Mohon tunggu...
Fila Rachmad
Fila Rachmad Mohon Tunggu... Penulis - Seorang mahasiswa yang menekuni kepenulisan

Menulis menjadi salah satu hobby dalam waktu luang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Pindah Ibu Kota, Sudah Tepatkah?

23 Januari 2022   20:28 Diperbarui: 23 Januari 2022   20:42 224 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Source: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

Ibukota Indonesia direncanakan akan pindah ke Ibukota baru yang bernama "Nusantara". Tetapi apakah sudah tepat keputusan tersebut memindahkan Ibukota ke tempat yang baru? Bahkan Rancangan Undang-Undang Ibukota Negara telah disetujui oleh DPR paada Selasa (18/01/2022).

Pengesahan ini dinilai terlalu terburu-buru oleh beberapa ahli. Karena pembahasan RUU ini dapat dibilang cepat hanya butuh waktu 43 hari. Sejak tanggal 7 Desember 2021 hingga pada 18 Januari 2022 disahkan. Tetapi anggapan bahwa RUU ini terburu-buru ditepis oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong.

"Ini yang harus diketahui oleh publik, bahwa komunikasi dengan pemerintah, khususnya Bappenas dalam persiapan draf RUU, Perpres, bahkan rancangan masterplan sudah berlangsung lama, sejak periode lalu," kata Wandy melalui keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

Beberapa kritikan sempat timbul tentang rencana pemindahan Ibukota ini termasuk salah satunya yaitu dari Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Achmad Hafiz Tohir.

 "Kalau kita masih susah kenapa harus pindah Ibu Kota? Kita dipilih oleh rakyat, Presiden juga harusnya kita berpihak kepada rakyat," katanya.

Selain itu ada juga dukungan atas rencana pemindahan Ibukota ini salah satunya muncul dari Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Hariyadi Sukamdani.

"Jadi pemindahan ibu kota ide bagus untuk buat daerah pertumbuhan baru, tapi harus diingat bahwa sifat pemindahan ibu kota itu jangka panjang," katanya.

Selain itu ada hal yang menarik dari pemindahan Ibukota ini adalah nama Ibukota baru yaitu Nusantara. Kita ketahui bersama Nusantara sangat identik dengan Indonesia. Namun, nama tersebut kerap kali diusulkan oleh salah satu akun Instagram yang bernama @jasakonsultasinama yang meminta Presiden Joko Widodo untuk mengganti nama Indonesia ke Nusantara.

Kerap ditemukan komentar pada postingan tertentu, kini nama tersebut menjadi kenyataan dengan menjadi nama Ibukota baru Indonesia nantinya. 

Jadi, apakah nama Ibukota baru berkonsultasi dengan @jasakonsultasinama? Menarik untuk diketahui nantinya. Jadi kalian menganggap sudah tepatkah pemindahan Ibukota baru? atau justru kalian menganggap bahwa pemindahan ini kurang efektif?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan