Mohon tunggu...
Fenny Kuswantini
Fenny Kuswantini Mohon Tunggu... mahasiswa

Mahasiswa akhir di Universitas Teknologi Digital Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Analisis Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Di Senator Street Cafe

26 Mei 2025   20:10 Diperbarui: 27 Mei 2025   21:07 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Kajian Pustaka

Pada bab ini peneliti akan menampilkan teori-teori dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan terkait dengan permasalahan yang diteliti dalam penelitian.

2.1.1 Konsep Kepuasan Konsumen

Merancang strategi untuk menarik keinginan konsumen dan memenuhi harapan konsumen memang penting, namun yang lebih penting adalah berusaha sebaik mungkin untuk menjaga dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen yang sudah ada. Kepuasan konsumen telah menjadi konsep sentral dalam teori dan praktik pemasaran, dan merupakan salah satu tujuan penting bagi kegiatan bisnis. Kepuasan konsumen adalah perasaan puas atau tidak puas seseorang terhadap produk atau layanan yang diterima. Layanan yang baik akan mampu memuaskan konsumen.(Taroreh et al., 2023)

Menurut Indrasari (2019), memenuhi keinginan pelanggan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif selain penting bagi keberadaan perusahaan. Ketika permintaan yang sama terulang di masa mendatang, pelanggan yang senang dengan barang dan jasa lebih mungkin untuk membelinya lagi dan memanfaatkannya lagi. Menurut Lupiyoadi (2010), memastikan kepuasan pelanggan merupakan salah satu taktik untuk memastikan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan merupakan komponen penting bagi pelanggan untuk melakukan pembelian ulang, yang menyumbang sebagian besar volume penjualan perusahaan.(Anggreini et al., 2024)

 Menurut Tjiptono, ada enam cara untuk mengukur kepuasan pelanggan:

1) Kepuasan secara keseluruhan,

2) Dimensi kepuasan pelanggan,

3) Konfirmasi harapan,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun