nilai - nilai (karakter) peserta didik, serta  dan kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis digital.

Kata Kunci: Pendidikan, Revolusi Pendidikan, Revolusi Industri 4.0

Pendahuluan

Saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri generasi ke empat (Revolusi Industri 4.0)  yang ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi serta perkembangan  sistem digital, kecerdasan artifisial, dan virtual. Dengan semakin konvergennya batas antara manusia, mesin, teknologi informasi dan komunikasi dan sumber daya lainnya, tentu berimbas pula pada berbagai sektor kehidupan. Salah satunya yakni berdampak terhadap sistem pendidikan di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN