Mohon tunggu...
Fidiar_
Fidiar_ Mohon Tunggu... Hello, welcome to my blog!! Enjoy and Happy Reading

Www.goresanpenakreatif.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Perjalanan Singkat dan Menyenangkan dengan MRT

29 Oktober 2019   20:33 Diperbarui: 29 Oktober 2019   21:00 70 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perjalanan Singkat dan Menyenangkan dengan MRT
Pict by : Fidiar 

Kini perjalananmu akan terasa singkat menggunakan kereta MRT (Mass Rapid Transit),kamu tak akan lagi penat menunggu kemacetan akan usai. Atau kamu tak akan lagi diburu  karena waktu yang tercekat menuju kantor ataupun kampus.

Kamu akan dipermudah dengan kereta MRT,sejak dioperasikan uji coba di Indonesia pada  5 maret 2019 MRT sudah banyak diburu oleh warga Indonesia hingga waktu diberlakukannya ,MRT terbukti menanggulangi perjalanan yang terhambat karena kemacetan.

Aku pun sudah merasakan perjalanan singkat menuju Bundaran HI menggunakan MRT, aku mengawali perjalanan ini dari halte transjakarta lebak bulus. Perjalanannya yang singkat kamu juga dimudahkan  dengan metode pembayarannya,kamu bisa menggunakan kartu flazz BCA,kartu e-money mandiri, kartu brizzi BRI,Kartu Tapcash BNI,Kartu Jakarta one (Bank DKI),Kartu JakLingko. Tapi tak usah khawatir jika kamu tak memiliki kartu tersebut,karena MRT menghadirkan kartu Single trip dan Multi trip untuk perjalananmu.

Kartu Single trip,bisa digunakan untuk satu kali perjalanan saja dan digunakan bagi penumpang yang ingin turun di stasiun tertentu. Dan untuk kartu multi trip,bisa digunakan untuk naik dan turun di stasiun manapun dengan tarif yang kamu bayar sesuai dengan tarif setiap stasiun.

Untuk setiap perjalanan kamu akan dikenakan dengan tarif yang berbeda-beda. Karena aku akan melakukan perjalanan dari stasiun Lebak bulus menuju stasiun Bundaran HI,aku dikenakan tarif sebesar Rp 14.000 untuk perjalanan dan Rp 15.000 untuk biaya kartu MRT single trip.

Jika ditotal,aku dikenakan biaya 29.000,tapi jangan khawatir karena ketika kamu sudah sampai stasiun tujuanmu,kartu MRT dapat kamu tukar dengan uang sebesar Rp 15.000

Selain metode pembayaran melalui loket,pembayaran juga dimudahkan menggunakan ticket vending machine. Bagi kamu yang tak ingin berlama-lama antri,kamu bisa menggunakan TVM (ticket vending machine). Caranya cukup mudah :

  • Klik menu "Pembelian tiket Single Trip"

Pada layar mesin tersedia menu pembelian tiket single trip,isi ulang dan riwayat. Jika kamu ingin membeli klik menu "pembelian kartu single trip",setelah itu pilih stasiun tujuanmu. Lalu akan muncul tarif stasiun yang hendak kamu tuju.

  • Masukkan uang kertas ke dalam ticket vending machine

Contoh ,tarif perjalanan menuju stasiun akhir Bundaran HI seharga Rp 30.000 maka kamu bisa memasukkan uang pecahan  Rp 20.000 sebanyak 2 lembar maka mesin ini akan mengembalikan sisa uang sebesar Rp 10.000 berupa uang koin pecahan Rp 1000 melalui lubang yang tersedia pada mesin.

  • Cetak struk pembelian kartu dan kartu single trip siap untuk digunakan

Setelah kedua langkah sudah kamu lakukan,klik menu "cetak struk",lalu mesin ini akan mengeluarkan bukti pembelian tiket MRT dan kartu single trip. Cara 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN