Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Bos Antivirus John David McAfee Tewas Bunuh Diri dan Pelajaran dari Kasus yang Membelitnya

24 Juni 2021   08:09 Diperbarui: 24 Juni 2021   08:34 387 23 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bos Antivirus John David McAfee Tewas Bunuh Diri dan Pelajaran dari Kasus yang Membelitnya
Kompas.com

Perangkat lunak antivirus Mc Afee mungkin bukan hal yang asing bagi para pengguna komputer. Sebagian besar komputer yang kita gunakan terpasang antivirus ini.

Namun, sayangnya nasib founder-nya tak sebagus nasib produknya. John David Mc Afee ditemukan tewas bunuh diri di penjara Brians 2 di dekat Kota Barcelona Spanyol.

Seperti dilansir New York Post, John Mc Afee ditemukan gantung diri di sel penjaranya Rabu (23/06/21) waktu setempat, sesaat setelah Pengadilan Spanyol memutuskan dia akan di ekstradisi untuk menghadapi tuntutan pemerintah federal di Amerika Serikat.

Sebelumnya, bulan Oktober 2020 lalu Mc Afee ditangkap di Bandara  Barcelona saat ia hendak bertolak Istambul Turki.

John Mc Afee tersandung kasus hukum lantaran ia melakukan penipuan dan pencucian uang atas aktivitasnya terlibat dalam skema promosi palsu Cryptocurrency kepada para investor yang menghasilkan keuntungan baginya sebesar US$ 13 juta.

Aksi tersebut dilakukan Mc Afee bersama rekannya Jimmy Gale Watson Jr pada kurun waktu Desember 2017 hingga Oktober 2018.

Menurut Jaksa penuntut distrik Manhattan Kota New York Audrey Strauss seperti dilansir CNNInternational, kedua orang ini dituduh mengeksploitasi para followernya di platform media sosial Twitter melalui pom-pom mata uang krypto dengan menggunakan metode pump and dump.

Pria berusia 75 tahun ini memborong mata uamg krypto, Altcoin saat harganya masih rendah. Kemudian sebagai selebritas teknologi yang kredibel tentu saja ia dipercaya followernya ia lantas mengarahkan mereka untuk membeli Altcoin sehingga harganya melesat naik.

Nah, saat harga mata uang Krypto Altcoin itu naik, Mc Afee dan Jimmy menjual seluruh kepemilikannya di Altcoin dan keduanya mengambil keuntungan dari situ.

Tak ada yang salah sebenarnya jika keduanya mengumumkan bahwa saat mengarahkan para followernya tersebut, ia memberikan informasi bahwa dirinya memiliki Altcoin dalam jumlah besar.

Tetapi hal ini tak dilakukan oleh Mc Afee dan Jimmy,makanya kemudian mereka dituduh melakukan penipuan dengan menggunakan metode scalping, sebuah skema dimana ia membeli instrumen investasi termasuk di dalamnya cryptocurrency pada harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi dalam waktu yang sangat singkat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN