Mohon tunggu...
Febi Wahyudi
Febi Wahyudi Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas Di Fiverr

Seorang pecinta Hujan dan Ketenangan, Kini Mengabdikan diri untuk Terus Menorehkan tinta hitam ke dalam selembar kertas, berbagi informasi, Menjadi pemilik dari Blog bertema Jalan-jalan, penulis untuk cerita Horor dan Romansa, terkadang suka Membuat puisi untuk ekspresi diri.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Parasit Sempurna dari Bengkulu

12 Agustus 2022   22:44 Diperbarui: 13 Agustus 2022   01:05 77 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Provinsi Bengkulu mempunyai kekayaan hutan yang luar biasa, salah satunya adalah bunga cantik yang bernama Rafflesia Arnoldy.

Hidup dengan damai di Hutan yang relative lembab di Kota bengkulu, merupakan tanaman Endemic, dan merupakan 5 Dari 27 jenis bunga Rafflesia di seluruh dunia, nyaitu Rafflesia Arnoldy, Rafflesia Gadutensis, Rafflesia Haseltii, Raflesia Bengkuluensis dan RafflesiaKemumu.

Ke 5 jenis rafflesia tersebut tumbuh dan berkembang sempurna di Bumi Rafflesia,

Dijuluki parasit sempurna, dikarenakan Rafflesia tidak mempunyai  daun, batang maupun akar, kehidupannya sendiri sangat bergantung pada pemberian nutrisi dari inangnya.

Mempunyai Haustorium yang berfungsi untuk menghisap sari makanan dari inang, Bunga Rafflesia sendiri biasanya ditemukan pada pohon dengan ukuran cukup besar sebagai tempat mereka mendapatkan nutrisi.

Siklusnya sendiri membutuhkan waktu 2,5 Hingga 3 tahun, proses bunga mekar sempurna hanya 7 hari, setelahnya bunga akan membusuk.

Meski mengeluarkan bau menyengat, namun Rafflesia bukanlah bunga bangkai, bau tersebut berfungsi untuk menarik lalat mendekat, sedangkan untuk jenis kelaminnya bunga rafflesia dibedakan menjadi dua, nyaitu jantan dan betina,

Perbedaanya sendiri, bunga jantan biasanya tidak meninggalkan buah sedangkan bunga betina meninggalkan buah dengan ukuran sebesar kepalan tangan manusia.

Buah yang dimakan oleh hewan seperti tupai dan lainya ini menjadi penyebaran benih bunga rafflesia secara alami, meski masih dalam dugaan karna belum ada penelitian lanjut tentang hal tersebut.

Kembali ke belakang, sejarah ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldy pertama kali ditemukan pada tahun 1818 oleh seorang ahli Botani dari inggris, bernama Dr. Joseph Arnold, yang saat itu tengah melakukan ekspedisi ke hutan sumatera bersama gubernur bengkulu, Sir Thomas Stamford Raffles,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan