Mohon tunggu...
Fila Rachmad
Fila Rachmad Mohon Tunggu... Penulis - Seorang mahasiswa yang menekuni kepenulisan

Menulis menjadi salah satu hobby dalam waktu luang

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips dan Trick Menghadapi Fitnah Media Sosial

13 Januari 2022   22:28 Diperbarui: 13 Januari 2022   23:25 263 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Akhir-akhir ini semakin banyak fitnah yang bertebaran di media sosial. Rata-rata fitnah tersebut berasal dari berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Kehadiran media sosial yang seharusnya dapat membantu kita seakan membuat kita juga risau terhadap berita yang beredar. Media sosial kadang juga digunakan dua kubu yang saling bermusuhan untuk menyerang satu sama lain. Tak elak mereka membuat berita bohong yang menimbulkan fitnah tanpa mengetahui kebenarannya.

Kita sebagai pembaca alangkah baiknya dapat mengetahui dan mencari terlebih dahulu apakah berita tersebut merupakan berita yang baik atau bukan. 

Berita yang beredar bisa jadi merupakan berita bohong yang sengaja dibuat untuk menjatuhkan musuh terutama musuh politik. Dalam dunia digital ini segala perilaku kita akan dipantau oleh orang lain. Mereka yang saling menyerang di media sosial berharap kita memberi atensi untuk mendukung mereka dalam misi mereka sendiri.

Kasus-kasus yang sudah beredar sudah patut dijadikan contoh agar kita lebih berhati-hati dalam bermedia sosial. Media sosial yang baik adalah kita dapat mengetahui mana berita yang valid dan mana berita yang dibuat untuk tujuan tertentu. Terutama bagi orang-orang yang polos dalam bermain media sosial akan langsung mengambil keputusan sendiri tanpa memandang kedua belah pihak.

Berikut merupakan tips&trick menghindari fitnah media sosial:

  • Jangan Percaya Langsung Terhadap Berita yang Beredar

Alangkah baiknya kita sebagai warga negara yang baik dapat mengecek sendiri kebenaran berita yang beredar. Berita yang beredar tentu belum sepenuhnya benar meskipun berita tersebut sudah tayang di televisi atau media cetak lainnya kita tetap harus mengecek ulang berita tersebut.

  • Tanyakan Kepada Ahlinya

Apabila mendapatkan berita tertentu yang kita kurang mengetahui, sebaiknya kita bertanya kepada ahlinya. Seperti, ketika ada berita tentang covid-19 yang kita kurang paham kita dapat bertanya kepada tenaga kesehatan yang mengerti hal tersebut agar kita tak mengikuti info yang salah.

  • Bersikap Netral

Bersikap netral merupakan hal yang penting dalam bermedia sosial. Karena apabila berita tersebut belum tentu benar akan menjadi petaka bagi kita sendiri. Semisal ada dua berita yang saling menjatuhkan satu sama lain, maka kita harus bersikap netral dengan tidak berkomentar apa-apa sebelum mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

  • Tetap Tenang dalam Keadaan Apapun

Apabila kita mengetahui ada sebuah informasi atau berita yang berusaha menyerang kita atau yang berkaitan dengan kita, lebih baik kita tetap tenang menghadapinya. Bisa jadi itu hanya pancingan agar kita marah saja, atau tujuan mereka tertentu. Alangkah baiknya apabila kita tetap tenang untuk menghadapinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan