Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Content Creator

SEO Content Writer yang mencoba menafsirkan ide dengan kumpulan kata yang sederhana. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan menvisualisasikannya di vlog youtube.com/dzulfikaralala

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Benarkah Jokowi Sudah Siapkan Banyak Mobile Billboard?

21 April 2012   07:43 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:19 1305 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Jokowi Sudah Siapkan Banyak Mobile Billboard?
133499290812974346

Setelah kemarin (20/4) saya memergoki 'Jokowi' di Pamulang, tadi pagi saya memergoki kurang lebih sekitar lima unit truk yang membawa billboard bergambar JB (Jokowi-Basuki) di Jalan Letjen Soetopo, BSD, Serpong. Diduga sopir truk-truk pembawa billboard bergambar JB tersebut sedang sarapan pagi di pinggir jalan. Bisa dipastikan mereka akan masuk Tol Serpong kemudian mengarah ke Jakarta.

Sejujurnya saya ingin sekali berbincang-bincang dengan para sopir tersebut. Banyak hal yang ingin saya tanyakan tentang billboard yang mereka bawa. Namun, saya harus mengurungkan niat saya karena jam masuk kantor sudah sangat mepet saat itu. Meskipun jaraknya hanya selemparan batu dari kantor saya, tapi saya tidak bisa keluar di saat jam kerja kecuali jika ada hal-hal yang mendesak.

Kata baliho mungkin memang kurang tepat saya gunakan, seperti yang saya tulis di artikel ini. Karena baliho biasanya iklan bergambar yang cukup besar dan di tempatkan secara permanen di tempat-tempat ramai. Tapi kesemuanya itu intinya adalah media promosi untuk mengenalkan sebuah produk atau seseorang kepada khalayak ramai. Dengan cerdik team kampanye JB ternyata sudah menyiapkan mobile billboard ini untuk berwira-wiri di daerah Jakarta.

Mobile billboard ini sangat efektif untuk mengenalkan JB. Bahkan promosi mobile billboard ini sempat digunakan saat pemilu presiden beberapa waktu yang lalu. Saat itu saya lihat Megawati dan Prabowo bersanding dalam mobile billboard. Kenapa efektif? Karena mobile billboard bisa di kendalikan kemana saja kita mau. Dimana ada tempat keramaian disitulah tempat yang cukup strategis untuk sekedar melintas atau memarkirkan truk tersebut. Tak perlu banyak mengeluarkan biaya kampanye unik dan efektif sudah bisa dilakukan. Apalagi Jakarta yang kerap kali dilanda kemacetan, mobile billboard ini menjadi keuntungan tersendiri. Macet-macet ehhh liat pak Jokowi sedang bermain kereta api monorail. Apa gak bikin gemes tuh? hehehe

Jika diruntut lagi sebetulnya model reklame seperti ini bukan gaya Jokowi. Jokowi tidak suka memasang wajahnya sebagai iklan apalagi jika di tempatkan di tempat-tempat strategis. Hal ini pernah saya baca dalam pemberitaan di media menanggapi maraknya papan-papan reklame yang dipasang di berbagai sudut kota oleh para pejabat daerah. Disinyalir para pejabat daerah menggunakan baliho tersebut untuk pemilihan mendatang. Contoh saja di Bandung saat ini banyak sekali baliho-baliho kang Aher bertebaran dimana-mana. Kader PKS tersebut cukup cerdik memanfaatkan jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat untuk mempromosikan diri melalui balihonya. Sama halnya juga dengan yang pernah dilakukan oleh Gubernur Banten, Ratu Atut Choisiyah. Dengan elegan, slogan-slogan layanan masyarakat di pampang berserta wajahnya yang menghiasi kota Tangerang Selatan. Dalam konteks ini Jokowi sudah cukup proporsional karena ikut bertarung dalam pilgub DKI. Sementara kedua tokoh yang saya sebutkan silahkan anda nilai sendiri yang menilainya.

Saya berusaha berkhusnudzon saja. Bisa jadi apa yang diutarakan teman-teman pendukung Jokowi benar bahwa hal ini dilakukan oleh simpatisan JB. Terlepas dari itu semua hal ini (mobile billboard) sangat lumrah dan wajar dilakukan sebagai salah satu cara mengenalkan JB kepada masyarakat Jakarta. Tidak ada yang melarang apa yang dilakukan Jokowi ini. Calon lain pun berhak melakukan hal yang sama.


[caption id="attachment_172955" align="aligncenter" width="514" caption="mobile billboard Jokowi/dok. @gurubimbel"][/caption]

[caption id="attachment_172956" align="aligncenter" width="515" caption="mobile billboard Jokowi/dok. @gurubimbel"]

1334992979511086274
1334992979511086274
[/caption]

[caption id="attachment_172957" align="aligncenter" width="491" caption="mobile billboard Jokowi/dok. @gurubimbel"]

133499306982511908
133499306982511908
[/caption]

Bisa jadi isu yang menyatakan bahwa dana kampanye JB di back up oleh Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subiyanto bukan isapan jempol belaka. Tidak mungkin Jokowi menelan ludahnya sendiri. Toh Jokowi meskipun kaya tidak bakal mau mengeluarkan dana hanya untuk membuat mobile billboard.

Salam Hangat dari BSD, Serpong

Follow @gurubimbel di twitter

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x