Mohon tunggu...
Febri Lailatusshiva
Febri Lailatusshiva Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa S1

Blog ini ditujukan untuk mengembangkan penulisan saya. Semoga bisa bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

K-Pop Memang Bisa Mempengaruhi Mental Health?

10 Oktober 2022   13:55 Diperbarui: 10 Oktober 2022   14:04 421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pengantar 

KPOP hadir sudah berkembang lama di Indonesia hingga detik ini. Lagu-lagu KPOPnya banyak didorong semacam genre musik hiphop, jazz, dan lainnya. Berbeda dari genre musik lainnya, KPOP ini memiliki ciri khas tersendiri yang di dalamnya dihadirkan dengan adanya grup, harmonisasi berbagai genre, koreografi yang unik, gaya yang istimewa, musiknya yang sistematis, dan nilai karisma atau visual dari seorang idol. 

BTS, EXO, NCT, Blackpink, Twice, Red Velvet, TXT, Enhypen, Treasure, dan lainnya tentu sudah tidak asing lagi ditelinga di penjuru dunia. Salah satu grup idol BTS yang beranggotakan 7 member yang diketuai oleh Kim Namjoon (RM), dan member lainnya Kim Seokjin (Jin), Min Yoongi (Suga), Jung Hoseok (J-Hope), Park Jimin (Jimin), Kim Taehyung (V), dan Jeon Jungkook (JK) ini telah menjadi satu satunya yang selalu menempati posisi pertama sebagai KPOP idol yang mempunyai kepopuleran tertinggi dan memiliki fans terbesar atau tertinggi yang bernama Army. 

Tahun 2021 popularitas Kpop idol dengan BTS yang terbukti dengan banyaknya peminat fanatik saat BTS Meal dirilis. Berdasarkan survei alternatif informasi kesehatan sedunia tahun 2017, terdapat 27,3 juta orang di Indonesia yang mengalami gangguan jiwa. Artinya, satu dari 10 manusia di Indonesia menderita masalah kesehatan mental atau masalah kesehatan mental

Namun, untuk mengatasi masalah gangguan mental tersebut, yang disebutkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bahwa kesehatan mental terdiri dari kesejahteraan emosional, mental, dan sosial manusia. 

Item ini membantu manusia untuk berpikir, merasakan, dan bertindak, serta mengatasi ketegangan, dan tentu berhubungan dengan manusia yang berbeda, serta dituntut untuk membuat pilihan yang tepat. 

Apa yang perlu dilakukan KPOP dengan kesehatan mental? Mengapa KPOP berpengaruh pada kesehatan mental kita? Apa saja dampak baik dan buruk KPOP terhadap gaya hidup manusia?

Hubungan KPOP Dengan Kesehatan Mental

Kebanyakan penggemar Kpop adalah perempuan dari anak-anak sampai dewasa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada penggemar Kpop laki-laki. Grup idol BTS menjadi salah satu pengaruh Kpop dalam kehidupan manusia di berbagai dunia. 

Dalam tulisan kali ini bukan saya saja yang akan beropini, tetapi teman-teman saya juga akan berpendapat tentang pengaruh Kpop. Bahwasanya bagi mereka memang Kpop sangat berpengaruh terhadap perubahan perilaku, emosi, dan kepribadian. 

"Sejak aku kenal Kpop aku mengalami banyak perubahan, tadinya aku ga peduli sama diri sendiri, egois, dan putus asa. Tapi berkat Kpop, khususnya BTS, karya lagu mereka membuat aku dapat menerima kekurangan dan kelebihanku, bisa mengenal diriku sendiri dan mencintai diriku sendiri tanpa terpengaruh dengan pendapat orang lain, dan yang paling penting aku bisa growth mindset." Kata Oca. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun