Mohon tunggu...
Feliciana Natali
Feliciana Natali Mohon Tunggu... Mahasiswa - Feliciana

Merupakan seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peranan Gereja Mempertahankan Generasi Milenial agar Menjadi Pribadi yang Beragama

27 Oktober 2021   19:11 Diperbarui: 27 Oktober 2021   19:16 198 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Agama merupakan suatu hal terpenting bagi kehidupan manusia di mana agama dapat menuntun manusia ke jalan yang benar. Agama sangat berdampak pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. 

Fungsi agama bagi setiap orang tentunya sangat berbeda-beda tetapi jika kita lihat secara umum agama berfungsi sebagai sarana membangun sebuah komunikasi antara manusia dengan Tuhan, antara manusia dengan sesama. 

Pada dasarnya memiliki sebuah keagamaan merupakan keharusan dalam hidup manusia hal tersebut di karenakan agama mempunyai sebuah peran yang sangat penting dalam sejarah peradaban dunia khususnya pada bidang ilmu pengetahuan. 

Jika di dunia ini tidak memiliki sebuah agama tentunya manusia akan tidak mengetahui arah kebenaran dalam hidupnya, akan banyak kejahatan yang terjadi di dunia ini.

Jika kita melihat pada negara tercinta kita ini yaitu Indonesia. Indonesia merupakan negara yang sangat mengutamakan agama sebagai suatu elemen terpenting dalam menjalankan sebuah kehidupan. Banyak sekali agama yang dianut oleh negara Indonesia hal tersebut tercantum dalam ideologi Pancasila khususnya  sila pertama yaitu KeTuhanan Yang Maha Esa. 

Meskipun pada zaman dahulu pengaruh agama sangat kuat dalam kehidupan manusia, akan tetapi jika kita perhatikan perkembangan zaman  khususnya di era generasi milenial, Agama cenderung mengalami penurunan khususnya di beberapa negara bagian barat.

Generasi milenial tidak menganggap memiliki agama merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupannya. Berdasarkan hasil survei Barna Group bahwa dua dari lima mengatakan gereja merupakan suatu hal yang tidak penting karena mereka bisa menemukan Tuhan di tempat lain. 

Tidak hanya demikian kebanyakan generasi milenial banyak sekali yang tidak mendahulukan Tuhan dibandingkan dengan kepentingan pribadinya sebagai, contoh banyak sekali generasi milenial yang beranggapan bahwa pergi ke gereja merupakan sesuatu hal yang membosankan. 

Dikala perkembangan teknologi yang semakin canggih ini ternyata sangat memprihatinkan dan sangat mempengaruhi soal kepercayaan generasi milenial yang kemudian membuat orang menduakan Tuhan. Generasi milenial ini hanya berfokus pada "Smartphonenya" ketimbang fokus untuk beribadah kepada Tuhan.

Kita ketahui bahwa generasi milenial zaman sekarang ini mempunyai sebuah pemikiran yang dapat dikatakan ekstrim dimana beranggapan bahwa  mereka merasakan di dalam gereja ada sebuah kepura-puraan, gereja tidak memahami pola pikir anak muda dan gereja pula di anggap kolot dan otoriter hal tersebut di lakukan survei oleh bilangan research.

Tidak hanya perkembangan teknologi yang dapat dikatakan sebagai faktor eksternal dari berkurangnya generasi milenial memeluk Agama. Disamping itu generasi milenial merasa bahwa Agama tidak bisa menolong mereka. Tidak hanya demikian generasi milenial juga beranggapan bahwa pergi ke gereja merupakan sesuatu hal yang membosankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan