Mohon tunggu...
Fikri Zakia Qoimul Haq
Fikri Zakia Qoimul Haq Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, Konsultan Pendidikan, Parenting

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk ummat. Ingin hubungi penulis? email : fikri.players@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Lakukan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu

11 Oktober 2022   05:31 Diperbarui: 11 Oktober 2022   05:34 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://news.unair.ac.id/

Minimnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mental membuat langkah antisiatif untuk mengurangi orang yang terganggu kesehatan mentalnya menjadi sulit dilakukan. Ditengarai pasca wabah covid-19 orang dengan gangguan kesehatan mental naik 11 hingga 2 kali liat. Maka dari itu perlunya masyarakat tahu apa itu kesehatan mental dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan di rumah.

1. Berolahraga

Hormon endorfen yang dikeluarkan saat olahraga dapat menghilangkan stres dan menumbuhkan suasana hati yang tenang dan bahagia. Dianjurkan untuk berolahraga di luar ruangan, karena dengan cara menghirup udara segar dan mendapat vitamin D yang cukup dapat meningkatkan hormon serotonin di otak.

2. Tidur Berkualitas

Carilah waktu yang tepat untuk tidur, karena tidur yang baik adalah tidur berkualitas bukan kuantitas. Banyak orang menganggap bahwa kuantitas waktu tidur itu penting. Tapi nyatanya kualitas tidur lebih penting. Dengan cara tidur berkualitas memiliki banyak keuntungan diantaranya adalah tidur semakin lelap dan waktu menjadi efektif efisien. Maka aturlah dan carilah bagaimana tidur berkualitas versi Anda.

3. Bebas Dari Barang Berlayar

Melihat layar merupakan hal yang tidak bisa kita hindari. Seperti televisi, handphone, tablet, laptop dan layar-layar yang lain. Ternyata terlalu lama melihat layar membuat orang pusing dan mengubah pola pikir manusia. Di sisi lain mendapatkan informasi yang beragam sehingga mengganggu mental dan kemudian terkena cahaya layar dapat membuat manusia memiliki efek tidur yang tidak berkualitas.

4. Tidak Minum Alkohol

Anggapan banyak orang yang terganggu kesehatan mental harus mengurangi minum alkohol. Maka jawaban yang tepat adalah meninggal minum alkohol dan tidak akan lagi minum alkohol. Karena alkohol mengandung zat depresan yang menekan syaraf otak. Sehingga sangat bahaya sekali  untuk diminum terutama orang yang terkena gangguan mental. Banyak orang juga menganggap minum alkohol dapat menenangkan diri dan menghilangkan stres. Dalam jangka sangat ppendek akan merasa tenang, tapi dalam jangka panjang efeknya akan lebih parah.

5. Menjalin Hubungan Baik Dengan Orang Lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun