Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Lakukan 6 Hal Ini untuk Menjaga Berat Badan agar Tetap Stabil Saat Berpuasa Ramadan

23 April 2021   08:15 Diperbarui: 23 April 2021   08:17 433 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lakukan 6 Hal Ini untuk Menjaga Berat Badan agar Tetap Stabil Saat Berpuasa Ramadan
Kumparan.com

Secara umum dan syariat, puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal lain yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari di ufuk langit.

Sampai sini kita tentunya kita sangat paham bahwa puasa itu sangat erat kaitannya dengan makanan dan minuman.

Makanan dan minuman dalam prespektif kesehatan selalu berkelindan mesra dengan kesehatan, salah satu elemen yang membuat keduanya erat berhubungan ialah berat badan.

Mengkonsumsi makanan dan minuman berkorelasi dengan ukuran berat bedan. Volume asupan, jenis, dan waktu makanan itu dikonsumsi menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi naik turunnya berat badan kita.

Menurut banyak ahli, yang jelas puasa itu sangat bagus untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menjaga berat badan tubuh.

Saat berpuasa, tubuh akan membakar lemak berlebih di sekitar organ seperti ginjal maupun hati. Hal ini dapat membantu mencegah fungsi organ terganggu.

Selain itu, pembakaran lemak menjadi energi saat puasa juga dapat menurunkan berat badan.

Para ahli mengatakan bahwa apabila berpuasa secara benar dan teratur, maka akan memberikan manfaat jangka panjang bagi tubuh, yaitu membantu meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme secara keseluruhan.

Tapi jangan salah, bisa jadi penerimaan tubuh terhadap puasa pun berbeda-beda untuk setiap individu, sangat mungkin berat badan menjadi naik lantaran kita cenderung makan lebih teratur, apalagi dalam porsi yang cukup banyak.

Namun, ada juga yang bertambah kurus secara drastis, lantaran porsi makanan yang dikonsumsi sangat sedikit saat sahur, tak sedikit orang yang tak terbiasa makan pada jam makan sahur dan merea tak mampu menyesuaikan diri, akibatnya nafsu makan turun alhasil berat badan kita bisa turun cukup tajam.

Menurut sejumlah litelatur yang saya baca, makan sahur merupakan salah satu hal yang diperlukan untuk menjaga berat badan tubuh kita saat berpuasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN