Mohon tunggu...
Fikri Nur Rachman
Fikri Nur Rachman Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa UPI 2018

Hanya seorang pemuda akhir zaman yang berusaha untuk menjadi orang yang beradab dan berilmu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Peningkatan Mutu Guru Dengan Pemanfaatan Teknologi Berbasis IT sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Daring

1 Agustus 2021   19:37 Diperbarui: 3 Agustus 2021   20:44 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peningkatan Mutu Guru Dengan Pemanfaatan Teknologi Berbasis IT sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Daring
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Idealnya setiap pembelajaran dilakukan oleh seluruh guru sebagaimana yang telah mereka rencanakan. Pada semester ganjil 2019/2020 tentu kita dapat menemukan hampir seluruh guru mempersiapkan untuk menampilkan pembelajaran terbaiknya. Rata – rata persiapan itu adalah seputar bahan atau sumber pelajaran, metode atau model yang akan diterapkan, serta interaksi aktivitas kelas yang akan dilakukan secara tatap muka langsung atau luring.

Namun demikian, perencanaan pembelajaran yang telah disusun para guru tersebut menjadi tiada arti tatkala pandemi covid -19 mewabah di dunia ini. Pandemi ini telah menyebar ke negara – negara di dunia. 

Akibatnya,  aktivitas pembelajaran di sekolah yang semula dilakukan secara luring atau tatap muka langsung diberhentikan, dan pembelajaran kemudian berubah menjadi sistem daring. Jelas sekali ini menjadikan para guru kaget, dan mereka tetap harus berpikir untuk membuat perancanaan pembelajaran baru yang disesuaikan dengan situasi seperti itu.

Mengetahui masalah di bidang pendidikan , UPI sebagai kampus pendidikan di Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan  tema "Membangun Desa melalui bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka" Hal ini adalah salah satu bentuk nyata UPI  untuk menguatkan sektor pendidikan pada masa pandemi. 

Kampus yang berletak di ibu kota Jawa Barat ini menggerakan mahasiswa-mahasiswinya untuk gencar membantu sektor pendidikan dan ekonomi. Terlebih lagi pada sektor pendidikan karena kampus ini mempunyai kelebihan pada sektor pendidikan.Salah satu  Sekolah yang menjadi sasaran dari peserta KKN adalah SDN Binaharapan 057.

Mengetahui berbagai masalah pada bidang pendidikan, yang setiap sekolah memiliki masalahnya masing – masing,  akhirnya peserta melakukan observasi dan wawancara terhadap salah satu guru SDN Binaharapan 057 untuk mengetahui masalah yang ada di sekolah tersebut. Setelah melakukan wawancara secara mendalam, ditemukan hasil bahwasannya sekitar 30 – 40% guru masih gagap akan teknologi. 

Rata – rata yang gagap terhadap teknologi ini berada di rentang usia 50 tahun keatas. Salah satu Alasan mengapa beberapa orang guru tersebut   tidak bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk menunjang  proses pembelajaran  adalah karena  tidak ada yang mengajari mereka.

Berdasarkan masalah tersebut, peserta berinisiatif untuk membuat video pembelajaran mengenai pemanfaatan teknologi sebagai peningkatan mutu guru untuk menunjang proses pembelajaran yang ditujukan untuk guru SDN Binaharapan 057. 

Alasan peserta berinisiatif membuat video pembelajaran tersebut  adalah untuk membantu guru – guru yang belum terbiasa menggunakan teknologi. Diharapkan dengan video pembelajaran yang dibuat oleh penulis minimal guru dapat menguasai kemapuan dasar TIK untuk menunjang tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Adapun beberapa video pembelajaran tersebut bisa diakses dan dilihat oleh pembaca sekalian,  tidak hanya oleh guru SDN Binaharapan 057. Berikut link nya peserta lampirkan dibawah ini :

1. Cara Membuat Presensi Menggunakan Google Form

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN