Mohon tunggu...
Ferry Mulyanto
Ferry Mulyanto Mohon Tunggu... -

Profesi saya sekarang ini adalah sebagai seorang Dosen Informatika di Universitas Pasundan Bandung. Di sela-sela kesibukan mengajar saya juga berperan sebagai seorang System Administrator di Universitas Pasundan yang mengelola seluruh Infrastruktur IT yang ada. Saya seorang Coffee Addict, seluruh tubuh dan jiwa saya bangkit ketika cafein mengalir dalam aliran darah :). Saya menyenangi dunia IT sejak usia 18 tahun, VB adalah bahasa pemrograman pertama saya. Saya terlahir di dunia IT sebagai seorang programmer dengan bahasa C & Java sebagai Basic Skill saya. Hingga akhirnya saya diberikan tugas sebagai pengelola infrastruktur LAB dan menjadi pengelola hardware,software serta server. Saya memutuskan untuk mulai belajar bagaimana menjadi seorang Solopreneur agar mampu menjadikan semua skill yang saya miliki bernilai jual. Saya gabungkan semua Passion saya dalam satu area - Bisnis, IT Skill, Marketing Saat ini saya punya sebuah tim kecil yang selalu membantu saya untuk menyelesaikan setiap pekerjaan-pekerjaan baik IT maupun online marketing.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

IPK Setelah Lulus Kuliah, Penting atau Tidak?

1 Maret 2019   00:00 Diperbarui: 2 Maret 2019   11:16 1251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

IPK itu penting! Angka ini akan menentukan masa depan seseorang setelah lulus kuliah. Sebagian orang memang berpendapat demikian, tapi sebagian lagi justru menganggap kalau IPK itu tidak penting-penting amat, sebab skill dan kompetensi jauh lebih dibutuhkan saat bekerja nanti. Benarkah?

Perdebatan klasik soal penting tidaknya IPK memang selalu menarik untuk disimak. Sebegitu dianggap pentingnya, sebagian mahasiswa pun menjadikan IPK sebagai goal utama saat menempuh studi di bangku kuliah. Beberapa bahkan sampai stres karena indeks prestasinya tak sememuaskan yang dibayangkan.

Untuk mengetahui jawaban pastinya, kita perlu lebih dulu membahasnya secara rinci.

 

Pro dan Kontra Pentingnya IPK

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan barometer untuk mengetahui dan mengenali kemampuan akademis seorang mahasiswa. Nah, karena ranahnya akademis, IPK tidak ada hubungannya secara langsung dengan skill dan kompetensi. Orang yang ber-IPK tinggi belum tentu punya soft skill yang mumpuni, begitu pun sebaliknya.

Dengan kata lain, IPK adalah bukti valid kalau seorang mahasiswa sudah benar-benar memahami teori dan praktik yang diajarkan selama masa perkuliahan. Kecakapan akademis semacam ini tentu penting kamu miliki, terlebih masih banyak pekerjaan di luar sana yang mengutamakan keahlian di bidang tertentu.

Logikanya, bagaimana bisa kamu bekerja sebagai penerjemah kalau nilai mata kuliah Grammar dan Translation-mu saja jelek?

  • IPK Diperlukan saat Mencari Beasiswa

Selain dijadikan pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan, IPK juga umumnya dijadikan syarat pendaftaran beasiswa, baik S2 maupun doktoral. Meski bukan jadi penentu utama, biasanya sponsor beasiswa menetapkan batas IPK minimal yang wajib dipenuhi para calon awardee.

Jadi buat kamu yang punya rencana melanjutkan studi setelah lulus kuliah nanti, usahakan IPK-mu memenuhi syarat yang ditetapkan oleh sponsor, ya. Kalau belum terpenuhi, yuk berusaha lebih keras lagi. Kamu masih punya cukup waktu, kok.

  • IPK adalah Gambaran Kerja Keras Selama Kuliah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun